πŸ›©οΈ Air Asia Perpanjang Hiatus Terbang / by Stockbit Snips

12 Agustus 2021
Photo by: : Eva Darron via Unsplash

Photo by: : Eva Darron via Unsplash

Daily Market Performance πŸš€

IHSG

6.139

+0,84%

Coal

168,75

+0,99%

Crude Oil

69,20

-0,07%

Gold

1.756

+0,29%

CPO

4.630

-0,26%

Nickel

19.344

+2,20%

πŸ‘‹ Stockbitor!

Maskapai penerbangan AirAsia sekali lagi memperpanjang masa pemberhentian penerbangan berjadwal hingga 6 September 2021 nanti. Hal ini didorong oleh Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Meskipun demikian, Air Asia ($CMPP) tetap akan melayani penerbangan charter dan kargo untuk pengiriman barang dan kepentingan esensial lainnya. Sebelumnya, AirAsia telah menghentikan penerbangannya pada periode 6 Juli - 5 Agustus 2021.

Penumpang dapat mengubah penerbangan yang telah dipesan selama periode ini menjadi akun kredit, atau mengubah jadwal penerbangan ke tanggal lainnya maksimal 31 Oktober 2021. Selain itu, penumpang juga dapat memilih opsi pengembalian dana atau refund.

Selain AirAsia, maskapai lainnya juga harus melakukan berbagai penyesuaian selama kebijakan PPKM Level 4 berlaku. Garuda Indonesia ($GIAA) dan Lion Air Group masing-masing telah mengembalikan 9 dan 6 pesawat ke perusahaan lessor. Selain itu, Sriwijaya Air Group juga melakukan penyesuaian rute dan jadwal penerbangan serta menyediakan kebijakan tiket yang fleksibel untuk memudahkan penumpang.

Key Takeaway

Berlakunya PPKM Level 4 di sejumlah daerah di Indonesia membawa tantangan tersendiri untuk industri penerbangan. Maskapai harus melakukan berbagai penyesuaian kapasitas penumpang dan strategi untuk menekan biaya agar bisa tetap beroperasi di masa pandemi Covid-19.


Berita Korporasi

πŸ’° WIKA Akuisisi Hotel BUMN

Photo by: Rumah.com
  • $WIKA: Wijaya Karya menyuntik modal sebesar 775 miliar rupiah kepada anak usahanya, Wijaya Karya Realty (Wika Realty), untuk mengakuisisi hotel-hotel milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Transaksi ini merupakan penambahan penyertaan untuk mempertahankan persentasi kepemilikan saham WIKA pada Wika Realty sebesar 93,05%.

  • $JSMR: Komisaris Independen Jasa Marga, Eman Salman Arief, mengundurkan diri pada Senin (9/8) kemarin. Pengunduran ini terkait dengan penugasannya sebagai anggota Komite Badan Pengatur Penyediaan dan Distribusi Bahan Bakar Minyak dan Kegiatan Usaha Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa  oleh Menteri ESDM untuk masa jabatan 2021-2025.

  • $BABP: Bank MNC Internasional, bagian dari MNC Kapital Indonesia ($BCAP) menjalin kemitraan strategis dengan XL Axiata ($EXCL) untuk mempromosikan MotionBanking, aplikasi perbankan digital milik MNC Bank. XL Axiata sepakat untuk menambah minimal 1 juta pengguna baru MotionBanking dan akan mendapatkan keuntungan berupa hak untuk iklan baru di platform MNC.

  • $TBIG: Demi memperkuat modal anak usaha, Tower Bersama Infrastructure akan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan V Tower Bersama Infrasctucture Tahap I dengan target dana hingga 1,2 triliun rupiah. Obligasi ini akan diterbitkan dalam jangka waktu 370 hari sejak tanggal emisi dengan tingkat bunga sebesar 4,25% per tahun.


Musim Laba Q2 2021

πŸ•·οΈ EMTK & SCMA

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit

Selama April sampai dengan Juni 2021 (Q2 2021), beberapa perusahaan  mengalami peningkatan performa apabila dibandingkan dengan Q2 2020. Berikut adalah rinciannya:

  • $EMTK: Laba bersih Elang Mahkota Teknologi meningkat sebesar 406,7% pada Q2 2021. Hal ini didorong oleh peningkatan pendapatan (+23,0%) dan penurunan beban pokok penjualan (-23,7%). 

    Dengan demikian, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan naik 225,7% menjadi 265 miliar rupiah. Pertumbuhan ini disebabkan oleh tidak adanya kerugian dari operasi PT EAN seperti yang terdapat pada 6M 2020. 

    Hal ini terjadi setelah terlaksananya penjualan 6% saham PT EAN (Elang Andalan Nusantara), yang di dalamnya termasuk start up DANA pada bulan Desember 2020. 

     

    Transaksi ini membuat kepemilikan grup EMTK atas EAN menjadi 49% dan tidak lagi dikonsolidasikan ke laporan keuangan EMTK. Tanpa memperhitungkan transaksi tersebut, laba dari operasi yang dilanjutkan tumbuh dari 256 miliar menjadi 264 miliar.

  • $SCMA: Laba bersih Surya Citra Media meningkat sebesar 36,8% YoY pada Q2 2021. Hal ini didorong oleh peningkatan pendapatan (+46,0%).

    Dengan demikian, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan naik 21,0% YoY menjadi 727 miliar rupiah. Kenaikan ini didukung oleh meningkatnya pendapatan televisi (21,7%), digital dan iklan luar ruangan (52,3%), serta pendapatan konten dan lainnya (49,3%).


Saham Top Gainer Hari Ini πŸ”₯

$INDY

+11,40%

$AALI

+8,54%

$UNTR

+8,95%

$LSIP

+8,41%

Saham Top Loser Hari Ini πŸ€•

$HOKI

-5,61%

$LPPF

-3,35%

$BFIN

-3,51%

$WOOD

-3,19%

Performa Sektor Hari Ini πŸ“Š


Other News

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

  • Untuk mengurangi ketergantungan terhadap dolar Amerika Serikat (AS), Bank Indonesia (BI) berupaya untuk menjalin kerjasama penggunaan mata uang lokal atau local currency settlement (LCS) dalam perdagangan dan investasi antar negara. Beberapa negara yang akan diajak kerja sama LCS adalah Filipina, Korea Selatan, dan India.

  • CEO perusahaan Pershing Square, Bill Ackman, membeli 7,1% saham Universal Music Group dari konglomerasi asal Prancis, Vivendi. Ackman berjanji untuk terus membeli setelah berencana untuk mengakuisisi 10% saham di label rekaman tersebut. Transaksi tersebut bernilai 2,8 miliar dolar AS, berdasarkan valuasi perusahaan senilai 41,01 miliar dolar AS.


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

πŸ” Mencari Hal Positif dari IPO $BUKA

Photo by: stockbit

β€œHarapan saya, semoga IPO ini bisa menjadi momen kebangkitan Bukalapak dan Pasar saham Indonesia. Dengan harapan dana asing dapat masuk kembali ke Indonesia, menjadi pembuka jalan IPO GOTO, serta melihat sebesar apa apresiasi asing atas marketplace karya anak bangsa!" β€” Juliushalim.

Belajar dari perusahaan Unicorn pertama yang berhasil melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Selengkapnya bisa kamu baca di sini.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Sarah Natassja
Editor: Almer Dzaki, Vivi Handoyo Lie, Astrid Rahadiani Putri, Michael Owen Kohana, Calvin Kurniawan