4 Cara Belajar Saham untuk Pemula dari Nol / by Merissa Chaca

Tidak seperti anggapan kebanyakan orang, investasi saham ternyata mudah dipelajari. Bagi kamu yang masih takut atau bingung mulai investasi saham dari mana, berikut adalah beberapa strategi belajar saham terbaik yang bisa kamu coba agar cepat paham. 

Pelajari dasar-dasarnya

Satu kesalahan yang sering dilakukan investor pemula ketika belajar investasi saham adalah

memulai dari materi yang sulit. Misalnya, langsung loncat ke materi analisis fundamental dan teknikal saham tanpa memahami terlebih dulu dasar-dasarnya seperti apa itu saham, kenapa harga saham naik turun, bagaimana cara melakukan trading saham, dan lain sebagainya.  

Padahal, menguasai dasar-dasar investasi saham merupakan hal yang sangat penting bagi pemula agar bisa lebih percaya diri dalam memulai perjalanan investasi. Di Stockbit Academy, kamu bisa belajar saham dari nol dan gratis melalui rangkaian modul yang tersedia baik dalam bentuk video ataupun teks.

Tidak hanya belajar teori saham, di situ kamu juga akan dikasih tahu tentang kondisi pasar saham di Indonesia secara lengkap agar kamu makin familiar dengan aturan mainnya sebelum mulai berinvestasi saham secara real. Modul berisi materi yang ringkas dan dijelaskan dengan bahasa yang simpel agar mudah dimengerti.

Baca buku investasi saham

Bagi yang senang baca buku, ada beberapa buku saham terbaik yang bisa kamu baca untuk menambah wawasan tentang investasi saham. Contohnya buku One Up on Wall Street by Peter Lynch, The Intelligent Investor by Benjamin Graham, dan The Little Book of Common Sense Investing by John C. Bogle.

Dalam buku saham tersebut, kamu dapat mempelajari aneka strategi yang diterapkan investor ahli ketika berinvestasi saham agar bisa hasilkan cuan maksimal. Setelah itu, kamu bisa meniru, menggabungkan, atau bahkan memodifikasi semua strategi investor senior sebelumnya untuk menemukan strategi investasi saham yang sesuai dengan kamu.

Belajar dari Ahlinya

Selain membaca buku yang ditulis oleh investor senior, belajar saham juga bisa dilakukan dengan berdiskusi langsung dengan para expert yang ada di komunitas stream Stockbit.

Di fitur komunitas ini, kamu dapat melihat dan mengomentari apa saja yang dibagikan oleh expert dan investor lainnya di stream Stockbit secara gratis. Bahkan, kamu juga bisa saling mengikuti dan bertukar pesan secara privat di fitur stream layaknya di media sosial. Cek di sini untuk melihat beberapa akun populer yang bisa kamu follow di stream Stockbit.

Stay Up to Date

Di samping belajar teori, kamu juga perlu tahu perkembangan berita di pasar saham setiap harinya agar dapat lebih memahami prospek perusahaan dan lebih sigap memanfaatkan peluang investasi yang muncul.

Kamu bisa dapatkan update berita saham terkini hanya dalam lima menit setiap

harinya dengan berlangganan Stockbit Snips. Newsletter harian ini disusun oleh praktisi di pasar saham dan berisi rangkuman berita penting yang terjadi setiap harinya.

Gimana? Udah lebih pede kan untuk mulai investasi?


Kalau masih takut mulai investasi, kamu bisa belajar saham dulu di Stockbit Academy atau cobain fitur virtual trading di Stockbit. Selain itu, kalau kamu tipe yang suka belajar sambil praktik, kamu juga bisa langsung beli sahamnya di Stockbit sambil mempraktekkan empat hal di atas.