πŸ”š Masa Akhir Transisi Brexit / by Stockbit Snips

Source: Wall Street Journal

Source: Wall Street Journal

dasdsadsadas.PNG

Halo Stockbitor, 

Harga saham AirBnB meningkat 112,8% menjadi 144,71 dolar AS pada hari pertama perdagangan saham nya, naik dari harga IPO yang bernilai 68 dolar AS meskipun sektor pariwisata masih tertekan oleh pandemi COVID-19.


Berita Terkini: 

πŸ”š Masa Akhir Transisi Brexit

Setelah bertemu melalui acara makan malam pada 9 Desember, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen masih belum mencapai kesepakatan, padahal Pemerintah Inggris menyatakan bahwa Minggu, 13 Desember 2020 merupakan tenggak waktu pencapaian kesepakatan perdagangan pasca-Brexit antara Inggris dengan Uni Eropa.

Beberapa isu yang masih diperbincangkan adalah mengenai hak menangkap ikan, aturan persaingan sehat untuk bisnis, dan tata kelola kesepakatan.

Perbedaan yang masih besar antar keinginan masing-masing pihak mengimplikasi adanya kemungkinan tidak ada kesepakatan perdagangan antara kedua wilayah. Bahkan, Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin menyatakan bahwa kemungkinan terjadi kesepakatan tidak lebih dari 50%.

Apabila tidak bisa mencapai kesepakatan, ekspor barang akan dikenai ketentuan tarif dan kuota ketika masuk ke wilayah lainnya, sesuai dengan peraturan World Trade Organization (WTO). Hal ini pastinya akan mempengaruhi bisnis dan konsumen di Inggris dan Uni Eropa.

Inggris keluar dari Uni Eropa sejak Januari dan saat ini ada pada masa transisi sampai akhir tahun 2020. Masa ini digunakan kedua pihak untuk membahas persyaratan hubungan perdagangan.


🎯 #TargetKinerja2021 Fast Food Indonesia

Operator waralaba KFC πŸ— di Indonesia, Fast Food Indonesia ($FAST) menyiapkan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar 350 miliar rupiah pada tahun 2021 untuk membuka sebanyak 25 gerai baru, renovasi gerai, serta memperbaiki mesin.

Selain membuka 25 gerai baru, $FAST juga berharap bisa kembali mengoperasikan 33 gerai yang masih tutup sementara.

Sampai 9M20, $FAST memiliki 738 gerai di Indonesia, bertambah 4 gerai sepanjang tahun 2020, yaitu gerai KFC Bintaro Emerald, KFC Kemang Selatan, KFC Labuan Bajo dan KFC Naughty by Nature Senopati.

Selain merk KFC, $FAST berencana untuk membuka gerai Taco Bell yang ditargetkan akan buka Desember 2020, tertunda dari awal tahun 2020 karena adanya pandemi COVID-19.

Dengan adanya inisiatif-inisiatif ini, perusahaan berharap penjualan full-year 2021 bisa meningkat 38,9% menjadi 7 triliun rupiah apabila pandemi COVID-19 telah berakhir.

Pandemi COVID-19 memang sangat mempengaruhi kinerja emiten restoran, termasuk $FAST. Pendapatan perseroan mengalami penurunan sebesar 28,47% dari 5 triliun rupiah pada 9M19 menjadi 3,586 triliun dari 5 triliun pada 9M20. Sedangkan, perusahaan berbalik dari mencatatkan laba bersih sebesar 175,7 miliar pada 9M19 menjadi rugi bersih sebesar 364,88 miliar.


πŸ‘¨ #FigureFriday Tahir

Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir, MBA adalah pengusaha yang mendirikan Grup Mayapada dan merupakan salah satu dari 10 orang terkaya Indonesia tahun 2020.

Tahir tumbuh sebagai anak dari tukang becak yang merasa termotivasi untuk sukses karena sering melihat ia dan keluarganya dihina karena kondisi ekonominya saat muda.

Walaupun awalnya bercita-cita sebagai dokter, ia tidak meneruskan kuliahnya karena ayah nya sakit. Setelah itu, ia mulai berdagang di Singapura selama 2 tahun, sebelum mendapat beasiswa dan berkuliah di Nanyang Technological University, salah satu universitas terbaik di Singapura, yang ia jalani sambil berbisnis saat pulang kuliah.

Setelah itu, ia sempat mengalami kebangkrutan saat menekuni bisnis leasing kendaraan yang sudah dinamai sebagai Mayapada.

Salah satu titik perubahan di hidupnya adalah saat dijodohkan untuk menikah oleh pendiri grup Panin, Mu'min Ali Gunawan, untuk menikah dengan anak perempuan dari pendiri Grup Lippo, yaitu Rosy Riady.

Walau tidak langsung terlibat di bisnis keluarga (Lippo Group), pendiri Lippo sekaligus bapak mertua Tahir, Mochtar Riady memberikan pinjaman dan bisnis tekstil untuk Tahir yang kemudian dikelola sukses sampai saat ini merambah sektor-sektor lain mulai dari bank, rumah, sakit, hotel, asuransi, sampai media. Beberapa nama familiar yang merupakan bagian dari kepemilikan Tahir adalah Duty Free Shoppers with LVMH, Rumah Sakit Mayapada, Bank Mayapada, Fairmont Hotel Bali, Sompo Insurance, Forbes Indonesia, Zurich Insurance, MYTV, dan Elle Indonesia.

Tidak hanya itu, ia juga hobi beramal, yang juga membuatnya kenal dengan Bill Gates dan istrinya. Relasi ini juga terlihat pada kehadiran testimoni Bill Gates pada buku Tahir.


Top Gainer hari ini:
$BRIS (+19,80%)
$MEDC (+7,69%)
$MAPI (+5,92%)
$HKMU (+5,46%)

Top Loser hari ini:
$KAEF (-6,92%)
$HMSP (-6,89%)
$INAF (-6,83%)
$GGRM (-6,61%)

Performa sektor hari ini:
PROPERTY (+2,38%)
AGRI (+2,10%)
MINING (+1,22%)
TRADE (+0,99%)
FINANCE (+0,62%)
BASIC-IND (+0,18%)
INFRASTRUCTURE (-0,20%)
MISC-IND (-1,26%)
CONSUMER (-2,56%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • PT MRT Jakarta akuisisi 51% saham PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam rangka pengoptimalan integrasian kereta api umum di Jabodetabek.

  • Pemerintah Inggris dan Singapura telah menandatangani perjanjian perdagangan bebas.

  • Matahari Putra Prima ($MPPA) berkolaborasi dengan Tokopedia dengan menghadirkan toko virtual Hypermart, Foodmart, Primo dan Hyfresh ke dalam Tokopedia.

  • Semen Indonesia ($SMGR) dan anak usahanya, Holcim ($SMCB) menandatangani perjanjian kemitraan bersama dengan Taiheiyo Cement Corporation.