📡Kasak-Kusuk Axiata Akuisisi Link Net / by Stockbit Snips

Photo by: Thomas Jensen via Unsplash

Photo by: Thomas Jensen via Unsplash

1.png

👋 Stockbitor!

Axiata Group, perusahaan induk PT XL Axiata, dikabarkan tengah melakukan diskusi lanjutan untuk mengakuisisi PT Link Net ($LINK), perusahaan penyedia internet rumahan milik Lippo Group.

Sumber Bloomberg mengatakan bahwa Axiata sedang mempertimbangkan opsi pada struktur kesepakatan potensial termasuk membeli saham melalui unitnya yang tercatat di BEI, $EXCL.

Diskusi tersebut dilakukan bersama CVC Capital Partners dan PT First Media Tbk ($KBLV) selaku pemegang saham $LINK. CVC Capital Partners memiliki 36% saham Link Net, sementara First Media memiliki 28% saham. Per 6 Juli 2021, Link Net memiliki kapitalisasi pasar sebesar 12,54 triliun rupiah

Divestasi mayoritas saham Link Net sebenarnya telah diinisiasi sejak 2015 silam. Kesempatan ini juga dilirik oleh emiten lainnya, yaitu PT Media Nusantara Citra ($MNCN) dan PT Indosat ($ISAT).

Key Takeaway 
Valuasi serta nilai transaksi ini belum diberitakan ke publik. Faktor ini diperhatikan oleh publik karena apabila valuasi transaksi melebihi kapitalisasi pasar saat ini, dapat memberikan sentimen positif pada saham Link Net ($LINK). 


World News

🌏 Korsel Tawarkan Fasilitas Produksi 1 Miliar Vaksin Corona

Photo by: USNews

Photo by: USNews

Kabar terkini dari mancanegara:

Korea Selatan
: Kementerian Kesehatan Korea Selatan meminta para pembuat vaksin melakukan produksi di negaranya. Mereka menawarkan kapasitas 1 juta miliar dosis vaksin virus corona dalam tempo secepat-cepatnya.

Amerika Serikat: Riset Centers for Disease Control and Prevention (CDC) ungkap 99,5% pasien Covid-19 yang meninggal, belum melaksanakan vaksinasi. Mereka menegaskan kematian akibat Corona bisa dicegah.

Tiongkok: Pemerintah minta aplikasi ride-hailing , Didi Cuxing, dihapus dari toko aplikasi di negaranya. Desakan ini dilakukan setelah ditemukan pelanggaran mengumpulkan data pribadi secara ilegal.

Filipina: Pesawat Hercules C-130 milik Angkatan Udara Filipina, yang mengangkut 96 penumpang tentara jatuh di permukiman warga, di pulau Jolo, provinsi Sulu. Sebanyak 47 penumpang dan 3 warga sipil tewas akibat insiden ini.


Musim Laba - Q1 2021

🕷️ ️ KBLV & MSKY

Source: Susan Q Yin via Unsplash

Selama Q1 2021, terdapat beberapa perusahaan yang mengalami peningkatan dan penurunan performa apabila dibandingkan dengan Q1 2020. Beberapa di antaranya adalah:

  • $KBLV: Rugi bersih First Media membaik walaupun pendapatan turun 28%. Hal ini disebabkan oleh penurunan pendapatan dari segmen utama perusahaan, seperti konten dan berita (-28,5%) serta infrastruktur (-27,6%).

    Namun, turunnya kerugian dari selisih kurs secara signifikan dari 379 miliar menjadi 42 miliar membantu memperbaiki performa perusahaan. (IDX)

  • $MSKY: Rugi bersih MNC Sky Vision memburuk 2,1%. Hal ini didorong oleh penurunan pendapatan (-16,7%) akibat penurunan pendapatan dari segmen utama perusahaan, yaitu jasa penyiaran program (-18,5%). Adanya efisiensi pada beban penjualan dari 11,8 miliar menjadi 438 juta rupiah membantu perusahaan mencatatkan penurunan laba lebih rendah dari penurunan pendapatan. (IDX)

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit


Berita Lainnya

🦠 Zonasi Covid-19 Kini Pakai Rumus Positivity Rate

Menteri Kesehatan, RI Budi Gunadi Sadikin, akan mengubah penentuan zonasi Covid-19. Ke depannya, sebuah wilayah ditandai zona merah, kuning dan hijau, berdasarkan positivity ratePositivity rate sendiri adalah rasio yang menunjukkan berapa banyak orang yang terkena virus corona dalam satu populasi.

Hal ini dilakukan karena metode testing sebelumnya dinilai tidak merepresentasikan kasus yang terjadi sebenarnya. Budi mengatakan bahwa ada banyak daerah yang ingin memperlihatkan kasus infeksi corona yang rendah dengan melakukan testing yang sedikit.

Standar testing WHO adalah 1/1.000 per penduduk setiap minggu di Indonesia sudah terlampaui. Tetapi, standar  ini berlaku jika positivity rate-nya hanya 5 persen atau di bawahnya.

Kemenkes meminta setiap daerah mengejar target tes minimum dari WHO, yaitu 1:1000 penduduk per minggu. Pemda juga diminta untuk terus melakukan tes jika positivity rate masih di atas 5 persen.


2.png
3.png

Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

Source: Pinterest

  • Pemerintah resmi memperpanjang diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil sebesar 100% untuk pajak terutang masa pajak Juni hingga Agustus 2021. Adapun diskon tersebut berlaku untuk mobil dengan kapasitas silinder hingga 1.500 cc.

  • Emiten rumah sakit Bundamedik ($BMHS) resmi melantai di pasar saham Indonesia pada hari ini, Selasa (6/7) dengan harga penawaran 340 rupiah per lembar.

  • PT PLN mengakuisisi pembangkit listrik Blok Rokan berkapasitas 300 Mega Watt (MW) milik PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara, dan mengambil alih pengelolaannya dari Chevron Pacific Indonesia mulai bulan Agustus.

  • PT Adi Sarana Armada ($ASSA) dapat lampu hijau dari OJK untuk melanjutkan rencana rights issue, berupa 600 juta lembar saham baru unit dengan rasio 80:453.


Stockbitor Spotlight
Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

🚗 Perjalanan ICBP - Pinehill Sejauh Ini Menguntungkan?

stockbitp0ywfiql8520201115T191751web.jpeg

"EPS ICBP pasca akuisisi Pinehill berjumlah Rp596 per lembarnya dibandingkan tanpa akuisisi sebesar Rp847 per lembarnya. Silahkan simpulkan sendiri bagaimana kontribusi Pinehill terhadap kesejahteraan investor 'plankton' seperti kita."
Ipohunter2.

Seberapa jauh peran akuisisi Pinehill terhadap performa keuangan ICBP akan dikupas tuntas oleh IPOhunter2 dengan penjabaran laporan keuangan secara komprehensif. Yuk, baca selengkapnya di sini.

Sekilas Tentang @IPOhunter2

IPOhunter2 dikenal sebagai pengamat yang cukup aktif di Stockbit Stream dalam memberikan pandangan terkait saham yang melakukan aksi korporasi, khususnya yang berencana melakukan IPO. Investor yang mengaku sebagai akuntan ini cukup kritis dalam membedah laporan keuangan perusahaan dan keadaan perusahaan apa adanya. Kamu bisa temukan insight menarik lainnya dari IPOhunter2 di sini.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Astrid Rahadiani Putri, Calvin Kurniawan
Editor: Sarah Natassja, Vivi Handoyo Lie, Almer Dzaki, Michael Owen Kohana