😱 Inflasi Tertinggi 12 Tahun Terakhir / by Stockbit Snips

Source: Frederick Warren via Unsplash

Source: Frederick Warren via Unsplash

unnamed (50).png

Halo Stockbitor, 

Pemerintah Amerika Serikat melaporkan inflasi pada bulan Mei 2021 sebesar 5% atau naik 0,8% dibandingkan bulan sebelumnya. Ini merupakan angka tertinggi sejak Agustus 2008. 

Kenaikan harga di hampir semua lini bisnis seperti mobil bekasfurnituretiket pesawatpakaian, dan energi dipercaya menjadi pemicu tingginya angka inflasi. Sepertiga kenaikan itu  disebabkan oleh mobil bekas, yang naik sebesar 7,3% secara bulanan atau hampir 30% secara tahunan

Akan tetapi, disaat yang bersamaan pemerintah Amerika Serikat juga melaporkan angka pengangguran pada minggu pertama bulan juni 2021 menyentuh level terendah selama masa pandemi sebesar 376.000 orang atau turun 9.000 orang dibandingkan minggu sebelumnya. 

Key Takeaways  
Inflasi yang terlalu tinggi dikhawatirkan dapat membawa efek negatif terhadap pergerakan harga saham karena berpotensi membuat bank sentral menaikkan suku bunga acuan.

Akan tetapi, banyak pengamat ekonomi yang dikutip oleh WSJ percaya bahwa kenaikan inflasi pada bulan ini hanya bersifat sementara karena konsumsi masyarakat yang tadinya tertekan pada masa awal pandemi mulai berangsur membaik.

In other news, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap melelang sebanyak 26 proyek senilai 302,1 triliun rupiah pada 2021.


World News

🌏 Drama Myanmar Tak Kunjung Usai

Source: Mg Tchu via Unsplash

Source: Mg Tchu via Unsplash

Myanmar: Aung San Suu Kyi kembali dijerat kasus tuduhan korupsi oleh pihak junta militer. Mereka menemukan indikasi korupsi dalam pengadaan tanah melalui yayasannya, Daw Khin Kyi. Selain itu Suu Kyi diduga menerima uang dan emas.

Prancis: Pengadilan Prancis menjatuhkan hukuman 4 bulan penjara kepada Damien Tarel, pria yang menampar Presiden Emmanuel Macron.

Amerika Serikat: Presiden Joe Biden resmi mencabut aturan mengenai larangan penggunaan aplikasi Tik Tok dan WeChat.

Uni Eropa: Delapan negara yakni Bulgaria, Ceko, Denmark, Jerman, Yunani, Kroasia, Swiss, dan Polandia resmi mengeluarkan paspor vaksin corona digital pada awal Juni lalu.


Musim Laba - Q1 2021

πŸ•·οΈ ️PTPP & SSIA

Source: Susan Q Yin via Unsplash

Selama Q1 2021, terdapat beberapa perusahaan yang mengalami kenaikan dan penurunan jika dibandingkan dengan Q1 2020. Beberapa contoh di antaranya adalah:

  • $PTPP: Laba bersih Pembangunan Perumahan naik 34,3% walaupun pendapatan turun 16,8%. Salah satu penyebab nya adalah efisiensi beban HPP (-20,8%) yang meningkatkan laba perusahaan. Segmen konstruksi (78,7% dari pendapatan) masih mendominasi pendapatan perusahaan. (IDX)

  • $SSIA: Kerugian Surya Semesta Internusa bertambah dari 5,5 miliar menjadi 77,5 miliar rupiah. Pendapatan perusahaan turun 49%, dengan adanya penurunan pendapatan dari segmen jasa konstruksi (-47,8%), hotel (-79,3%), dan tanah kawasan industri (-96,4%). (IDX)

Source: Stockbit

Source: Stockbit


⛏️ Proyek Smelter Molor, Freeport Wajib Bayar Denda

Source: Wira Griya

Source: Wira Griya

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merilis aturan terkait skema denda bagi perusahaan yang terlambat mengerjakan proyek fasilitas pemurnian (smelter) mineral logam di masa pandemi Covid-19. 

Perusahaan yang tidak memenuhi persentase kemajuan fisik pembangunan fasilitas pemurnian paling sedikit 90% pada dua periode evaluasi sejak ditetapkan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020, wajib dikenakan denda administratif.

Salah satu perusahaan yang pengerjaan proyek smelternya terlambat dan tidak mencapai target karena imbas pandemi Covid-19 adalah PT Freeport Indonesia. Freeport tengah mengerjakan pembangunan smelter baru di kawasan industri terintegrasi di JIIPE, Gresik, Jawa Timur. 


Saham Top Gainer hari ini:
$MAPI (+9,16%)
$ADRO (+8,68%)
$INDY (+7,17%)
$ITMG (+5,67%)

Saham Top Loser hari ini:
$POWR (-3,57%)
$MAIN (-2,82%)
$TBIG (-2,61%)
$BRIS (-2,39%)

Performa sektor hari ini:
IDXTECHNO (+5,70%)
IDXENERGY (+3,25%)
IDXTRANS (+1,49%)
IDXHEALTH (+0,52%)
IDXPROPERT (+0,23%)
IDXCYCLIC (+0,04%)
IDXNONCYC (-0,15%)
IDXBASIC (-0,56%)
IDXINFRA (-0,68%)
IDXFINANCE (-0,80%)
IDXINDUST (-0,88%)


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

Source: Pinterest

  • Perusahaan Listrik Negara (PLN) resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di gerbang Indonesia Timur, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

  • Indofood CBP ($ICBP) resmi mencatatkan penerbitan obligasi global sebesar 1,75 miliar dolar AS di Bursa Efek Singapura (SGX).

  • PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero) resmi mengangkat Ahmad Fauzie Nur sebagai direktur utama menggantikan Rachmadi Nugroho.

  • Garuda Indonesia ($GIAA) menerima pencairan dana dari penerbitan Obligasi Wajib Konversi (OWK) senilai 1 triliun rupiah.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Theodore Henoch, Calvin Kurniawan
Editor: Michael Owen Kohana, Sarah Natassja, Astrid Rahadiani Putri, Vivi Handoyo Lie, Almer Dzaki