✍🏼 Traveloka Ubah Rencana Listing di AS / by Stockbit Snips

07 September 2021
Photo by: : Kontan

Photo by: : Kontan

Daily Market Performance 🚀

IHSG

6.112

-0,24%

Coal

178,00

-0,56%

Crude Oil

69.10

+0,32%

Gold

1.815

-0,44%

CPO

4.590

+0,82%

Nickel

19.675

-0,78%

Bingung arti dari angka-angka ini? Check this out

👋 Stockbitor!

Perusahaan start-up asal Indonesia, Traveloka, dikabarkan tengah mengubah rencananya untuk go public di Amerika Serikat melalui special purpose acquisition company (SPAC) Bridgetown Holdings Ltd. Kini, perusahaan sedang mengeksplorasi opsi untuk melakukan initial public offering (IPO) secara tradisional di bursa Amerika Serikat.

Traveloka telah menghentikan diskusi mengenai merger dengan Bridgetown karena berkurangnya minat investor terhadap SPAC. Meskipun demikian, ada kemungkinan bagi Traveloka untuk meninjau kembali rencana go public melalui SPAC, baik dengan Bridgetown atau dengan perusahaan lain, setelah pasar kembali pulih.

 Sebelumnya, pada Agustus 2021, Traveloka menargetkan untuk menghimpun dana sebanyak 400 juta dolar AS melalui merger SPAC dengan Bridgetown. 

Key Takeaway

Rencana Traveloka untuk IPO di Amerika Serikat ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, FinAccel, induk usaha dari Kredivo, juga melakukan hal yang serupa.

Dengan rencana IPO ini, semakin banyak pula perusahaan start-up teknologi asal Indonesia yang berencana perusahaan publik, baik di dalam maupun luar negeri.


Berita Korporasi

🚢 Kerja Sama AKRA & Freeport

Source: Emiten
  • $AKRA: Perusahaan terafiliasi AKR Corporindo sekaligus operator pelabuhan JIIPE Manyar, Berlian Manyar Sejahtera (BMS),  telah menandatangani perjanjian pengembangan pelabuhan dengan Freeport Indonesia. Freeport akan menggunakan fasilitas dermaga pelabuhan untuk mendukung pembangunan smelter di KEK Gresik, Jawa Timur.

  • $ELSA: Pertamina mengalihkan 41,1% saham miliknya di Elnusa kepada anak usahanya, Pertamina Hulu Energi (PHE), yang merupakan nahkoda subholding upstream. Meskipun demikian, Pertamina tetap akan bertindak sebagai pemegang saham pengendali. Pengalihan saham ini merupakan bagian dari optimalisasi sinergi di sektor hulu migas Pertamina Group.

  • $ROTI: Emiten Sari Roti, Nippon Indosari Corpindo, tengah membangun pabrik ke-15 di Pekanbaru. Saat ini, serapan capex perusahaan telah mencapai 126 miliar rupiah, setara 84% dari anggaran capex di tahun 2021 ini.

  • $NOBU: Entitas keuangan raksasa asal Tiongkok, Ping An Insurance Group, dikabarkan tertarik untuk mengakuisisi Bank Nobuyang dikendalikan Lippo Group. Kabar ini muncul seiring dengan kerja sama yang terjalin antara Ping An dengan Bank Nobu. Namun, Direktur Utama Bank Nobu, Suhaimin Djohan, mengaku tidak mengetahui informasi tersebut.


Musim Laba Q2 2021

🕷️ PTBA & TINS

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit

Selama April sampai dengan Juni 2021 (Q2 2021), beberapa perusahaan  mengalami peningkatan performa apabila dibandingkan dengan Q2 2020. Berikut adalah rinciannya:

  • $PTBA: Laba bersih Bukit Asam tumbuh sebesar 231,5% pada Q2 2021 (YoY), didorong oleh peningkatan pendapatan (+61,9%) dan penurunan beban usaha (-0,4%). 

    Sehingga, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan meningkat 38%. Hal ini disebabkan oleh peningkatan pendapatan (+14,2%) yang didorong oleh kenaikan harga batubara dan peningkatan volume produksi batubara (+11%). (PTBA)

  • $TINS: Laba bersih Timah meningkat 1039,8% pada Q2 2021 (YoY). Hal ini terjadi walaupun pendapatan turun 4,7%, terdapat efisiensi beban HPP (-17,5%) dan penurunan beban keuangan (-45,8%). 


    Sehingga, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan naik 169,2%. Hal ini terjadi walaupun pendapatan turun 26,4% di tengah penurunan volume produksi bijih timah (-54%). Namun, kenaikan harga timah membantu perusahaan menopang margin menjadi lebih baik, sehingga meningkatkan laba perusahaan. (IDX)


🤝 Survey Stockbit X Katadata

Source: Stockbit

Source: Stockbit

Dapatkan total hadiah senilai 80 Juta Rupiah, Stockbit Pro, dan saldo eWallet!Hanya dengan, isi survey dari Stockbit x Katadata Insight Center dan Zigi.id di sini


Saham Top Gainer Hari Ini 🔥

$JPFA

+5,29%

$HMSP

+2,96%

$CTRA

+3,68%

$MYOR

+2,73%

Saham Top Loser Hari Ini 🤕

$SMBR

-5,15%

$WTON

-3,79%

$ESSA

-4,60%

$TPIA

-3,72%

Performa Sektor Hari Ini 📊


Other News

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

  • Adaro Energy ($ADRO), melalui anak usahanya, Adaro Power, menyatakan akan terus menyiapkan tender-tender pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT) yang akan digelar PLN. Perusahaan telah menyiapkan capex untuk sektor kelistrikan yang nominalnya belum diumumkan ke publik.

  • Bank Indonesia (BI) dan bank sentral Tiongkok resmi memulai kerja sama local currency settlement (LCS). Artinya, kedua negara akan melakukan transaksi bilateral menggunakan mata uang lokal. Penerapan LCS diharap dapat mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS.

  • Per Minggu (5/9) kemarin, Indonesia menempati posisi ke-6 sebagai negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia dan berhasil menyuntikkan 105,7 juta dosis vaksin Covid-19 kepada masyarakat.


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

🐈 Saat Investasi, Jangan Beli Kucing dalam Karung

Photo by: stockbit

"Seorang investor harus menyadari akan pentingngnya investasi leher ke atas. Mengasah kemampuan untuk memahami fundamental suatu perusahaan, serta terus belajar dan menambah ilmu pengetahuan. Jangan sampai kita sembarangan dan tidak memahami emiten tempat kita berinvestasi." — donaldlantu

Tak semua hal yang terjadi karena pandemi COVID-19 adalah buruk, termasuk dalam invesatasi. Nah kali ini, donaldantu membagikan sisi positif yang ia dapatkan ditengah keterbatasan selama pandemi. Penasaran seperti apa? Simak selengkapnya di sini!


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Sarah Natassja
Editor: Vivi Handoyo Lie, Calvin Kurniawan, Astrid Rahadiani Putri, Almer Dzaki, Michael Owen Kohana,