🏒 Bukit Algoritma, Silicon Valley Ala Indonesia / by Stockbit Snips

Source: Eksbis Indonesia

Source: Eksbis Indonesia

unnamed (4).png

Halo Stockbitor, 

Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Amarta Karya dan Kliniku Bintang Raya untuk menggarap proyek Bukit Algoritma sebagai bagian dari pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di wilayah Sukabumi. Bukit Algoritma sering disebut sebagai "Silicon Valley ala Indonesia" karena bertujuan untuk membangun sentra pengembangan riset, teknologi, dan industri 4.0 di Indonesia. Proyek ini akan dibangun di lahan seluas 888 hektar di kawasan Cikidang dan Cibadak.

Menariknya, proyek dengan total anggaran 18 triliun rupiah ini tidak akan menggunakan dana sepeser pun dari APBN. Bahkan, sudah ada satu negara dari Amerika Utara yang telah menyatakan komitmennya untuk menjadi investor proyek ini. Selain itu, adapun beberapa negara di kawasan Eropa Barat, Timur Tengah, dan Asia yang turut menyatakan minatnya untuk menjadi investor. Salah satu negara Asia tersebut berminat untuk menanamkan modal dengan nilai investasi sebesar dua ratus juta euro atau setara 3,5 triliun rupiah.

Sebelum Sukabumi, beberapa lokasi yang sempat dikabarkan akan dijadikan Silicon Valley Indonesia antara lain Malang, Yogyakarta, Bumi Serpong Damai (BSD), dan Meikarta.

In other news, gempa berkekuatan magnitudo 6,1 SR mengguncang Kabupaten Malang merenggut delapan korban jiwa dan menyebabkan tiga orang luka berat, serta merusak lebih dari seribu pemukiman warga di lima belas kabupaten dan kota di Jawa Timur.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Tiongkok denda Alibaba 40,6 triliun rupiah

Source: Financial Times

Source: Financial Times

Tiongkok: Pemerintah Tiongkok mendenda Alibaba senilai 40,6 triliun rupiah dengan tudingan adanya perilaku monopoli pasar berlebih disertai dengan penyalahgunaan data konsumen. Pasalnya, Alibaba kerap melarang pedagang untuk menjual produknya di platform lain. Dalam pernyataan resminya, pihak Alibaba menyatakan telah menerima dan akan mematuhi keputusan tersebut.

Britania Raya: Suami dari Ratu Elizabeth II, Pangeran Phillip, tutup usia di usia 99 tahun pada Jumat (09/04) kemarin. Beliau telah mengalami masalah kesehatan jantung selama satu bulan sebelum menghembuskan nafas terakhirnya di Kastil Windsor, sesuai dengan permintaannya. Pangeran Philip akan dimakamkan pada 17 April 2021 di Kapel St. George.

Korea Selatan: Setelah menghentikan penggunaan vaksin Astra-Zeneca pada Rabu (07/04) kemarin, Pemerintah Korea Selatan akhirnya memutuskan untuk melanjutkan penggunaan vaksin tersebut. Vaksin ini hanya boleh diberikan pada kelompok usia 30 hingga 60 tahun karena adanya potensi efek samping pembekuan darah pada kelompok usia lain.

St. Vincent: Meletusnya gunung La SoufriΓ©re pada Jumat (09/04) kemarin menyebabkan enam belas ribu warga terpaksa melakukan evakuasi karena adanya hujan abu. Erupsi ini juga berdampak pada negara sekitarnya, antara lain Barbados dan St. Lucia, yang turut mengalami penurunan kualitas udara karena adanya gas berbahaya.

Uni Emirat Arab: Program astronot Mohammed Bin Rashid (MBR) milik Uni Emirat Arab mencatat sejarah dengan mengumumkan Noura Al-Matrooshi sebagai astronot perempuan pertama di negaranya. Al-Matrooshi merupakan satu dari dua kandidat terpilih dari empat ribu orang yang mendaftar di program tersebut.


 πŸ•· #MusimLaba Metrodata Electronics

Source: Trenteknologi

Source: Trenteknologi

Metrodata Electronics ($MTDL) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Perusahaan memiliki unit bisnis yaitu bisnis solusi dan konsultasi layanan digital, serta bisnis distribusi hardware dan software. Beberapa produk ternama yang didistribusikan perusahaan adalah Asus, Lenovo, Dell, dan Razer Gaming Gear & Peripherals.

Pada tahun 2020, Metrodata Electronics mengalami penurunan pendapatan sebesar 7,0% menjadi 14 triliun rupiah dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun demikian, perusahaan mencatatkan laba bersih sebesar 364,9 miliar rupiah atau meningkat 2,2% dari tahun sebelumnya.

Kenaikan laba bersih ini dipicu oleh kelangkaan produk TI, khususnya notebook, yang mendukung kenaikan harga pasar sehingga perusahaan mengalami peningkatan margin laba di unit bisnis distribusi. Tidak hanya itu, kenaikan laba bersih ini juga dipicu oleh meningkatnya penjualan di segmen bisnis solusi dan konsultasi layanan digital. Pasalnya, segmen ini berkontribusi sebesar 25%, naik 3% dari tahun sebelumnya hingga melebihi kontribusi dari unit bisnis distribusi.


 πŸ“œ DPR RI Sahkan UU IE-CEPA

Source: Kontan

Source: Kontan

Pemerintah Indonesia resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Indonesia-EFTA Comprehensive Partnership Agreement (IE-CEPA) pada Rapat Paripurna Dewan DPR RI Jumat (09/04) lalu.

Apa tuh?

IE-CEPA adalah perjanjian kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan kelompok negara European Free Trade Association (EFTA) yang beranggotakan Islandia, Listenstania, Norwegia, dan Swiss. Perjanjian ini merupakan perjanjian ekonomi komprehensif pertama yang terjalin antara Indonesia dan negara di benua Eropa yang sudah dimulai sejak tahun 2005.

Wah, lama banget! Emangnya perjanjian ngebahas apa aja, sih?

Perjanjian ini mencakup perdagangan barang dan jasa, investasi, perlindungan hak kekayaan intelektual, pengadaan barang dan jasa pemerintah, serta kerja sama dan pengembangan kapasitas. Melalui perjanjian ini, Indonesia diharapkan dapat meningkatkan ekspor, investasi, dan akses pasarnya ke benua Eropa. Selain itu, IE-CEPA juga diharapkan dapat meningkatkan sentimen positif terhadap minyak kelapa sawit dan membuat sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) diterima oleh Swiss.

Okay, now what?

Setelah disahkannya RUU IE-CEPA, pemerintah akan menyusun Peraturan Menteri Keuangan tentang tata cara pengenaan dan penetapan tarif bea masuk dan Peraturan Menteri Perdagangan tentang ketentuan surat keterangan asal. Kedua peraturan tersebut akan berperan sebagai peraturan pendukung dalam implementasi IE-CEPA ke depannya.


πŸ’°What to watch for: This Week 

Beberapa data ekonomi yang akan rilis minggu ini:

  • Amerika Serikat: Tingkat inflasi dan inflasi inti pada bulan Maret 2021 (Selasa)

  • Tiongkok: Tingkat ekspor dan impor pada bulan Maret 2021 (Selasa)

  • Spanyol: Tingkat inflasi pada bulan Maret 2021 (Rabu)

  • Korea Selatan: Tingkat pengangguran pada bulan Maret 2021 (Rabu)

  • Australia: Tingkat inflasi dan inflasi inti bulan Maret 2021 (Kamis)

  • India: Tingkat ekspor dan impor pada bulan Maret 2021 (Kamis)

  • Italia: Angka neraca perdagangan pada bulan Februari 2021 (Jumat)

Saham Top Gainer hari ini:
$MAIN (+3,05%)
$CPIN (+1,08%)
$PPRE (+0,99%)
$TBIG (+0,95%)

Saham Top Loser hari ini:
$CTRA (-6,96%)
$INKP (-6,95%)
$PWON (-6,92%)
$BBTN (-6,92%)

Performa sektor hari ini:
AGRI (-0,67%)
FINANCE (-1,70%)
TRADE (-1,76%)
BASIC-IND (-1,95%)
INFRASTRUCTURE (-1,96%)
CONSUMER (-2,23%)
MINING (-2,39%)
MISC-IND (-3,07%)
PROPERTY (-3,45%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire.gif
  • Pada tahun 2021, Sido Muncul ($SIDO) telah menyiapkan capex senilai 135 miliar rupiah untuk ekspansi manufaktur, terkhusus fasilitas mesin Cairan Obat Dalam (COD) 2, penambahan fasilitas mesin-mesin ekstraksi, distilasi, serta biaya perawatan mesin.

  • Wijaya Karya Bangunan Gedung ($WEGE) menandatangani nota kesepahaman dengan Bobobox Mitra Terpadu dalam rangka pengembangan akomodasi berbasis sistem konstruksi modular. Hal ini akan dilakukan di berbagai destinasi dan spot wisata strategis.

  • Indika Energy ($INDY) membangun proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di wilayah Paser, Kalimantan Timur. Pembangunan ini bertujuan untuk mengembangkan sektor energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia.

  • Elnusa ($ELSA) telah kantongi kontrak kerja senilai 5,2 triliun rupiah di awal tahun 2021. Kontrak kerja tersebut bergerak di bidang jasa hulu migas dan sumur migas di beberapa area Pertamina Group.


Penulis: Sarah Natassja
Editor: Calvin Kurniawan, Almer Dzaki, Theodore Henoch, Michael Owen Kohana