✈️ Jurus Jitu Untuk Selamatkan Garuda / by Stockbit Snips

Source: Wallpaperaccess

Source: Wallpaperaccess

unnamed (56).png

Halo Stockbitor, 

Menteri BUMN, Erick Thohir, akan memprioritaskan negosiasi ulang dengan lessorLessor adalah pihak yang menyewakan pesawat kepada Garuda untuk dioperasikan. Negosiasi ini bertujuan untuk menurunkan biaya sewa yang dirasa terlalu mahal untuk keadaan saat ini.

Garuda dan Citilink juga akan difokuskan melayani pasar domestik, mengingat kebutuhan mobilitas udara dalam negeri yang tinggi.

Peter F. Gontha selaku Komisaris Garuda Indonesia meminta manajemen untuk berhenti membayarkan gaji kepadanya. Beliau juga mengusulkan pengurangan jumlah komisaris. Hal tersebut akan dibahas dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

Terkait penyusutan jumlah karyawan, Erick Thohir akan tetap mempertahankan 1.300 pilot dan awak kabin, serta 2.300 pegawai yang ada.  

Key Takeaways  
Jika rencana ini berjalan mulus, beban operasional Garuda Indonesia ($GIAA) menjadi lebih ringan dan seharusnya dapat membuat performa keuangan Garuda Indonesia lebih baik kedepannya.

In other news, terjadi peningkatan inflasi pada bulan Mei sebesar 0,32% (MoM) yang didorong oleh komoditas terkait bahan makanan dan kebutuhan saat puasa dan hari raya.


World News

🌏 Merajut Perdamaian Antara AS-Tiongkok

Source: Council in Foreign Relations

Source: Council in Foreign Relations

Amerika Serikat: Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, dan Wakil Perdana Menteri Tiongkok, Liu He, melakukan pertemuan virtual pada Rabu (2/6) dan membahas pemulihan ekonomi serta pentingnya kerja sama dalam berbagai bidang.

Tiongkok: Huawei secara resmi meluncurkan Harmony OS 2.0 pada Rabu (2/6) untuk menggantikan sistem operasi Android milik Google.

Uni Eropa: Tim perundingan pemerintah dan parlemen Uni Eropa menyepakati aturan transparansi pajak bagi perusahaan multinasional. Hal ini dilakukan untuk memerangi penghindaran pajak.

Swiss: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech dari Tiongkok pada Selasa (1/6) kemarin.


Musim Laba - Q1 2021

🕷️️ ️MIDI, MERK, CAMP

Source: Mehrad Vosoughi via Unsplash

Source: Mehrad Vosoughi via Unsplash

Selama Q1 2021, terdapat beberapa perusahaan yang labanya mengalami kenaikan apabila dibandingkan dengan Q1 2020, seperti:

  • $MIDI: Laba bersih Alfamidi naik 9,2%. Hal ini terjadi walaupun pendapatan turun 2,6% didorong oleh penurunan dari segmen non-makanan (-6,9%) yang lebih tinggi dari segmen makanan (-0,8%). Namun, efisiensi pada beban HPP (-4,6%) mendongkrak net profit margin dari 1,3% menjadi 1,5%. (IDX)

  • $MERK: Laba bersih Merck meningkat 52,4% didorong oleh kenaikan pendapatan (+56,2%). Kenaikan pendapatan tersebut didorong oleh peningkatan drastis pendapatan segmen consumer health (+305%) yang juga diiringi pertumbuhan segmen dominan perusahaan yaitu biopharma (+18,4%). (IDX)

  • $CAMP: Laba bersih Campina meningkat 46,9% didukung oleh kenaikan pendapatan es krim (+9,9%) serta efisiensi beban usaha (-3,1%) yang berkontribusi meningkatkan net profit margin dari 5,5% menjadi 7,4%. (IDX)

Source: Stockbit

Source: Stockbit


Berita Lainnya

🔓 Eks Dirut Antam Resmi Masuk Bui

Source: Matthew Ansley via Unsplash

Source: Matthew Ansley via Unsplash

Kejaksaan Agung melakukan penahanan terhadap empat tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan dalam proses pengalihan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Batubara, di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.  

Empat tersangka tersebut antara lain:

  1. AL selaku Direktur PT. Antam, Tbk ($ANTM) periode 2008-2013

  2. HW selaku Direktur Operasional PT. Antam, Tbk.

  3. BM selaku Mantan Direktur Utama PT. ICR tahun 2008 s/d 2014

  4. MH selaku Komisaris PT. Tamarona Mas Internasional (TMI) periode 2009 s/d sekarang.

Anak usaha Antam berencana mengakuisisi PT TMI yang memiliki izin usaha pertambangan (IUP) batubara di Mandiagin, Sarolangun. Namun, dalam prosesnya terjadi persekongkolan yang merugikan negara sebesar 92,5 miliar rupiah.

Terdapat dua tersangka lainnya yaitu AT dan MT dari PT Citra Tofindo Sukses Perkasa, anak usaha Antam yang bergerak di bidang konstruksi batubara. Namun, keduanya tidak hadir dalam pemeriksaan. 


Saham Top Gainer hari ini: 
$ICBP (+5,78%)
$SSIA (+5,61%)
$CPIN (+5,50%)
$TOWR (+5,39%)

Saham Top Loser hari ini:
$SOCI (-3,45%)
$RAJA (-3,28%)
$LPKR (-2,87%)
$MPMX (-2,31%)

Performa sektor hari ini:
IDXTECHNO(+12,82%)
IDXHEALTH (+1,53%)
IDXFINANCE  (+1,34%)
IDXINFRA (+1,12%)
IDXNONCYC (+1,10%)
IDXCYCLIC (+0,68%)
IDXBASIC (+0,51%)
IDXTRANS (+0,12%)
IDXINDUST (-0,27%)
IDXPROPERT (-0,70%)
IDXENERGY (-0,71%)


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

Source: Giphy

Source: Giphy

  • Ace Hardware ($ACES) mendapat gugatan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) oleh kantor pengacara Wibowo & Partners terkait kasus kontrak kerja sama senilai 10 juta rupiah per bulan. 

  • Medco Energi ($MEDC) membeli 2% saham PT Amman Mineral Internasional senilai 51,26 juta dolar AS.

  • Uni-Charm Indonesia ($UCID) resmi mendirikan anak usaha baru bernama PT Unicharm Trading Indonesia yang bergerak di bidang perdagangan alat kesehatan dan perbekalan rumah tangga.

  • Indofood CBP ($ICBP) mengumumkan rencana penerbitan global bond mencapai angka 21,14 triliun rupiah.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Theodore Henoch, Calvin Kurniawan
Editor: Michael Owen Kohana, Sarah Natassja, Almer Dzaki, Vivi Handoyo Lie