πŸ˜ƒ Pembebasan Pajak Impor Barang Medis / by Stockbit Snips

14 Juli 2021
Photo by: Detik Finance

Photo by: Detik Finance

Daily Market Performance πŸš€

IHSG

5.979

-0,55%

Coal

141,22

+3,34%

Crude Oil

74,81

-0,58%

Gold

1.814

+0,39%

CPO

4.110

+0,24%

Nickel

18.768

+0,50%

πŸ‘‹ Stockbitor!

Menteri Keuangan Sri Mulyani resmi membebaskan pajak impor atas barang-barang medis yang terkait dengan penanganan pandemi Covid-19. Aturan ini dirumuskan dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Terdapat lima kelompok barang yang termasuk ke dalam skema ini:

  1. Peralatan medis dan kemasan oksigen

  2. Test kit dan reagen laboratorium (PCR test)

  3. Virus transfer media

  4. Obat-obatan

  5. Alat pelindung diri (APD), termasuk masker N95

Aturan ini memuat ubahan dan tambahan barang medis yang dikenakan bebas pajak impor di kelima kelompok tersebut. Menurut Sri Mulyani, pembebasan ini akan bermanfaat dalam mengantisipasi lonjakan kebutuhan barang-barang yang vital dalam penanganan Covid-19. Selain itu, aturan ini akan memberi kepastian hukum dalam pemberian fasilitas kepabeanan, sehingga terjadi percepatan dalam pelayanan impor.

In other newstambahan vaksin keluaran AstraZeneca sebanyak 3.476.000 dosis kembali tiba di Bandara Soekarno-Hatta (13/7). Vaksin ini didapat secara gratis melalui jalur multilateral Covax. Dengan tambahan tersebut, hingga saat ini Indonesia telah memperoleh 14.704,860 dosis melalui skema multilateral.

Key Takeaway

Dalam beberapa hari terakhir, pemerintah berupaya mengakselerasi penanganan pandemi secara preventif (penambahan suplai vaksin) dan kuratif (pembebasan bea impor barang medis). Harapannya tingkat kesembuhan akan naik, okupansi tempat tidur rumah sakit menurun, serta pertumbuhan kasus baru dapat ditekan.


World News

🌏 Harga Mobil Bekas Dorong Inflasi AS

Photo by:The Guardian

Kabar terkini dari mancanegara:

Prancis: Google dijatuhi denda oleh Badan Antimonopoli Prancis sebesar 500 juta euro terkait pelanggaran hak cipta terhadap sejumlah kantor berita. (Kompas)

Tiongkok: Goldman Sachs dan New Ease (pengembang properti logistik) membeli sejumlah gudang di kota-kota besar Tiongkok. Aset tersebut akan dijadikan fasilitas logistik e-commerce. (MarketWatch)

 Amerika Serikat: Tingkat inflasi bulan Juni 2021 mencapai 5,4% YoY, tertinggi dalam 13 tahun. Hal ini utamanya didorong oleh kenaikan harga mobil bekas sebesar 10,5% YoY. (The Guardian)

Sumitomo Mitsui Financial Group (SMFG) berencana membeli 5% saham investment bank AS, Jefferies Financial Group, guna memperkuat bisnis sekuritas SMFG di AS. (Nikkei)


Musim Laba Q1 2021

πŸ•·οΈ MDIA & VIVA

Photo by: Susan Q Yin via Unsplash

Selama Q1 2021, perusahaan media Grup Bakrie mengalami kenaikan performa apabila dibandingkan dengan Q1 2020. Beberapa di antaranya adalah:

  • $VIVA: Kerugian Visi Media Asia membaik dari 964 miliar menjadi 156 miliar rupiah. Hal ini terjadi walaupun pendapatan turun 4,2%. Penyebab utama penurunan pendapatan ini adalah penurunan pendapatan segmen utama perusahaan yaitu pendapatan dari iklan sebesar 4,48%. Namun, efisiensi beban usaha (-11,5%) serta turunnya kerugian selisih kurs (-78,5%) mendongkrak performa perusahaan. (IDX)

  • $MDIA: Kerugian anak usaha VIVA, Intermedia Capital membaik dari 313 miliar menjadi 47 miliar rupiah. Hal ini terjadi walaupun pendapatan turun 2,3%. Namun, efisiensi beban usaha (-11,5%) serta turunnya kerugian selisih kurs (-78,4%) mendongkrak performa perusahaan. (IDX)

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit


Berita Lainnya

β‚Ώ Apple Ikuti Jejak Tesla di Bitcoin?

Photo by: ETF Trends

Sejumlah media luar negeri memberitakan desas-desus online bahwa Apple akan menginvestasikan uang jumbo ke dalam Bitcoin, jumlahnya mencapai 2 miliar dolar AS. Nilai ini kurang lebih setara dengan 1% kas yang dimiliki Apple. Jika ini terjadi, maka Apple seperti mengikuti jejak Tesla yang telah lebih dulu berinvestasi besar-besaran dalam bentuk Bitcoin.

 Terdapat beberapa indikasi yang menyebabkan gosip ini semakin panas. Steve Wozniak, Co-Founder Apple, menyebut Bitcoin sebagai sebuah keajaiban matematika, yang bahkan lebih baik dari emas. Selain itu, belum lama ini Apple juga membuka lowongan sebagai kepala business development manager untuk "alternative payment."

 Namun, hingga saat ini belum terdapat komentar resmi dari Apple perihal isu ini.


Saham Top Gainer Hari Ini πŸ”₯

$KAEF

+6,06%

$JSMR

+3,25%

$ITMG

+3,83%

$ASSA

+3,07%

Saham Top Loser Hari Ini πŸ€•

$LPPF

-6,70%

$RALS

-5,38%

$APLN

-6,15%

$PWON

-4,65%

Performa Sektor Hari Ini πŸ“Š


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

  • Acset Indonusa ($ACST) menargetkan pendanaan 1,5 triliun rupiah melalui private placement kepada grup Astra ($ASII). Dana tersebut akan digunakan untuk membayar utang kepada United Tractor ($UNTR) dan modal kerja.

  • Waskita ($WSKT) akan mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar 7,9 triliun rupiah pada semester II 2021 untuk menyelesaikan pembangunan 7 ruas tol Trans Jawa dan Sumatera.

  • Kimia Farma ($KAEF) akan melakukan rights issue melalui skema Obligasi Wajib Konversi (OWK) untuk mendukung transformasi digital perusahaan dari hulu sampai hilir.  

  • Adhi Karya ($ADHI) berencana terbitkan obligasi senilai 673,5 miliar rupiah dalam dua seri, dengan bunga masing-masing 7,5% dan 9,5%. Dana tersebut akan digunakan untuk belanja aset tetap, refinancing, dan modal kerja.


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

πŸ“š Bukalapak, the new investing game?

Photo by: stockbit

"Jadi berbeda dengan value investing di mana anda konservatif, di digital harus melihat ending sempurnanya. Karena hanya dari sana, anda bisa tau worth the risk kaga?." - Tomhardi-.

Fenomena startup dari sudut pandang tomhardi sebagai konsultan startup dan bisnis digital dikupas tuntas secara menarik yang bisa kamu temukan selengkapnya di sini.

Sekilas Tentang @Tomhardi

Tomhardi adalah investor saham dengan passion di ekonomi makro dan mikro serta psikologi pasar. Konsultan startup dan bisnis digital ini percaya bahwa investasi adalah sebuah seni dan berbagi ilmu dan pengalaman di komunitas yang baik adalah cara yang efektif untuk pembelajaran investasi saham. Tulisan menarik dari beliau lainnya bisa kamu temukan di sini.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Almer Dzaki, Calvin Kurniawan
Editor: Sarah Natassja, Vivi Handoyo Lie, Michael Owen Kohana, Astrid Rahadiani Putri