🎵 Mengapresiasi Pencipta Lagu Dengan Sepantasnya / by Stockbit Snips

Source: Unsplash/ Tony lee

Source: Unsplash/ Tony lee

Komoditas 7 April 2021.png

Halo Stockbitor, 

Presiden Joko Widodo baru saja meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik. Melalui PP ini, pemerintah mewajibkan pembayaran royalti untuk setiap orang yang memutar lagu untuk kegiatan komersial.

Penarikan dan pengelolaan royalti tersebut akan dilakukan oleh Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN). LMKN juga akan bertanggung jawab untuk mengatur, menetapkan besaran, mengumpulkan, dan mendistribusikan royalti kepada pemegang hak cipta.

Terdapat empat belas kegiatan komersial yang akan dikenakan tarif royalti . Salah satu yang marak dibicarakan masyarakat adalah pengenaan tarif kepada restoran, kafe, pub, bistro, kelab malam, dan diskotek.

Kebijakan ini menjadi angin segar bagi para pencipta lagu dan musik. Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum bahwa pencipta lagu dan musisi Indonesia seringkali mendapatkan royalti yang tidak sesuai dengan jerih lelah mereka. Ditambah lagi, dengan banyaknya kafe dan restoran baru yang bermunculan, diharapkan akan dapat memperbesar kue royalti yang diperoleh.

Gimana nih Stockbitor? Menurut kalian, dengan adanya PP ini, apakah para musisi Indonesia akan makin sejahtera, atau malah kafe-kafe yang jadi sunyi gara-gara ogah bayar royalti buat memutar musik?


Berita Terkini: 

🌏 World News: Credit Suisse Rugi, Pejabat Dirombak

Source: Credit Suisse

Source: Credit Suisse

  • Swiss: Grup bank Credit Suisse melaporkan kerugian sebesar 4,7 miliar dolar AS. Kerugian ini disebabkan kegagalan pembayaran oleh Archegos Capital Management, lembaga hedge fund asal AS. Dampaknya, perusahaan akan merombak jajaran eksekutif divisi investment banking serta divisi risiko.

  • Amerika Serikat: Clubhouse, aplikasi obrolan berbasis audio, akan memperkenalkan fitur monetisasi bagi para kreator konten. Namun, Clubhouse tidak berencana untuk mengambil sepeser pun dari dana yang dihasilkan para kreator.

  • Arab Saudi: Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan aturan mengenai kunjungan ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Terdapat tiga kategori pengunjung yang diizinkan masuk, yaitu para pengunjung yang: 1) telah menerima dua suntikan vaksinasi; 2) menerima suntik pertama setidaknya empat belas hari sebelum kunjungan; dan 3) terinfeksi Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh.

  • Malaysia: Larangan mudik lebaran Idul Fitri akan diterapkan oleh Pemerintah Malaysia untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hanya orang dengan izin resmi yang diperbolehkan untuk bepergian. Tindakan hukum disiapkan bagi mereka yang diketahui berusaha untuk pulang kampung.

  • Selandia Baru: Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern mengumumkan pemberlakuan koridor perjalanan bebas karantina (travel bubble) dengan Australia. Langkah ini bertujuan membangkitkan kembali sektor pariwisata. Diharapkan dapat membawa manfaat ekonomi lebih dari 1 miliar dolar Selandia Baru untuk tahun ini.


 🕷 #MusimLaba Jasa Marga

Source: Top Business

Source: Top Business

Jasa Marga ($JSMR) adalah perusahaan operator jalan tol dengan penguasaan 67% pangsa pasar, terbesar di Indonesia. Saat ini Jasa Marga memegang hak konsesi atas 34 ruas jalan tol dengan total panjang 1.191 km.

Pada tahun 2020, Jasa Marga membukukan pendapatan tol sebesar 8,76 triliun rupiah, turun 13,5% dari tahun 2019. Di samping itu, terdapat pendapatan konstruksi yang turun dari 15,36 triliun rupiah menjadi 4,12 triliun rupiah. Satu lagi pos pendapatan adalah pendapatan lainnya yang turun tipis dari 853 miliar ke 824 miliar. Sementara itu, perusahaan mengalami rugi bersih senilai 41,63 miliar rupiah, turun dari laba bersih senilai 2,07 triliun rupiah pada tahun sebelumnya.

Jasa Marga berhasil melakukan efisiensi pada pos beban umum dan administrasi serta beban lain-lain. Namun, turunnnya laba bersih disebabkan oleh hilangnya pendapatan divestasi, di mana pada tahun 2019 berkontribusi sebesar 1,03 triliun rupiah. Selain itu, terdapat faktor peningkatan pembayaran utang bunga bank hingga 100%.

Berikut adalah informasi lainnya mengenai kinerja Jasa Marga selama tahun 2020:

  • Memperoleh konsesi operasi jalan tol sepanjang 1.603 km, 1.191 di antaranya telah dioperasikan oleh Jasa Marga. Terdapat 29,46 km yang mulai beroperasi pada tahun 2020.

  • Terdapat empat proyek tol di area Jabodetabek yang akan dioperasikan Jasa Marga dengan panjang total 99,33 km.

  • Pendapatan tol terbesar di 2020 dikontribusikan dari ruas tol Jakarta-Cikampek sebesar 1,32 triliun rupiah atau setara dengan 15% pendapatan tol Jasa Marga.

  • Volume kendaraan yang melintas di tol Jasa Marga turun 20,4%, dari 1,23 miliar kendaraan di 2019 menjadi 978 juta di 2020.


🚧 Penundaan Proyek Konektivitas Darat

Otosia

Otosia

Dalam rangka mendukung penanganan Covid-19, pemerintah melakukan sejumlah penyesuaian terhadap anggaran belanja. Salah satunya adalah Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) yang mengalami pemotongan anggaran sebesar 1,98 triliun rupiah. Mulanya, direktorat ini memperoleh alokasi anggaran sebesar 7,63 triliun rupiah. Imbasnya, terdapat sejumlah proyek Ditjen Hubdat yang harus ditunda.

Dari 39 proyek yang direncanakan, 18 di antaranya ditunda penyelesaiannya ke tahun 2022.

Beberapa kegiatan strategis yang tertunda adalah proyek-proyek infrastruktur konektivitas untuk berbagai program, seperti penyelesaian Pelabuhan Sungai Danau dan Penyeberangan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), area program food estate, serta konektivitas di daerah 3 T (terluar, terdepan, dan tertinggal).

Saham Top Gainer hari ini:
$LPPF (+13,33%)
$RAJA (+8,33%)
$WIIM (+7,69%)
$DMAS (+5,09%)

Saham Top Loser hari ini:
$WSKT (-5,45%)
$PNBN (-4,22%)
$PTPP (-4,12%)
$APIC (-3,23%)

Performa sektor hari ini:
TRADE (+1,31%)
INFRASTRUCTURE (+0,90%)
FINANCE (+0,73%)
MINING (+0,42%)
CONSUMER (+0,26%)
BASIC-IND (+0,20%)
AGRI (-0,01%)
PROPERTY (-0,18%)
MISC-IND (-0,52%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire giphy.gif
  • Saratoga Investama Sedaya ($SRTG) akan melakukan stock split atau pemecahan nilai nominal saham dengan rasio 1:5. Aksi ini akan dilakukan setelah mendapat persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan digelar 28 April 2021.

  • Summarecon Agung ($SMRA) menyelenggarakan RUPSLB dengan agenda persetujuan untuk melakukan rights issue. Perseroan menargetkan dana sebesar 1,5 triliun rupiah dari aksi korporasi ini.

  • Jasa kurir dan logistik J&T Express dikabarkan berminat melakukan penawaran publik (IPO) di bursa AS. Mereka mengincar pendanaan sebesar 1 miliar dolar AS dari IPO tersebut.

  • Resmi menjadi mitra KPBU pengelola Pelabuhan Patimban, Indika Energy ($INDY) mengalokasikan capex sebesar 400 juta dolar AS selama tujuh tahun ke depan melalui anak usahanya, ILSS.

  • Setelah mengalami pertumbuhan laba di 2020, Energi Mega Persada ($ENRG) bersiap mengakuisisi sejumlah aset baru.


Penulis: Almer Dzaki
Editor: Sarah Natassja, Calvin Kurniawan, Theodore Henoch, Michael Owen Kohana