4 Cara Mencari Rekomendasi Saham Hari Ini di Stockbit / by Merissa Chaca

Menentukan saham mana yang layak dibeli di antara ratusan saham emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pastinya bukanlah pekerjaan yang mudah. Makanya, sebagian investor memilih menggunakan rekomendasi saham daripada harus menganalisis sendiri. Di Stockbit, investor dapat mencari rekomendasi saham hari ini dengan mudah lewat empat cara berikut, antara lain.


Browsing Stream Stockbit

Investor saham di Stockbit dapat menggunakan fitur Stream untuk mencari rekomendasi saham yang bagus dibeli. Stream adalah fitur komunitas dari Stockbit yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi informasi, pemikiran, serta hasil analisis saham emiten tertentu secara gratis.

Terdapat enam kategori postingan yang ada di Stream, yaitu Ideas, News, Reports, Predictions, Chart, dan Insiders. Setiap kategori berisikan informasi-informasi yang dapat membantu investor untuk mengambil keputusan investasi saham dengan mudah dan cepat. Khususnya informasi hasil analisis saham yang dibagikan oleh pengguna Stockbit.

Contoh, apabila bingung mau berinvestasi saham apa hari ini, kamu bisa scrolling Stream Stockbit untuk cari beberapa rekomendasi saham hari ini yang diposting oleh pengguna lain berdasarkan analisis mereka masing-masing.


Cek Saham Trending di Stockbit

Masih berhubungan dengan fitur Stream, Stockbit juga menghadirkan fitur “Trending Stock” yang menampilkan daftar saham-saham emiten yang paling banyak dibicarakan pengguna saat ini di Stream.

Biasanya saham emiten yang paling banyak dibicarakan di Stream adalah saham emiten yang harganya lagi naik signifikan, punya potensi naik signifikan di masa depan, atau harganya sedang turun drastis yang bisa jadi merupakan kesempatan investor untuk entry atau beli saham tersebut sebelum harganya kembali naik.


Pakai Fitur Analyst Rating

Berikutnya, kamu juga bisa cari rekomendasi saham hari ini di Stockbit dengan menggunakan fitur Analyst Rating. Caranya, cari saham emiten tertentu di Stockbit, misalnya BBCA, lalu geser ke kanan dan klik menu “Analyst”.

Di situ akan tampil secara otomatis rekomendasi “Buy”, “Hold”, atau “Sell” saham emiten yang kamu pilih disertakan dengan target harganya agar kamu juga tahu kapan waktu yang tepat untuk jual saham tersebut.

Fitur Analyst Rating Stockbit merupakan kumpulan hasil equity analyst report dari berbagai sekuritas di Indonesia yang dijadikan satu. Walau begitu, investor tetap disarankan untuk melakukan analisis lebih lanjut sebelum mengambil keputusan investasi.


Gunakan Stock Screener

Stock Screener adalah fitur unggulan dari Stockbit yang memudahkan investor untuk menemukan saham terbaik berdasarkan indikator tertentu yang digunakan.

Secara default, Stockbit menyediakan beberapa pilihan indikator yang bisa kamu pilih antara lain Greenblatt’s Magic Formula, PE Strong Undervalued, PBV Strong Undervalued, High Volume Breakout, hingga berdasarkan tingkat margin keuntungan yang dibukukan oleh emiten.

Di samping menyediakan opsi penyaringan default, pengguna Stockbit juga dapat memakai fitur Stock Screener secara manual dengan menentukan sendiri apa saja indikator fundamental maupun teknikal yang akan dipakai dalam proses penyaringan. Sehingga investor bisa mendapatkan daftar saham sesuai indikator yang ditentukan sendiri.   

Itulah beberapa cara mencari rekomendasi saham hari ini di Stockbit dengan mudah. Kendati kamu bisa mendapat rekomendasi saham dengan cepat di Stockbit melalui cara di atas, sebaiknya tetap lakukan riset sendiri sebelum mengambil keputusan investasi ya dan jangan asal ikut-ikutan.