💉 Vaksin Sinovac Mendarat di Indonesia / by Stockbit Snips

Source: BBC

Source: BBC

sadsadasdas.PNG

Halo Stockbitor, 

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dan anggota timnya, Adi Wahyono, selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) Kementerian Sosial (Kemensos), ditahan KPK dalam kasus dugaan suap bantuan sosial untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020.

In other news, Japan Bank for International Corporation (JBIC) berkomitmen untuk investasi sebesar 4 miliar dolar AS untuk Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia.


Berita Terkini: 

💉 Vaksin Sinovac Mendarat di Indonesia

Vaksin Sinovac sebanyak 1,2 juta dosis tiba di Bandara Soekarno-Hatta kemarin malam (6 Desember) pukul 21.23 WIB.

Vaksin ini diuji secara klinis di Bandung sejak Agustus lalu dan setelah batch ini, juga akan kembali didatangkan 1,8 juta dosis vaksin pada awal Januari 2021.

Selain itu, juga akan ada vaksin yang datang dalam bentuk bahan baku yang akan diproses lagi oleh Bio Farma, yaitu sebanyak 15 juta dosis yang akan tiba bulan ini dan 30 juta dosis yang akan tiba di Indonesia pada Januari 2021.

Vaksin yang datang ini masih memerlukan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat dengan memastikan efektivitas vaksin. Dari hasil uji klinis tersebut baru akan dipertimbangkan waktu vaksinasi dimulai.

Saat ini, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya persiapan sistem distribusi vaksin ke daerah, peralatan pendukung, sumber daya manusia (SDM), dan tata kelola vaksin.


🌴 Tarif Pungutan Ekspor Kelapa Sawit


Tarif baru pungutan ekspor kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) dengan jumlah maksimum 255 dolar AS per ton berlaku mulai 10 Desember 2020. 

Besarnya pungutan ekspor ini tergantung dengan harga CPO. Contohnya, pada saat harga CPO sama  dengan atau dibawah 670 dolar AS per ton, besar pungutan sebesar 55 dolar AS per ton. Tarif ini terus meningkat seiring dengan kenaikan harga CPO, dengan nilai maksimal pungutan ekspor sebesar 255 dolar AS pada saat harga CPO lebih dari 995 dolar AS per ton. 

Harga tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 191/ PMK.05/2020.

Adanya tarif ini diharapkan bisa semakin memacu hilirisasi minyak sawit. Hal itu dikarenakan penerimaan dari pungutan ekspor itu diperkirakan akan digunakan untuk menutup selisih harga minyak biodiesel yang  dengan harga minyak fosil. Apabila tidak disubsidi, konsumsi domestik sawit bisa berkurang dan menyebabkan Indonesia kelebihan produksi atau masuk keadaan oversupply. 


💰 What to watch for: This Week

Beberapa data ekonomi yang akan rilis minggu ini:

  • Indonesia: Cadangan devisa November (Senin), Consumer Confidence (Selasa)

  • China: Neraca perdagangan dan cadangan devisa November (Senin), inflasi November (Rabu).

Agenda emiten minggu ini:
Dividen $INTP 225 rupiah / lembar (Cum date: 7 Desember)
Dividen $BBCA 98 rupiah / lembar (Cum date: 7 Desember)
Dividen $AMRT 710 rupiah / lembar (Cum date: 11 Desember)


Saham Top Gainer hari ini:
$KAEF (+24,79%)
$INAF (+24,78%)
$SMBR (+21,78%)
$TKIM (+15,41%)

Saham Top Loser hari ini:
$CPIN (-1,18%)
$HOKI (-0,92%)
$BULL (-0,63%)
$APLN (-0,57%)

Performa sektor hari ini:
MINING (+2,14%)
CONSUMER (+1,98%)
BASIC-IND (+3,72%)
AGRI (+2,10%)
MISC-IND (+2,45%)
FINANCE (+1,83%)
INFRASTRUCTURE (+1,83%)
TRADE (+1,86%)
PROPERTY (+1,06%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terpilih jadi anggota Komite Pengarah C40 Cities bersama dengan Gubernur Tokyo. Tugas nya merupakan memberikan arah strategis untuk mengatasi krisis iklim di 97 kota di seluruh dunia.

  • PSBB Transisi Jakarta diperpanjang hingga 21 Desember.

  • Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk ($SCNP) melalui anak usahanya STEI mengakuisisi 99,5% saham perusahaan perdagangan peralatan listrik rumah tangga yaitu PT Turbo Elektro Domestici (TED).

  • Proyek smelter timbal Kapuas Prima Coal ($ZINC) diperkirakan rampung pada tahun 2021.