🕵️ Kasus Pembobolan Maybank / by Stockbit Snips

Source: Kompas

Source: Kompas

ksdkmsadksd.PNG

Halo Stockbitor, 

Hari ini IHSG ditutup menguat 1,99% ke level 5.462. 👏 Hal ini juga beriringan dengan kenaikan bursa saham Amerika kemarin, yang bahkan juga mengakibatkan Dow Jones mencapai poin tertinggi dalam sejarah. 🟢

Indeks bursa AS lain nya seperti S&P 500 dan Nasdaq maupun indeks saham global seperti FTSE, Nikkei, Hang Seng juga bergerak serupa. 📈

Salah satu penyebab dari kenaikan ini adalah laporan yang keluar dari Pfizer mengenai efektivitas vaksin COVID-19 💉. Menurut penelitiannya, vaksin virus coronanya efektif 90% lebih dalam mencegah Covid-19 di antara relawan yang belum pernah terinfeksi sebelumnya. 👏


Berita Terkini: 

🕵️ Kasus Pembobolan Maybank

Kasus pembobolan dana nasabah Bank Maybank Indonesia ($BNII) buat seorang nasabah kehilangan uang sebesar 20,8 miliar.

Nasabah nya itu adalah atlet e-sport Winda D. Lunardi dan ibunya. Sedangkan, tersangka nya itu adalah Kepala Cabang Maybank Cipulir.

Saat ini pelaku yang berinisial AT ini udah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian, dan kalau memang dibuktikan salah, bisa saja nanti pelaku dijerat pasal perbankan dan pencucian uang yang ancaman pidana sampai 20 tahun.

Tapi, menurut Hotman Paris, yang jadi kuasa hukum Maybank, semuanya nggak se simpel itu.  Ia bahkan menduga bahwa ada  praktik bank dalam bank yang melibatkan nasabah itu sendiri yaitu, Winda D. Lunardi dan ibunya, Floleta. 

Beberapa kejanggalan yang disebut oleh Hotman adalah:

  • Winda atau pemilik rekening tidak mengambil buku tabungan dan kartu ATM dari awal buka rekening.

  • Dari awal buka rekening, buku tabungan dan kartu ATM dipegang oleh pimpinan cabang, dan nasabah nggak pernah komplain.

  • Pada rekening ibu dari Winda, Floleta bunga yang didapat (sebesar 7% per tahun) juga nggak dikirim ke rekeningnya, tapi ke rekening ayahnya, Herman.

  • Ada aliran dana yang dikirim ke Herman (ayah Winda) dari rekening pribadi Bank BCA pimpinan cabang Maybank.

  • Ada aliran dana Rp 6 miliar ke Prudential untuk beli polis atas nama Winda yang dilakukan oleh tersangka (pimpinan cabang Maybank).

  • 1 bulan kemudian, ada uang masuk dari Prudential ke rekening ayah Winda, sebesar Rp 4,8 miliar.

Oleh karena itu, Hotman bilang kalau kemungkinan ini adalah praktik bank dalam bank, adanya penggunaan uang nasabah di luar. Itu juga alasan Maybank serahin perkara ini ke penyidik.


🕷 #MusimLaba Emiten Konstruksi

Hari ini kita bakal bahas tentang emiten-emiten di sektor konstruksi, sektor yang sempat menjadi "sektor darling" nya Indonesia di awal pemerintahan Jokowi karena meningkatnya proyek infrastruktur secara masif.

Walau masing-masing perusahan konstruksi punya keunikan nya sendiri-sendiri, semua perusahaan konstruksi yang kita bahas ini mengalami penurunan laba, which means memang pandemi sangat berimbas.

Berikut merupakan laba perusahaan konstruksi dari awal tahun sampai bulan September 2020 (9M20 vs 9M19):
$WIKA Rp50.19m vs Rp1.35t
$ADHI Rp15.38m vs Rp351m
$PTPP Rp26.37m vs Rp519m
$TOTL Rp85.69m vs Rp143m
$WEGE Rp131m vs Rp303m
$WTON Rp54.92m vs Rp303m
$PPRE Rp16.29m vs Rp201m
$TOPS -Rp68.38m vs -Rp29.22m
$ACST -Rp753m vs -Rp752m

Penurunan ini umumnya disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Ditundanya beberapa proyek sehingga penyelesaian kontrak semakin lama, sehingga yang bisa diakui menjadi pendapatan lebih sedikit dan pendapatan turun

  • Nilai kontrak baru yang turun jauh dibandingkan dengan tahun 2019. New contract $WIKA, sebagai contoh turun dari 25,7T jadi 6,8T sampai bulan September 2020. Hal yang sama juga dirasakan oleh $ADHI yang kontrak baru nya turun dari 25,5T tahun lalu jadi 11,7T tahun ini.

  • Apabila dilihat, penurunan laba perusahaan kontruksi infrastruktur (seperti $WIKA, $ADHI, dan $PTPP) cenderung lebih drastis daripada perusahaan konstruksi bangunan (seperti $WEGE dan $TOTL).

    Salah satu penyebab nya adalah tinggi nya beban bunga yang ditanggung akibat tingkat hutang yang lebih tinggi dibandingkan kedua perusahaan konstruksi bangunan yang hampir tidak ada hutang.

    Karena pendapatan menurun drastis, proporsi beban bunga terhadap pendapatan meningkat pada perusahaan konstruksi infrastruktur sehingga semakin mengikis margin dan laba. Sebagai contoh, beban bunga $WIKA meningkat dari 4,7% dari pendapatan pada 9M19 menjadi 9,2% pada 9M20.


📰 Stockbit Snips: October 2020

Bulan lalu ada banyak banget kejadian, dari disahkannya UU Cipta Kerja (Omnibus Law), kelanjutan proses lelang Pelabuhan Patimban, Indonesia Battery Holding (IBH), konsolidasi bank syariah, kedatangan PM Jepang, sampai ditolaknya insentif PPnBM buat industri otomotif.

Mau refresh lagi ingatan kalian dan juga lihat kelanjutan proses nya?

Help us improve Stockbit Snips dengan isi form ini (cepet kok isinya) dan yup, semua yang isi form bakal dapat Snips October 2020. 🙏


Top Gainer hari ini:
$GIAA (+16,28%)
$BTPS (+13,11%)
$WSKT (+11,39%)
$WIKA (+10,36%)

Top Loser hari ini:
$MDKA (-5,85%)
$TBIG (-5,61%)
$PSAB (-5,36%)
$ANTM (-3,23%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berencana melakukan audit komprehensif terhadap dana penanganan Covid-19 karena serapan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang masih rendah.

  • Joe Biden dan Kamala Harris tetap melakukan transisi pemerintahan walaupun Presiden Donald Trump berencana melakukan gugatan hukum atas hasil pilpres.

  • Total kasus COVID-19 di Amerika Serikat tembus 10 juta, sekitar 20% dari total kasus dunia (50 juta).

  • Gudang Garam ($GGRM) buat anak usaha bisnis konstruksi bernama Surya Kertaagung Toll pada 6 November.