πŸ’Έ Grab IPO Melalui Skema Merger dengan SPAC / by Stockbit Snips

Source: The Low Down

Source: The Low Down

Komoditas 8 April.png

Halo Stockbitor, 

Grab Holdings Inc, siap melakukan merger dengan salah satu perusahaan akuisisi bertujuan khusus atau Special Purpose Acquisition Companies (SPAC) yakni Altimeter Capital. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat mencatatkan dirinya di bursa saham AS.

Kesepakatan ini membuat valuasi perusahaan meningkat mencapai 35 miliar dolar AS atau setara dengan 490 triliun rupiah. Perusahaan dikabarkan dapat menyelesaikan perjanjian listing di New York melalui Altimeter Capital secepatnya pekan ini.

Melalui aksi ini, Grab berencana mengumpulkan sekitar 2,5 miliar dolar AS melalui penawaran saham kepada publik. Nantinya jika IPO ini berlangsung, mampu menjadikan penawaran saham di luar negeri yang terbesar oleh perusahaan Asia Tenggara.

Dengan dukungan investor, seperti SoftBank Group Corp dan Mitsubishi UFJ Financial Group, telah berkembang pesat dari yang awalnya perusahaan ride-hailing di Malaysia pada tahun 2012 menjadi startup paling bernilai di kawasan Asia Tenggara.

In other news, Indonesia akan memberlakukan sanksi terhadap masyarakat yang melakukan perjalanan selama liburan Idul Fitri. Menurut Sekretariat Kabinet sanksi yang diberikan mulai dari denda hingga penjara. Persyaratan tersebut akan secara efektif dilakukan mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021.


Berita Terkini: 

🌏 World News: AS Kembali bantu Palestina

Source: CNN Indonesia

Source: CNN Indonesia

Amerika Serikat: Pemerintah AS memulihkan kembali bantuan kepada masyarakat Palestina yang sempat terputus di era presiden Donald Trump. Nilai bantuan mencapai 235 juta dolar AS atau setara dengan 3,4 triliun rupiah.

Brazil: Resmi mencatat kasus pertama Covid-19 varian Afrika Selatan. Virus ini dikenal lebih menular dan lebih mematikan dibanding virus yang asli, sehingga dinilai dapat memperburuk kondisi di daerah tersebut.

Inggris: Duta besar Myanmar untuk Inggris, Kyaw Zwar Minn, dikunci dari luar gedung kedutaan sehingga tidak bisa masuk. Hal ini dapat terjadi karena tindakan Kyaw Zwar Minn yang menentang dan memutuskan hubungan dengan junta militer yang berkuasa dalam beberapa pekan terakhir.

Nepal: Pegunungan Himalaya tertutup asap akibat kebakaran lahan yang telah terjadi sejak November 2020 lalu. Lebih dari 2.700 kebakaran hutan dilaporkan dan angka ini diakui 14 kali lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Berdasarkan IQAir, kualitas udara di Kathmandu pada Selasa (6/4) tercatat yang paling buruk di dunia.


 πŸ•· #MusimLaba Blue Bird

Source: Blue Bird Group

Source: Blue Bird Group

Blue Bird Group ($BIRD) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi. Perusahaan ini dikenal dengan pengelolaan 4 jenis transportasi darat, yaitu taksi Blue Bird, bus Big Bird, taksi eksekutif Silver Bird, dan penyewaan mobil Golden Bird.

Sepanjang 2020, perusahaan meraih penjualan sebesar 2,04 triliun rupiah. Nilai tersebut turun 49,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Figur laba bersih BIRD juga mengalami penurunan sebesar 150% sehingga menderita kerugian sebesar 163 miliar rupiah.

Perusahaan mengalami penurunan pendapatan dan laba bersih akibat pandemi Covid-19. Walaupun pada kuartal tiga dan kuartal empat pendapatan perusahaan mengalami peningkatan akibat relaksasi peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), namun hal ini belum mampu menaikan laba ke angka positif.

Ringkasan kinerja keuangan:

  • Perusahaan memiliki lebih dari 25.000 kendaraan, 35.000 pegawai, dan tersedia di 20 kota di Indonesia (9M20).

  • Beban pokok pendapatan perusahaan turun 42% menjadi 1,7 triliun rupiah.

  • Net profit margin tahun 2020 menjadi -7,96% dibandingkan tahun 2019 senilai 7,8%.

  • Pada tahun 2021, perusahaan menganggarkan capex sebesar 550 miliar rupiah untuk melakukan investasi pada bidang IT khususnya.


⚑Indika Energy Ekspansi ke Bisnis Kendaraan Listrik

Liputan6.com

Liputan6.com

Emiten pertambangan batu bara PT Indika Energy Tbk ($INDY) resmi melebarkan sayap bisnis ke sektor kendaraan listrik melalui pendirian entitas usaha PT Electra Mobilitas Indonesia (EMI).

Kedepannya kegiatan usaha EMI akan mencakup:

  • Perdagangan besar suku cadang sepeda motor dan aksesorisnya;

  • Perdagangan besar berbagai suku cadang, komponen, dan aksesoris mobil; dan

  • Jasa konsultasi manajemen.

Ini bukan kali pertama perusahaan memfokuskan diri dalam proyek tenaga listrik. Sebelumnya, Indika Energy melalui entitas usahanya PT Indika Tenaga Baru mendirikan perusahaan joint venture (JV) dengan Fourth Partner Energy Sinergy, dengan nama PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya atau EMITS.

Dalam kurun waktu 4 tahun kedepan, perusahaan joint venture ini siap menggelontorkan dana sebesar 500 juta dolar AS.


Saham Top Gainer hari ini:
$BRIS (+8,93%)
$BUMI (+5,00%)
$SRIL (+4,71%)
$DOID (+4,71%)

Saham Top Loser hari ini:
$APIC (-4,67%)
$ACES (-3,20%)
$RAJA (-2,31%)
$LPPF (-2,17%)

Performa sektor hari ini:
MINING (+1,63%)
PROPERTY (+1,29%)
BASIC-IND (+1,16%)
FINANCE (+0,64%)
CONSUMER (+0,63%)
AGRI (+0,43%)
TRADE (+0,16%)
INFRASTRUCTURE (-0,38%)
MISC-IND (-0,25%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire giphy.gif
  • PT Aneka Tambang Tbk ($ANTM) siapkan capex 2,8 triliun rupiah, dana ini akan difokuskan pada penyelesaian proyek hilir. Salah satunya pabrik feronikel Halmahera Timur.

  • PT Saratoga Investama Sedaya Tbk ($SRTG) didenda 1 miliar rupiah oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Hal ini karena perusahaan Saratoga meyakinkan induk grup Saratoga untuk melakukan keterlambatan pemberitahuan atas pengambilalihan saham.

  • PT Rimo International Lestari Tbk ($RIMO) mengalami penyitaan dokumen unit-unit apartemen, aset tanah, mall dan hotel oleh Kejaksaan Agung. Aset yang disita akan dijadikan barang bukti terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana investasi oleh PT Asabri.

  • PT Djarum dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk ($TPIA) bekerja sama untuk membuat aspal dari sampah plastik. Pengaspalan dari bahan plastik di area pabrik Djarum seluas 39.000 meter persegi.

  • PT Bank OCBC NISP Tbk ($NISP) menetapkan untuk tidak membagikan dividen dari laba bersih tahun 2020. Seluruh laba bersih akan digunakan untuk memperkuat posisi permodalan perusahaan.


Penulis: Theodore Henoch
Editor: Sarah Natassja, Calvin Kurniawan, Michael Owen Kohana, Almer Dzaki