🏦 Kelanjutan Bank Digital BCA / by Stockbit Snips

13 Agustus 2021
Photo by: : KoinWorks

Photo by: : KoinWorks

Daily Market Performance πŸš€

IHSG

6.139

-0,00%

Coal

171,25

+0,03%

Crude Oil

68,51

-0,84%

Gold

1.756

+0,23%

CPO

4.530

+0,00%

Nickel

19.659

+1,63%

Presiden Direktur BCA ($BBCA), Jahja Setiaatmadja, menyebut bahwa saat ini perusahaan tengah menyiapkan initial public offering (IPO) anak usahanya Bank Digital BCA. Saat ini, perusahaan sedang melakukan persiapan untuk satu tahun ke depan guna melancarkan IPO tersebut.

Adapun hal-hal yang sedang dimatangkan ialah mulai dari penerapan teknologi digital, produk yang ditawarkan, hingga merekrut sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di bidang IT, termasuk menggandeng beberapa merchant untuk bekerja sama dalam ekosistem Bank Digital BCA.


Belum diketahui kapan pastinya IPO ini akan terwujud. Namun, Jahja mengatakan bahwa potensi IPO ini membutuhkan waktu selama satu hingga dua tahun dan menyesuaikan dengan dinamika pasar di ekonomi mendatang.

Bank Digital BCA sendiri adalah layanan perbankan digital yang beroperasi tanpa cabang. Cara kerjanya mirip seperti layanan perbankan Jenius milik BTPN, Digibank milik DBS dan TMRW milik UOB, yang mengutamakan layanan keuangan secara online.

Key Takeaway

Meningkatnya digitalisasi di banyak sektor turut meningkatkan kebutuhan transaksi keuangan secara digital di masyarakat. Kehadiran bank digital ini juga akan semakin melengkapi kekuatan bank-bank konvensional yang sudah ada dan membantu penguatan ekonomi Indonesia.


Berita Korporasi

πŸ“‘ XL Axiata Dapat Izin Jualan 5G

Photo by: Recharge
  • $EXCL: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerbitkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) untuk XL Axiata dalam mengoperasikan layanan teknologi 5G di Indonesia. XL mendapat izin untuk uji coba layanan di Margonda, Depok, pada 3 hingga 5 Agustus.

  • $GIAA: Anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk, PT Citilink Indonesia, akan masuk dalam Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata (Indonesia Aviation and Tourism Holding Co). Dengan begitu, Citilink akan menggantikan induknya yang saat ini masih dalam proses restrukturisasi atas sejumlah kewajiban kepada para kreditornya.

  • $WSKT: PT Waskita Karya akan merilis obligasi pada September mendatang sebesar 5,6 triliun rupiah. Selain itu, WSKT juga akan menggelar rights issue senilai Rp 11,9 triliun, di mana sebesar Rp 7,9 triliun di antaranya merupakan penyertaan modal negara (PMN).

  • $SHIP: PT Sillo Maritime Perdana Tbk membukukan pendapatan Rp 1,23 triliun. Dengan demikian, perusahaan akan membagikan dividen sebesar 95 miliar rupiah atau 35 rupiah per saham yang akan dilakukan pada bulan September 2021.


Musim Laba Q2 2021

πŸ•·οΈ RANC & MTDL

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit

Selama April sampai dengan Juni 2021 (Q2 2021), beberapa perusahaan  mengalami perubahan performa apabila dibandingkan dengan Q2 2020. Berikut adalah rinciannya:

  • $RANC: Laba bersih Supra Boga Lestari terkoreksi sebesar 58,6% pada Q2 2021 (YoY). Hal ini disebabkan oleh turunnya pendapatan (-7,9%) dan peningkatan beban penjualan (+7,9%).

    Dengan demikian, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan tergerus 67,1% menjadi 17 miliar rupiah. Penurunan ini didorong oleh menurunnya penjualan di area barat (-5,8%) dan area timur (-10,6%). Selain itu, naiknya beban gaji dan tunjangan (+6,7%) dan administrasi kantor (+5,5%) juga ambil peran dalam turunnya laba perusahaan. (IDX)

  • $MTDL: Laba bersih Metrodata Electronics meningkat sebesar 96,2% pada Q2 2021. Hal ini didorong oleh pendapatan (+35,1%).

    Dengan demikian, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan naik 55,6% menjadi 243 miliar rupiah. Kenaikan ini didukung oleh meningkatnya penjualan perangkat keras (+6,5%), perangkat lunak (+6,67%), dan jasa dan sewa (+40,2%). Selain itu, penurunan beban usaha akibat pengembalian pajak (-73,1%) juga memberi andil dalam peningkatan laba perusahaan. (IDX)


Saham Top Gainer Hari Ini πŸ”₯

$DSNG

+8,65%

$SSMS

+4,85%

$AKRA

+5,08%

$LPPF

+4,46%

Saham Top Loser Hari Ini πŸ€•

$ERAA

-4,58%

$AGII

-3,40%

$MCOR

-4,17%

$PNBN

-3,11%

Performa Sektor Hari Ini πŸ“Š


Other News

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

  • World Health Organization (WHO) mengumumkan uji coba tiga obat anti-inflamasi untuk Covid-19, yaitu artesunate, imatinib, dan infliximab. Uji coba ini melibatkan ribuan peneliti dari 600 rumah sakit di 52 negara, termasuk di Indonesia.

  • Indonesia kembali menerima bantuan medis terkait penanganan Covid-19. Kali ini bantuan datang dari Singapura yang memberikan 12.505 oxygen concentrators (OC) dan 6.000 nasal cannulas.

  • Adidas akan menjual Reebook ke perusahaan ritel AS, Authentic Brand Group. Perusahaan akan melepaskan brand sepatu olahraga tersebut dengan harga 2,5 miliar AS.


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

πŸ€” Haruskah Bahagia Jika Harga Saham Jatuh?

Photo by: stockbit

"Banyak yang mengaku dirinya value investor tetapi mengambil keputusan berdasarkan price actions dan bukan berdasarkan perubahan fundamental perusahaan. Tapi bukankah harga saham bagus dan murah yang kita beli bisa saja turun dalam?" β€” Thowilz

Beberapa tips menjadi value investor handal dalam menanggapi penurunan harga saham dapat kamu temukan di sini.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Astrid Rahadiani Putri
Editor: Almer Dzaki, Vivi Handoyo Lie, Sarah Natassja, Michael Owen Kohana, Calvin Kurniawan