πŸ’¨ Bisnis Elektronik di Tengah Ketidakpastian Izin Impor / by Stockbit Snips

Source: Bisnis

Source: Bisnis

Capture-removebg-preview.png

Halo Stockbitor, 

Ulasan semiannual Indeks dunia, MSCI sudah keluar hasilnya. Hasilnya:

β€’ MSCI Global Standard Indexes List
Anggota yang masuk: $MDKA, $TOWR
Anggota yang keluar: $HMSP, $EXCL

β€’ MSCI Small Cap Indexes List
Anggota yang masuk: $BRIS, $CARE, $FREN, $TINS, $EXCL
Anggota yang keluar: $LPPF, $TAMU, $RALS, $SSMS

Apa implikasi dari masuk atau keluarnya sebuah saham dari indeks besar?
Masuknya saham ke indeks nggak merubah kualitas fundamental perusahaan, tapi dengan adanya sebuah saham di dalam sebuah indeks, itu bisa menarik fund manager besar untuk masuk ke saham itu. Ini karena beberapa fund manager ada peraturan yang bikin mereka cuma bisa invest di perusahaan-perusahaan dengan kriteria tertentu, yang masuk indeks misalnya. Tentunya, kalau banyak big fund masuk dan demand naik, harga saham juga bisa ikut naik.


Berita Terkini: 

πŸ’¨ Imbas Izin Impor AC

13 perusahaan berkeluh kesah mengenai Implementasi Permendag No. 68/2020 yang berimbas pada impor elektronik serta produk alas kaki dan sepeda roda dua. Beberapa perusahaan tersebut adalah Samsung, Toshiba, Daikin, Chang Hong, Midea, dan Mitsubishi. 

Tujuan dari peraturan ini adalah untuk menekan impor dan memproteksi pemain domestik. Dengan adanya peraturan ini, importir harus punya persetujuan impor (PI) dan laporan surveyor (LS) dari Kemendag. 

Tapi, sampai saat ini perusahaan yang bergerak di bidang pendingin ruangan (AC) mengatakan bahwa surat persetujuan impor (PI) sudah tertahan selama lebih dari 2 bulan di Kemendag. Hal ini dikarenakan belum ada jangka waktu penyelesaian yang ditentukan.  

Tentunya,  banyak pemain yang jadi merugi karena tidak bisa memenuhi kebutuhan proyek tender pemerintah ataupun swasta. Bahkan, Sharp Electronics Indonesia terancam kehilangan potensi penjualan sebesar 100 Miliar rupiah. 

Menurut beberapa pemain di industri, hal ini juga dikarenakan tidak adanya periode tenggang yang diberikan kepada pemain, yang bisa dimanfaatkan pemain untuk menanggapi perubahan ini, dengan membangun pabrik di Indonesia, misalnya.

Hal ini juga mengakibatkan peningkatan harga AC karena semakin menurunnya stok yang ada. Hal ini karena 80% dari pasar AC Indonesia merupakan produk impor, yang kurang lebih setengahnya datang dari China.

Pemerintah Jepang juga bersuara mengenai hal ini dan bahkan mengatakan bahwa  perubahan kebijakan yang mendadak bisa berimbas pada niat investor Jepang dalam menanamkan modal di Indonesia


πŸ•· #MusimLaba Erajaya

Erajaya itu distributor dan peritel gadget πŸ“± (HP, tablet), produk internet of things (IoT) sampai aksesoris. Toko ritel nya itu ada yang jual banyak brand didalamnya seperti Erafone, tapi ada juga yang cuma jual satu brand misalnya Mi Store, iBox, atau Samsung Store. Selain itu, juga ada toko yang bersifat joint business seperti di Electronic City, Carrefour, ataupun Giant.

Performa Erajaya kuartal ini
Sampai 9M20, net income $ERAA berhasil meningkat 78,2% dibanding tahun sebelumnya walaupun penjualan turun 1,9%.

Beberapa highlight dari performa tahun ini:

  • Semakin tingginya rata-rata harga jual unit (ASP / average selling price), naik dari 1,87 juta tahun lalu jadi 2,39 juta tahun ini, tapi jumlah volume yang dijual turun 26% dari 9,76 juta unit jadi 7,25 juta unit. Kenaikan ASP juga didorong karena turunnya proporsi penjualan feature phone yang harga jual nya hanya di level 400-600 ribu rupiah. Yang dimaksud dari feature phone itu adalah HP yang penampakannya jadul (keypad nya dari 1 sampe 9) tapi ada fitur-fitur smartphone seperti kemampuan akses internet, jadi bisa dibuat nonton youtube, buka IG dan WA.

  • Margin laba kotor (GPM) perusahaan berhasil meningkat dari 7,8% tahun lalu jadi 9,4% tahun ini.

  • Biaya keuangan turun 47% yoy, alhasil margin laba bersih (NPM) meningkat dari 0,7% jadi 1,3%.

Memang, di Q3 ini $ERAA berhasil mengalami peningkatan signifikan setelah di Q2 kurang lebih ada 300 outlet (dari sekitar 1.085) yang ditutup (April 2020 sampai pertengahan Juni 2020).

Dengan kembalinya dibuka outlet dan juga adanya dibuka beberapa outlet baru selama Q3, penjualan $ERAA naik 31% dibanding Q2 2020 sedangkan laba naik 1.595% (yup, naik 15x lipat). Beberapa faktor lain yang membantu pemulihan performa adalah penjualan online, efektivitas peraturan IMEI yang semakin menurunkan penjualan HP ilegal, serta masih dibukanya beberapa toko joint-business bahkan di saat PSBB seperti Carrefour, Giant.

In other news, pada Q2 kemarin, $ERAA juga melakukan akuisisi pada Face Shop, perusahaan yang bergerak di bidang skin care πŸ’„ dan body care pada bulan Mei 2020 kemarin. Transaksi itu juga bisa dibilang steal deal sih, soalnya harga beli nya kira-kira cuma 3x dari laba perusahaan nya tahun kemarin.


πŸ‘¨β€πŸ’Ό #WisdomWednesday Peter Lynch 

Peter-Lynch-world-top-investors.jpg

Peter Lynch lahir tahun 1944 dan merupakan manager dari Magellan Fund nya Fidelity Investments dari tahun 1977 sampai 1990. Selama periode 13 tahun itu, jumlah asset under management (AUM) bertambah dari 18 juta USD jadi 14 miliar USD, membuat rekor baru sebagai reksa dana dengan performa terbaik.

Here are some of his wisest quotes:

"Owning stocks is like having children – don’t get involved with more than you can handle."

"You have to say to yourself, β€œIf I’m right, how much am I going to make? If I’m wrong, how much am I going to lose?” That’s the risk/reward ratio."

"Know what you own, and know why you own it."

"The key to making money in stocks is not to get scared out of them."

"If you don’t study any companies, you have the same success buying stocks as you do in a poker game if you bet without looking at your cards."


Top Gainer hari ini:
$TINS (+15,38%)
$SMBR (+7,69%)
$TLKM (+7,69%)
$BJBR (+7,32%)

Top Loser hari ini:
$HMSP (-4,98%)
$MIKA (-4,96%)
$LPPF (-4,37%)
$TBIG (-4,20%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Sinarmas Land bersama dengan Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport & Urban Development (JOIN) membuat joint venture baru dengan kepemilikan 50% untuk masing-masing pihak. JV ini fokus di proyek infrastruktur dan TOD (transit oriented development).

  • Indonesia menentukan harga acuan minyak (Indonesian Crude Price / ICP) di harga 38,07 USD untuk bulan Oktober, naik dari 37,43 USD pada bulan sebelumnya.

  • Partner Bukit Asam ($PTBA) pada proyek gasifikasi adalah Pertamina dan Air Products and Chemicals Inc. Penandatanganan proyek akan terjadi di bulan November ini. Jumlah batubara yang dipakai untuk proyek ini sebanyak 6 juta ton per tahunnya yang akan dikonversi menjadi 1,4 juta ton DME.