🧳 Aturan Perjalanan Selama PPKM Darurat / by Stockbit Snips

Source: Freepik

Source: Atoms via Unsplash

1.png

👋 Stockbitor!

Seiring dengan diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merilis Surat Edaran (SE) Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan yang mulai berlaku hari ini (5/7)

Untuk transportasi dengan moda darat, laut, udara, dan kereta api jarak jauh di wilayah Jawa-Bali, pelaku perjalanan wajib memiliki sertifikat vaksin (minimal dosis pertama), hasil RT-PCR yang berlaku maksimal 2x24 jam atau tes antigen yang berlaku maksimal  1x24 jam.  Namun, tes antigen tidak berlaku untuk transportasi moda udara.

Sedangkan, untuk transportasi semua moda di wilayah luar Jawa-Bali, pelaku perjalanan tidak wajib menyediakan sertifikat vaksin dan hanya perlu menyediakan dokumen negatif hasil RT-PCR yang berlaku maksimal 2x24 jam atau tes antigen yang berlaku maksimal 1x24 jam

Selain itu, selama PPKM Darurat berlaku, Kemenhub juga mengubah kapasitas angkut berbagai moda transportasi dengan besaran sebagai berikut:

  • Transportasi darat: Turun dari 85% menjadi 50%

  • Transportasi udara dan laut: Turun dari 100% menjadi 70%

  • Perkeretaapian KRL: Turun dari 45% menjadi 32%

  • Kereta api antarkota: Tetap 70%

  • Kereta api non-KRL: Tetap 50%

Key Takeaway  
Penerapan aturan perjalanan selama PPKM Darurat bertujuan untuk memfasilitasi sektor kritikal dan esensial, namun tetap memperhatikan pembatasan beban dan jam operasional, serta penerapan protokol kesehatan. Aturan ini diharapkan dapat membantu menurunkan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya wilayah Jawa-Bali.


World News

🌏Bezos Lepas Jabatan CEO, Amazon Dipimpin Jassy

Source: Kompas Tekno

Source: Kompas Tekno

Kabar terkini dari mancanegara:

Amerika Serikat: Mulai hari ini (5/7), Jeff Bezos resmi mundur dari posisinya sebagai CEO Amazon. Bezos akan digantikan oleh Andy Jassy yang sebelumnya menjabat sebagai CEO Amazon Web Services.

Selain itu, Adam Mossery, kepala Instagram, mengumumkan bahwa seiring dengan kehadiran fitur reels, Instagram akan berfokus pada fitur video pendek. Mossery menjelaskan bahwa kini, Instagram bukan lagi merupakan aplikasi berbasis foto saja.

Meksiko: Jumat (2/7) kemarin, terjadi kebakaran besar di lepas pantai Teluk Meksiko yang dipicu oleh kebocoran pipa gas bawah laut milik Petroleos Mexicanos. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Jepang: Hujan lebat berkepanjangan menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor di kota Atami pada Sabtu (3/7) kemarin. Hingga kini (5/7), dari 300 rumah yang terkena dampak bencana, 2 orang dipastikan tewas, 19 orang berhasil diselamatkan, dan sekitar 20 orang hilang.


Musim Laba - Q1 2021

🕷️ ️ DNET, BMTR, MNCN

Source: Susan Q Yin via Unsplash

Selama Q1 2021, terdapat beberapa perusahaan yang mengalami peningkatan performa apabila dibandingkan dengan Q1 2020. Beberapa di antaranya adalah:

  • $DNET: Laba bersih Indoritel Makmur naik 22,5%. Hal ini didorong oleh peningkatan pendapatan (+59,3%). Kenaikan ini disebabkan oleh kenaikan pendapatan dari layanan telekomunikasi, baik dari segmen korporasi (+77,8%) maupun ritel (+32,5%).

    Namun, bagian laba dari entitas asosiasi dan ventura bersama mengalami penurunan, yang berasal dari penurunan performa produsen Sari Roti atau Nippon Indosari ($ROTI), operator KFC Indonesia atau Fast Food Indonesia ($FAST) dan Indomaret. (IDX)

  • $BMTR: Laba bersih Global Mediacom naik 26,9%. Hal ini didorong oleh peningkatan pendapatan (+12,6%). Peningkatan pendapatan ini didorong oleh kenaikan pendapatan dominan perusahaan, yaitu dari iklan digital (+61,3%) dan non-digital (+0,4%), serta dari TV berbayar dan broadband (+10,8%). (IDX)

  • $MNCN: Laba bersih MNC, anak usaha dari BMTR, naik 28%. Hal ini didorong oleh peningkatan pendapatan (+6,2%) akibat meningkatnya pendapatan iklan digital yang mencapai 61%. Selain itu, adanya penurunan kerugian kurs mata uang asing juga membantu mendongkrak laba perusahaan. (IDX)

Source: Stockbit

Source: Stockbit


 💰What to Watch for: This Week

Beberapa data ekonomi yang rilis minggu lalu:

  • Amerika Serikat: Neraca perdagangan Mei (-71,2 milar dolar AS) (Selasa)

  • Australia: Neraca perdagangan Mei (9,681 miliar dolar Australia) (Selasa)

  • Korea Selatan: Tingkat inflasi YoY (2,4%) (Selasa)

Dividend:

  • $IGAR: 5 rupiah/lembar (Cum Date: Selasa)

  • $IMAS: 4 rupiah/lembar (Cum Date: Selasa)

  • $IMJS: 0,25 rupiah/lembar (Cum Date: Selasa)

  • $AMAG: 50 rupiah/lembar (Cum Date: Selasa)

  • $SMDR: 32,75 rupiah/lembar (Cum Date: Kamis)

  • $AMDF: 513 rupiah/lembar (Cum Date: Kamis)


2.png

Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

Source: Pinterest

  • Bank Jago ($ARTO) menjalin kerja sama dengan aplikasi reksa dana Bibit untuk menyediakan layanan investasi reksa dana. Kolaborasi ini memungkinkan Bank Jago meluncurkan fitur Kantong Jago di aplikasi Bibit.

  • Garudafood Putra Putri Jaya ($GOOD) berencana untuk lakukan stock split dengan rasio 1:5 dari yang awalnya bernilai 100 rupiah per lembar menjadi 5 lembar saham baru senilai 20 rupiah per lembar.

  • Kalbe Farma ($KLBF) memperkenalkan alat tes virus SARS-CoV-2 baru dengan metode pemeriksaan RT-LAMP Saliva. Alat ini dapat mengidentifikasi mutasi varian Covid-19 seperti Alpha, Beta, Gamma, Delta, dan beberapa varian lainnya.

  • Bundamedik ($BMHS) resmi ditetapkan sebagai efek syariah oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan akan melantai di BEI mulai Selasa (6/7) dengan harga penawaran 340 rupiah per lembar saham.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Sarah Natassja, Calvin Kurniawan
Editor: Astrid Rahadiani Putri, Vivi Handoyo Lie, Almer Dzaki, Michael Owen Kohana