🤝 Akhir Drama Panjang Pemegang Saham Bukopin / by Stockbit Snips

Source: TrenAsia

Source: TrenAsia

unnamed (61).png

Halo Stockbitor, 

Polemik dua pemegang saham terbesar PT Bank KB Bukopin Tbk ($BBKP), yakni Bosowa Corporindo dan KB Kookmin, berakhir damai. Berdasarkan dokumen joint-statement, terdapat enam poin kesepakatan yang intinya adalah menyelesaikan kesalahpahaman sekaligus sepakat untuk bersama-sama mengembangkan Bank KB Bukopin.

Selain itu, keduanya juga sepakat untuk menyerap rencana penerbitan saham baru yang akan dilepas oleh KB Bukopin.

Sebelumnya, Bosowa sempat menggugat OJK dan KB Kookmin terkait dengan pengalihan pemegang saham Bukopin. OJK dinilai berpihak kepada Kookmin Bank dan mendukungnya untuk menjadi pemegang saham pengendali dan membuat posisi Bosowa tersingkir.

 Saat ini, Kookmin memegang 67% saham Bukopin, sementara Bosowa hanya memiliki 9,7% saham dan 23,29% sisanya dimiliki oleh pemegang saham publik.


Key Takeaways 
Perdamaian ini memberikan kepastian mengenai posisi Kookmin sebagai pemegang saham pengendali Bank Bukopin. Hal ini berpotensi memperbaiki kepercayaan nasabah setelah sempat terjadi pembatasan penarikan dana nasabah akibat rendahnya tingkat likuiditas.


World News

🌏 FDA Setujui Obat Alzheimer Pertama Setelah 20 Tahun

Source: Pixabay

Source: Pixabay

Amerika Serikat: FDA menyetujui obat Aducanumab besutan Biogen sebagai obat Alzheimer pertama setelah 20 tahun.


India: Pemerintah India gratiskan vaksin COVID-19 untuk orang dewasa usia 18-45 tahun. Sebelumnya, vaksin gratis hanya tersedia untuk lansia dan tenaga kesehatan.

Jepang: Kantor Kabinet Jepang mengumumkan bahwa pertumbuhan ekonomi negaranya masih mengalami kontraksi, yakni minus 3,9%.

Eropa: Finlandia dan Jepang bekerja sama mengembangkan teknologi jaringan 6G. Pesertanya adalah Nokia, Nippon Telegraph & Telephone, NTT Docomo, KDDI, SoftBank Corp., dan Rakuten Mobile.


Musim Laba - Q1 2021

🕷️️ ️LINK, PZZA, AMRT

Source: Detapine

Source: Detapine

Selama Q1 2021, terdapat beberapa perusahaan yang mengalami kenaikan dan penurunan jika dibandingkan dengan Q1 2020. Di antaranya adalah:

  • $LINK: Laba bersih pemilik merek First Media dan Link Net naik 26%, didukung oleh peningkatan pendapatan (+11,4%). Hal ini didorong oleh peningkatan kinerja segmen televisi kabel (+46%) yang menutupi penurunan segmen broadband internet dan jaringan (-11%). Adanya efisiensi pada beban HPP meningkatkan net profit margin dari 20,6% menjadi 23,3%. (IDX)

  • $PZZA: Laba bersih operator Pizza Hut turun 19,3% akibat penurunan pendapatan (-25,3%). Segmen minuman (-49,6%) lebih tertekan dibanding segmen makanan (-23,5%). Walaupun terdapat efisiensi pada beban HPP (-29,3%) dan beban usaha (-25,5%), kenaikan beban pajak penghasilan (+174%) membuat laba bersih perusahaan tetap turun. (IDX)

  • $AMRT: Laba bersih Alfamart naik 42,3% walaupun pendapatan turun 0,5%. Kenaikan laba ini diakibatkan oleh peningkatan laba kotor di Pulau Jawa selain Jabodetabek (+13%) dan di luar Jawa (+66%) yang menutupi turunnya laba kotor di kawasan Jabodetabek (-21%). (IDX)

Source: Stockbit

Source: Stockbit


Saham Top Gainer hari ini:
$TBIG (+4,75%)
$ASSA (+4,59%)
$ITMG (+3,45%)
$RAJA (+2,59%)

Saham Top Loser hari ini:
$IPTV(-6,94%)
$HMSP(-6,79%)
$MPMX(-6,63%)
$EXCL(-6,18%)

Performa sektor hari ini:
IDXTECHNO(+13,41%)
IDXTRANS (-0,31%)

IDXINDUST (-0,40%)
IDXENERGY (-0,67%)
IDXPROPERT (-1,11%)
IDXINFRA (-1,30%)
IDXFINANCE (-1,43%)
IDXCYCLIC (-1,53%)
IDXBASIC (-1,56%)
IDXNONCYC (-1,81%)
IDXHEALTH (-2,41%)


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

Source: Giphy

  • PT Garuda Indonesia ($GIAA) mengembalikan dua armada B737-800 NG kepada lessor lebih cepat dari seharusnya. Ini adalah upaya optimalisasi armada dengan mempercepat jangka waktu sewa.

  • Emiten perbankan Hary Tanoesoedibjo, PT Bank MNC Internasional Tbk ($BABP), masuk dalam radar pengawasan BEI akibat peningkatan harga saham di luar kebiasaan.

  • Direktur PT Blue Bird, Adrianto Djokosoetono, memborong saham $BIRD sebanyak 801.000 saham dalam empat kali transaksi.

  • Anak usaha $TLKM, Telkomsel, kembali luncurkan jaringan 5G serentak di lima kota, yakni Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Astrid Rahadiani Putri, Calvin Kurniawan
Editor: Theodore Henoch, Sarah Natassja, Almer Dzaki, Vivi Handoyo Lie, Michael Owen Kohana