🍿 Bioskop di Jakarta Buka Lagi! / by Stockbit Snips

08 September 2021
Photo by: : Kontan

Photo by: : Kontan

Daily Market Performance πŸš€

IHSG

6.026

-1,41%

Coal

177,2

-0,45%

Crude Oil

68,55

+0,29%

Gold

1.798

+0,25%

CPO

4.750

+2,59%

Nickel

19.520

-0,79%

Bingung arti dari angka-angka ini? Check this out

πŸ‘‹ Stockbitor!

Bioskop di Jakarta akan kembali beroperasi mulai 14 September mendatang. Ke depannya, bioskop-bioskop di wilayah lain seperti Bekasi, Bogor, Depok dan Tangerang juga akan dibuka sembari menunggu pelonggaran PPKM di luar Jawa-Bali.


Meskipun begitu, Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Djonny Syafruddin, mengatakan bahwa operasional harus tetap dengan pembatasan kapasitas. Sebelumnya, bioskop sempat diizinkan beroperasi dengan kapasitas 25%, namun kembali ditutup saat PPKM level 4 diterapkan.


Sementara itu, pada PPKM level 3 saat ini, bioskop diizinkan menampung pengunjung maksimal 50% dari kapasitas. Pihak bioskop juga harus memasang QR code aplikasi PeduliLindungi untuk pengunjung melakukan check in dan memperlihatkan sertifikat vaksin.

Key Takeaway

Selama pandemi, industri layar lebar menjadi salah satu yang terkena dampak yang signifikan karena fasilitas bioskop masih mendominasi pendapatan.

Sementara itu, pendapatan dari pemutaran film layar lebar melalui digital platform atau streaming belum bisa memenuhi kebutuhan biaya produksi film.


Berita Korporasi

🚚 AnterAja Mau IPO?

Source: Emiten
  • $ASSA: Presiden Direktur PT Adi Sarana Armada, Prodjo Sunarjanto, mengkonfirmasi akan melakukan IPO pada layanan kurir AnterAja, menyusul J&T dan SiCepat. Namun saat ini, perusahaan masih fokus menambah volume transaksi pengiriman.

  • $MNCN: PT Media Nusantara Citra menganggarkan capex 45 juta dolar AS untuk membangun rumah produksi Movieland. Fasilitas ini dibangun untuk mendukung pembuatan konten outdoor, termasuk pra-produksi, hingga post-produksi.

  • $MDLN: Pengadilan Tinggi Singapura telah menyetujui permohonan restrukturisasi obligasi PT Modernland Realty senilai 240 juta dolar AS, meliputi perubahan bunga, jatuh tempo, janji penjualan aset, jaminan tambahan dan ketentuan pembelian kembali dan opsi pelepasan.

  • $MIKA: PT Mitra Keluarga Karyasehat tengah membangun dua rumah sakit baru, yang ditargetkan rampung tahun depan. Perusahaan menganggarkan dana untuk tiap rumah sakit senilai 250 miliar hingga 300 miliar rupiah, dengan kapasitas 200 tempat tidur.


Musim Laba Q2 2021

πŸ•·οΈ MNCN & WEGE

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit

performa apabila dibandingkan dengan Q2 2020. Berikut adalah rinciannya:

  • $MNCN: Laba bersih Media Nusantara Citra tumbuh sebesar 23,1% pada Q2 2021 (YoY). Hal ini didorong oleh peningkatan pendapatan sebesar 74,6% menjadi 1,99 triliun rupiah.

    Secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan meningkat 24,7% menjadi 1,2 triliun rupiah di dorong oleh peningkatan pendapatan (+22,6%). Hal ini didorong oleh peningkatan pendapatan iklan digital  (+117,4%), iklan non digital (+15,6%). Selain itu, penurunan beban keuangan (-13,1%) juga berkontribusi pada peningkatan laba perusahaan. (IDX)

  • $WEGELaba bersih Wika Gedung tumbuh sebesar 219,5% pada Q2 2021 (YoY), meskipun terjadi koreksi pendapatan (-23,5%). Hal ini didorong oleh peningkatan pendapatan lainnya (+176,7%) dan peningkatan laba dari ventura bersama dari 145 juta menjadi 13,9 miliar rupiah.


    Sehingga, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan meningkat 4,5% menjadi 101 miliar rupiah, meskipun total pendapatannya turun 20,8%. Keuntungan ini didorong oleh pemulihan penurunan nilai piutang (+363,3%) dan peningkatan pendapatan segmen industri (+597,9%). Selain itu, perolehan laba ventura bersama juga mengalami kenaikan (+84,5%). (IDX)


🀝 Survey Stockbit X Katadata

Source: Stockbit

Dapatkan total hadiah senilai 80 juta Rupiah, Stockbit Pro, dan saldo eWallet!Hanya dengan, isi survey dari Stockbit x Katadata Insight Center dan Zigi.id di sini


Saham Top Gainer Hari Ini πŸ”₯

$LPKR

+4,38%

$TKIM

+3,04%

$INKP

+3,61%

$ITMG

+1,91%

Saham Top Loser Hari Ini πŸ€•

$AKRA

-5,91%

$RAJA

-5,34%

$INTP

-5,48%

$BFIN

-4,46%

Performa Sektor Hari Ini πŸ“Š


Other News

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

  • El Savador resmi melegalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran pada hari Selasa (7/9), kemarin. Lewat aplikasi e-wallet buatan negara, pemerintah setempat membagikan 30 dolar AS dalam bentuk Bitcoin untuk warganya.

  • Perusahaan teknologi Tencent akan kembali meluncurkan data center kedua di Indonesia pada akhir 2021. Tencent Cloud di Indonesia sejauh ini membantu digitalisasi di beberapa industri seperti keuangan, e-commerce, game dan pendidikan.

  • Harga Batubara Acuan (HBA) menguat ke angka 150,03 dolar AS per ton pada bulan September 2021. Hal ini didorong oleh jumlah permintaan Tiongkok yang melebihi kemampuan produksi domestik, serta permintaan dari Korea Selatan dan Eropa.


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

😎 Tak Perlu Panik dengan Penurunan Harga Saham?

Photo by: stockbit

"Mereka yang tahu akan membelinya di bawah, sedangkan yang tidak tahu melepasnya di harga yang terlalu rendah.  Kebanyakan orang takut saat harga saham yang ia miliki turun, tanpa tau kalau sebenarnya, mungkin saja, harga wajarnya terus meningkat." β€” paulusrachmad

Tak sedikit dari investor pemula yang suka bingung dan goyah ketika harga saham yang mereka pegang "merah". Dalam tulisannya, paulusrachmad membagikan opini tentang bagaimana seharusnya investor menyikapi situasi seperti ini. Penasaran seperti apa? Simak selengkapnya di sini!


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Astrid Rahadiani Putri
Editor: Vivi Handoyo Lie, Calvin Kurniawan, Sarah Natassja, Almer Dzaki, Michael Owen Kohana