📈 Pertumbuhan PDB China Kembali ke Level 6,5% / by Stockbit Snips

Source: CNBC

Source: CNBC

dasdasdsadada.PNG

Halo Stockbitor, 

SKK Migas dan KKKS telah menyiapkan 1.481 paket tender senilai 6,05 miliar dolar AS untuk tahun 2021.

Selain itu, Pemerintah berencana melakukan lelang Surat Utang Negara (SUN) pada Selasa (19/1) dengan target indikatif 32,5 hingga 52 triliun rupiah. Target ini lebih rendah dibandingkan lelang sebelumnya (5/1) yang mencapai 97 triliun rupiah.

In other news, seluruh negara bagian di AS telah mengerahkan ribuan pasukan garda nasional untuk mewaspadai kembali adanya gelombang protes warga AS, serta untuk melakukan pengamanan menjelang pelantikan President-elect Joe Biden.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Ekonomi China Terus Bertumbuh

4e066c9c-c584-4081-b844-77bf933ede84.jpg

China: GDP Growth Rate China berhasil kembali ke level 6,5% pada Q4, lebih cepat dari kuartal-kuartal sebelumnya (4,9% pada Q3, 3,2% pada Q2, dan -6,8% di Q1).

Secara keseluruhan, GDP growth rate China sebesar 2,3% selama tahun 2020. Walau berhasil tumbuh, ini adalah pertumbuhan GDP China paling rendah sejak tahun 1976, tahun dimana Presiden China Mao Ze Dong meninggal dunia.

Amerika Serikat: Jumlah kasus COVID-19 di AS telah melewati 23,3 juta kasus dengan daily fatality rate mencapai 3.300 selama seminggu terakhir. Joe Biden menargetkan dapat memvaksinasi 100 juta penduduk pada 100 hari pertama kepemimpinannya.

Eropa: Proses merger Fiat dengan PSA telah disahkan menjadi perusahaan gabungan bernama Stellantis. Proses ini menghasilkan kesepakatan senilai 52 miliar dolar AS dan menjadikannya produsen mobil terbesar keempat di dunia berdasarkan volume. Stellantis akan memiliki 14 brand mobil, seperti Jeep, Alfa Romeo, Maserati, Citroen, Fiat, dan Peugeot.

Brazil: Pemerintah Brazil telah mengizinkan penggunaan darurat Vaksin Sinovac dan akan memulai vaksinasi pada Senin (18/1) bagi tenaga kesehatan. Vaksinasi akan diberikan dosis dua kali dan diberikan dalam rentang waktu selama 21 hari.


🏦 Memacu Pertumbuhan Sektor Riil Melalui Stimulus Bagi Industri Keuangan

Pada Jumat (15/1) malam OJK menggelar Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan tahun 2021. Dalam pertemuan tersebut, Wimboh Santoso menyampaikan bahwa OJK berencana untuk memberikan stimulus dan meminta perbankan untuk menurunkan tingkat suku bunga kredit.

  • Perbankan menyambut positif rencana tersebut dan menyatakan siap untuk meningkatkan penyaluran kredit bagi dunia usaha.

  • Direktur Utama BCA, Jahja Setiaadmadja, menilai rencana tersebut berada pada momentum yang tepat menjelang lebaran karena kebutuhan modal kredit dunia usaha akan meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan dari masyarakat.

  • Pemerintah juga diharapkan terus memacu proyek-proyek infrastruktur yang memiliki multiplier effect tinggi. Sehingga diharapkan mampu mendorong ekspansi kredit di masyarakat.


👨‍⚖️ Aneka Tambang Digugat 1.136 Kilogram Emas Oleh Pengusaha Surabaya


Aneka Tambang ($ANTM) menerima kasus gugatan dari pengusaha asal Surabaya, Budi Said.

How is it going?
Jadi, kasus ini bermula ketika Budi membeli 7.071 kilogram emas senilai 3,5 triliun rupiah dari Eksi Anggraeni, selaku marketing dari Antam.

Budi sudah melakukan pembayaran secara bertahap melalui transfer dan juga menerima pengiriman emas secara bertahap.

Namun, jumlah yang dikirimkan ternyata ngga sesuai dengan jumlah pembelian awal, dimana Budi hanya menerima 5.935 kilogram emas.

Karena emas yang dikirimkan tidak sesuai dengan jumlah pembelian awal, Budi mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Terus, hasilnya gimana?
Nah, setelah melalui proses persidangan, Pengadilan Negeri Surabaya memenangkan Budi setelah ia terbukti dirugikan di pengadilan.

Pengadilan Negeri Surabaya kemudian menginstruksikan Antam untuk membayar ganti rugi 1.136 kilogram emas, atau senilai dengan 817,3 miliar rupiah, which is very significant karena laba Antam di tahun 2019 itu 194 miliar rupiah.

Not finished yet..
Antam melalui kuasa hukumnya, akan mengajukan banding atas hasil putusan tersebut dan menegaskan bahwa perseroan berada pada posisi tidak bersalah.


💰 What to watch for: This Week

Beberapa data ekonomi yang akan rilis minggu ini:

  • Indonesia: Data penjualan kendaraan bermotor (Rabu), penetapan tingkat suku bunga Bank Indonesia (Kamis)

  • China: Performa tingkat suku bunga People's Bank of China (Rabu)

  • Amerika Serikat: Jumlah cadangan minyak mentah (Rabu), jumlah angka pengangguran (Kamis)

  • Jepang: Trade balance (Rabu), penetapan tingkat suku bunga dan pengumuman inflasi (Kamis)

  • Eropa: Inflasi (Rabu)


Saham Top Gainer hari ini:
$TBIG (+9,04%)
$UNVR (+7,91%)
$ASSA (+6,58%)
$SMGR (+5,86%)

Saham Top Loser hari ini:
$ISAT (-4,15%)
$INKP (-3,85%)
$SSMS (-3,68%)
$TINS (-3,58%)

Performa sektor hari ini:
CONSUMER (+2,22%)
MISC-IND (+0,95%)
FINANCE (+0,41%)
TRADE (+0,33%)
INFRASTRUCTURE (-0,01%)
PROPERTY (-0,26%)
BASIC-IND (-0,26%)
MINING (-2,89%)
AGRI (-3,12%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Elang Mahkota Teknologi ($EMTK) memulai tender offer saham Sarana Meditama Metropolitan ($SAME) dengan harga 150 per lembar saham. Angka tersebut lebih rendah dari harga yang diperdagangkan saat ini sebesar 350 per lembar saham. Sebelumnya, perseroang juga telah mengakuisisi kepemilikan 71,88% saham Sarana Meditama Metropolitan dari OMNI Health Care.

  • Sido Muncul ($SIDO) akan menjual saham buyback sebanyak 229,77 juta lembar atau 0,8% dari jumlah modal disetor.

  • Bank Negara Indonesia ($BBNI) menandatangani perjanjian kerjasama dengan Taspen setelah dipercaya untuk mengelola aset-aset PT Taspen.

  • PT PP ($PTPP) akan menerbitkan obligasi senilai 2 triliun rupiah pada Kuartal-I 2021. Dana yang terkumpul akan digunakan sebagai working capital dengan total capex untuk tahun 2021 sebesar 6,2 triliun rupiah.