πŸ’‰ Vaksin AstraZeneca Kembali Masuk Lab / by Stockbit Snips

Source: Hans Reniers via Unsplash

Source: Hans Reniers via Unsplash

unnamed (47).png

Halo  Stockbitor,
 
Menyusul laporan meninggalnya dua peserta vaksinasi, penggunaan dan distribusi salah satu batch vaksin AstraZeneca dihentikan sementara. Kejadian tersebut terindikasi sebagai efek samping dari produk vaksin yang digunakan.

 Batch yang dimaksud adalah batch CTMAV547 yang sedang diuji sterilitas dan tingkat bahayanya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Penyuntikannya pun tengah dihentikan sementara, sehingga pemerintah meyakinkan masyarakat bahwa vaksin AstraZeneca yang beredar saat ini aman digunakan

 Vaksin batch CTMAV547 terdiri atas 448.480 dosis yang tiba di Indonesia pada 26 April 2021. Investigasi yang dilakukan merupakan bentuk kehati-hatian dan upaya pemerintah untuk memastikan keamanan masyarakat.

Di luar kasus tersebut, efek samping yang umum dirasakan adalah sakit kepala (52,6%), kelelahan (53,1%), nyeri otot atau sendi (44% atau 26,4%), demam (33,6%), menggigil (31,9%), dan mual (21,9%).

 In other news, perjalanan kereta api (KA) bandara dan dan KA jarak jauh kembali beroperasi. Penumpang KA jarak jauh pun tidak perlu lagi menyertakan surat izin perjalanan. Namun, Railink dan PT KAI selaku operator memastikan operasionalnya akan tetap menerapkan protokol kesehatan.


World News

🌏 Rusia Anggap Ceko Tidak Bersahabat

Source: Thought Catalog via Unsplash

Source: Thought Catalog via Unsplash

Ceko: Presiden Ceko menyebut tindakan Rusia yang memasukkan Ceko ke dalam daftar "tidak bersahabat" sebagai tindakan konyol. Sebelumnya, hubungan kedua negara memburuk akibat adanya perselisihan intelijen.

Jepang: Ekonomi Jepang kuartal I 2021 terkontraksi 5,1% YoY. Pertumbuhan yang negatif ini disebabkan oleh anjloknya konsumsi masyarakat seiring kebijakan lockdown.

Australia: Menilai situasi pandemi dunia yang belum terkendali, pemerintah Australia belum bersedia membuka perbatasan internasional. Namun pelaku industri penerbangan, pariwisata, dan universitas mendesak akselerasi pembukaan perbatasan.

Korea Selatan
: Korea Selatan mengumumkan rencana investasi pada industri semikonduktor senilai 450 miliar dolar AS untuk memimpin persaingan global di industri ini.


Musim Laba - Q1 2021

πŸ•·οΈοΈ ️ ️ AKRA, MTDL, PGAS, ARNA

Source: Micheile Henderson via Unsplash

Source: Micheile Henderson via Unsplash

Selama Q1 2021, terdapat beberapa perusahaan dalam indeks Kompas 100 yang mengalami kenaikan laba double digit dibandingkan dengan Q1 2020, seperti:

  • $AKRA: Laba bersih AKR Corporindo naik 57,9% YoY walaupun pendapatan turun 19,4%. Hal ini terjadi karena kenaikan net profit margin dari 3,8% pada Q1 2020 menjadi 7,4% pada Q1 2021. Hal tersebut didorong oleh peningkatan kontribusi pendapatan dari segmen kawasan industri dengan penjualan tanah Kawasan Industri JIIPE meningkat menjadi 14,1 ha. Segmen kawasan industri memiliki margin bersih lebih besar (61%) dibandingkan segmen kontributor pendapatan perusahaan terbesar, segmen perdagangan dan distribusi BBM (6,4%). (IDX)

  • $MTDL: Laba bersih Metrodata Electronics naik 48,3% YoY didorong oleh kenaikan pendapatan (+13,9%) serta kenaikan net profit margin dari 3,7% menjadi 4,8%. Hal ini terjadi akibat peningkatan distribusi penjualan smartphone sebesar 93%, pemasaran produk laptop jenis chromebook, serta pertumbuhan segmen solusi dan konsultasi sebesar 22,6%. (IDX)

Source: Stockbit

Source: Stockbit

  • $PGAS: Laba bersih Perusahaan Gas Negara naik 20,9% YoY walaupun pendapatan turun 25,3% YoY. Hal ini terjadi akibat peningkatan laba selisih kurs yang berbalik dari kerugian kurs pada Q1 2020. Laba operasional turun 50,4% sesuai dengan penurunan pendapatan dan margin distribusi gas. (Q1 2020: $2,4/MMBtu, Q1 2021: $1,64/MMBtu). (PGN)

  • $ARNA: Laba bersih Arwana Citramulia naik 79,9% YoY didorong oleh kenaikan pendapatan (+13,5%) serta kenaikan net profit margin dari 11,4% menjadi 18,1%. Hal ini terjadi akibat efisiensi HPP dan beban usaha yang didorong oleh penurunan tarif gas industri menjadi 6 dolar AS per MMBtu dan investasi produksi line baru yang lebih efisien. (IDX)


β›½ Intensifikasi SPBU Mini di Daerah 3T

Source: Jonathan Kemper via Unsplash

Source: Jonathan Kemper via Unsplash

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) tengah mengkaji ketentuan yang mewajibkan pembangunan SPBU mini oleh badan usaha ritel BBM. Ketentuan ini dikaji seiring pembahasan aturan remote market obligation (RMO).

 Paket aturan bertujuan untuk mendorong penyediaan jenis BBM non-subsidi di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

 Hingga saat ini, baru Pertamina dan ExxonMobil yang secara masif mengembangkan jaringan SPBU mini. Masing-masing memiliki sekitar 250 dan 500 unit penyalur mini BBM. Selain keduanya, izin usaha niaga umum BBM juga dipegang oleh Shell IndonesiaTotal Oil Indonesia, dan AKR Corporindo ($AKRA).


Saham Top Gainer hari ini: 
$MEDC (+7,80%)
$SOCI (+7,55%)
$LPPF (+6,30%)
$SIMP (+5,66%)

Saham Top Loser hari ini:
$LPKR (-6,45%)
$BRIS (-4,29%)
$TPIA (-3,04%)
$BTPS (-3,01%)

Performa sektor hari ini:
IDXINDUST (+2,34%)
IDXTRANS (+1,01%)
IDXENERGY (+0,82%)
IDXINFRA (+0,58%)
IDXNONCYC (+0,43%)
IDXPROPERT (+0,38%)
IDXBASIC (+0,24%)
IDXCYCLIC (+0,18%)
IDXHEALTH  (-0,72%)
IDXFINANCE (-0,81%)
IDXTECHNO (-1,63%)


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

Source: Giphy

  • Itama Ranoraya ($IRRA) menganggarkan capex sebesar 250-300 miliar rupiah untuk masuk ke industri manufaktur, laboratorium klinis, serta e-health services.

  • Harum Energy ($HRUM) menambah kepemilikan di perusahaan nikel asal Australia, Nickel Mines Ltd, menjadi 6,73%. Dana yang dikeluarkan untuk transaksi ini mencapai 499 miliar rupiah.

  • Jaya Real Property ($JRPT) menganggarkan 100 miliar rupiah untuk buyback saham guna mengefisienkan struktur permodalan sehingga dapat meningkatkan earnings per share (EPS).

  • Pertamina Geothermal Energy (PGE) mengalokasikan investasi sebesar 58,62 juta dolar AS untuk melanjutkan pengerjaan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) dan memulai eksplorasi di wilayah kerja panas bumi (WKP) Seulawah Agam.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Almer Dzaki, Calvin Kurniawan
Editor: Sarah Natassja, Michael Owen Kohana, Theodore Henoch