🌐 Kelanjutan Negosiasi Merger Indosat dan Tri / by Stockbit Snips

Source: Bisnis

Source: Bisnis

ksdksakdsalsa.PNG

Halo Stockbitor, 

IHSG ditutup turun 0,24% setelah berfluktuasi sepanjang hari. Setelah dibuka meningkat sekitar 1,2%, tak lama kemudian IHSG berbalik arah dan sempat turun 2,8% which means dalam sehari ini IHSG sempat menyentuh level 5.853 dan 6.104!

In other news, saham private equity yang didirikan Sandiaga Uno, Saratoga ($SRTG) ditutup naik 10,96% setelah pelantikan Sandi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Joe Biden Divaksin

Amerika Serikat:
Joe Biden menerima suntikan dosis pertama vaksin Covid-19. Selain itu, dikabarkan terdapat penyusup pada lembaga pemerintahan di AS dan peretasan puluhan akun email Departemen Keuangan AS.

World Health Organization: Membahas cara penanganan varian baru virus Corona.

Jepang: Menentukan anggaran final Olimpiade Tokyo sebesar 15,9 miliar dolar AS.

China: Pembatasan penggunaan listrik di tiga lokasi di China membuat puluhan juta penduduk kekurangan pasokan listrik pada musim dingin tahun ini.


🌐 Kelanjutan Negosiasi Merger Indosat dan Tri

Perusahaan asal Hong Kong, CK Hutchison Holdings Ltd. dikabarkan mendekati kesepakatan dengan Ooredoo QPSC asal Qatar mengenai rencana merger anak usaha mereka, yaitu Tri dan Indosat.

Transaksi itu dikabarkan akan melibatkan penawaran secara tunai dan saham. Karena masih dalam proses negosiasi, kemungkinan konsolidasi ini masih bisa ditunda atau bahkan dibatalkan.

Apabila merger terealisasi, CK Hutchison dan Ooredoo QSPC akan tetap menjadi pemegang saham dengan jumlah yang substansial.

Pada Q3 2020, Indosat merupakan operator dengan jumlah pelanggan terbanyak kedua di Indonesia, yaitu sebanyak 60,4 juta pelanggan. Sedangkan, Tri menduduki posisi empat dengan 36 juta pelanggan. Apabila merger, posisi perusahaan gabungan itu akan semakin mengungguli XL Axiata yang menduduki posisi tiga dengan 56,8 juta pelanggan dan semakin dekat dengan market leader Telkomsel yang memiliki 170 juta pelanggan.

Tentunya dengan adanya M&A bisa membuat perang harga yang ada di antara pemain operator telekomunikasi semakin reda. Namun, untuk perusahaan tower telekomunikasi, M&A perusahaan operator bisa melemahkan tingkat kolokasi, yang bisa menggerus pendapatan perusahaan menara.


Saham Top Gainer hari ini:
$BTPS (+9,55%)
$TBIG (+8,81%)
$ISAT (+7,62%)
$SSMS (+6,38%)

Saham Top Loser hari ini:
$SMBR (-6,25%)
$JRPT (-5,78%)
$PSAB (-5,15%)
$BBTN (-3,48%)

Performa sektor hari ini:
AGRI (+0,42%)
TRADE (+0,28%)
BASIC-IND (+0,12%)
FINANCE (-0,08%)
PROPERTY (-0,23%)
INFRASTRUCTURE (-0,39%)
CONSUMER (-0,61%)
MINING (-0,75%)
MISC-IND (-1,34%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Tower Bersama ($TBIG) akuisisi 3.000 menara milik Inti Bangun Sejahtera ($IBST) dalam transaksi bernilai 3,97 triliun rupiah.

  • Bank Rakyat Indonesia ($BBRI) dapat persetujuan dari OJK untuk menerima dan memproses transaksi Alipay di Indonesia.

  • Apple berencana produksi mobil otonom atau swakemudi pada tahun 2024.

  • 300 hektar dari Kawasan Industri Batang disiapkan untuk pabrik bahan baku obat.

  • Pertamina berencana bangun storage BBM di Pelabuhan Patimban.