πŸ“‰ BI Revisi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia / by Stockbit Snips

13 Juli 2021
Photo by: Central Banking

Photo by: Central Banking

Daily Market Performance πŸš€

IHSG

6.012

-1,09%

Coal

136,65

-0,06%

Crude Oil

74,66

+0,74%

Gold

1.808

+0,12%

CPO

4.039

+0,62%

Nickel

18.676

-0,50%

πŸ‘‹ Stockbitor!

Bank Indonesia (BI) merevisi proyeksi pertumbuhan Indonesia menjadi 3,8% untuk tahun 2021, dari yang sebelumnya berada di kisaran 4,1% - 5,1%

Perry Warjiyo, selaku Gubernur Bank Indonesia, menyampaikan bahwa revisi ini dilakukan sejalan dengan berlakunya PPKM Darurat sejak tanggal 3 Juli lalu. Angka 3,8% yang menjadi acuan BI didasari oleh asesmen yang dilakukan pihaknya. Proyeksi ini didapatkan dengan menggunakan asumsi bahwa PPKM Darurat ini dilakukan selama 1 bulan dan dapat berhasil meredakan angka Covid-19 dengan baik.

Selain itu, tingkat inflasi tahun 2021 juga diperkirakan akan berada di bawah titik tengah target BI, yaitu 3%. Meskipun demikian, pihak BI akan terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menjaga stabilisasi nilai tukar Rupiah

Di sisi lain, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengumumkan bahwa terdapat skenario di mana PPKM Darurat berlangsung hingga 6 minggu. Tujuannya adalah untuk menekan angka penyebaran Covid-19. 

Key Takeaway

Proyeksi BI atas pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 3,8% menggunakan asumsi PPKM Darurat berlangsung 1 bulan. Sedangkan apabila PPKM Darurat berlangsung mengikuti skenario 6 minggu, angka pertumbuhan ekonomi berpotensi direvisi ulang.


World News

🌏 Pajak Digital EU Resmi Ditunda

Photo by:AP News

Kabar terkini dari mancanegara:

Kabar terkini dari mancanegara:

Uni Eropa: Komisi Eropa telah memutuskan untuk menunda penerapan pajak digital di Uni Eropa dan lebih berfokus pada kesepakatan pajak global yang akan ditentukan pada Oktober 2021. (WSJ)

Irak: Kebakaran yang disebabkan oleh meledaknya tangki oksigen di sebuah rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 di Irak Selatan setidaknya memakan 50 korban jiwa. (Kompas)

Swiss: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau negara kaya untuk tidak memesan suntikan penguat (booster) vaksin Covid-19. Tujuannya adalah untuk mengurangi kesenjangan dalam jumlah vaksin yang diterima atau dimiliki secara global. (Kontan)

Vietnam: Produsen mobil pertama asal Vietnam, VinFast, resmi membuka kantor di Eropa dan Amerika Utara. Manajemen berharap permintaan dari kedua wilayah ini dapat melambung tinggi, khususnya terhadap mobil listrik buatannya. (Reuters)


Musim Laba Q1 2021

πŸ•·οΈ IPCC &TMPO

Photo by: Susan Q Yin via Unsplash

Selama Q1 2021, terdapat beberapa perusahaan yang mengalami penurunan performa apabila dibandingkan dengan Q1 2020. Beberapa contoh di antaranya adalah::

  • $IPCC: Laba bersih Indonesia Kendaraan Terminal turun 12,3%. Hal ini didorong oleh penurunan pendapatan (-3,2%). Penurunan ini didukung oleh penurunan segmen pendapatan utama, yaitu pelayanan jasa terminal (93% dari total pendapatan) yang berasal dari kegiatan bongkar muat kargo dan penumpukan. (IDX)

  • $TMPO: Kerugian Tempo Inti Media membaik dari 7,6 miliar menjadi 2 miliar rupiah walaupun pendapatan turun 18,3%. Penurunan pendapatan terjadi akibat adanya penurunan pendapatan dari penjualan majalah, jasa penyelenggara acara, koran, dan iklan. Namun, efisiensi beban usaha dari 22 miliar menjadi 12 miliar rupiah membantu mendongkrak performa perusahaan. (IDX)

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit


Berita Lainnya

😷 Anggaran Perawatan Pasien Covid-19 Ditambah 11,97 Triliun

Photo by: Kompas

Menteri Sri Mulyani Indrawati mengumumkan bahwa pemerintah telah menambahkan anggaran untuk pembayaran klaim pasien Covid-19 tahun ini sebanyak 11,97 triliun rupiah. Langkah ini diambil seiring dengan melonjaknya kasus harian positif Covid-19. 

Selain itu, Sri Mulyani juga mengutarakan bahwa program insentif tenaga kesehatan (nakes) telah diperpanjang, dari sebelumnya akan selesai pada bulan Juli 2021, menjadi hingga akhir tahun ini. Menurutnya, sejak awal Januari 2021 hingga 9 Juli 2021, pihaknya telah membayarkan insentif kepada kepada 375 ribu nakes dengan total dana sebesar 2,9 triliun rupiah.


Saham Top Gainer Hari Ini πŸ”₯

$KAEF

+11,43%

$ICBP

+3,51%

$PPRE

+3,61%

$TKIM

+3,28%

Saham Top Loser Hari Ini πŸ€•

$ASSA

-5,72%

$MNCN

-4,07%

$IPTV

-4,93%

$BFIN

-4,05%

Performa Sektor Hari Ini πŸ“Š


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

  • Cikarang Listrindo ($POWR) berencana terbitkan surat utang global (global bond) sebesar 8,7 triliun rupiah. Nantinya, surat utang ini ditawarkan khusus hanya untuk investor asing.

  • Kimia Farma ($KAEF) menunda berjalannya vaksinasi Gotong Royong Individu yang harusnya dimulai Senin (12/7) kemarin. Penundaan ini disebabkan oleh banyaknya pertanyaan dari masyarakat ke manajemen.

  • Pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan untuk men-suspensi perdagangan saham Tira Austenite ($TIRA) akibat kenaikan harga kumulatif yang signifikan.

  • Merdeka Copper Gold ($MDKA) mengeluarkan total dana senilai 90,5 miliar rupiah untuk mengeksplorasi Pani di Gorontalo, Tujuh Bukit di Jawa Timur, dan Pulau Wetar di Maluku Barat Daya.


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

πŸ“š Bukalapak, Wujud New Economy Saat Ini

Photo by: stockbit

β€œBisnis perusahaan rintisan milenial saat ini hanya memiliki sedikit aset berwujud dan lebih banyak memiliki intangible asset. Aset ini tidak bisa dijaminkan ke bank untuk mendapatkan suntikan modal tetapi valuasi bisnis perusahaan rintisan bisa mengalahkan perusahaan yang sudah berdiri puluhan tahun."
Investorfrompky-.

Fenomena pergeseran model bisnis dan munculnya jenis aset baru perusahaan pada era digital hingga kabar IPO Bukalapak dibahas tuntas oleh InvestorfromPky. Yuk cek post selengkapnya di sini.

Sekilas Tentang @Investorfrompky
Investorfrompky dikenal sebagai seorang investor yang gemar membagikan cerita inspiratif, baik berkaitan dengan keseharian maupun berinvestasi saham di Stream Stockbit. Selain berbagi cerita inspiratif, beliau juga aktif berbagi ilmu investasi saham baik untuk pemula hingga level expert. Kamu bisa temukan cerita menarik lainnya dari Investorfrompky di sini.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Michael Owen Kohana, Calvin Kurniawan
Editor: Almer Dzaki, Vivi Handoyo Lie, Sarah Natassja, Astrid Rahadiani Putri