🤝 Kerjasama Indonesia - China / by Stockbit Snips

Source: Republika

Source: Republika

dasdasdsadada.PNG

Halo Stockbitor, 

Indonesia tandatangani MoU dengan China dalam proyek kerja sama "Two Countries Twin Park" dimana pemerintah China bekerja sama dalam mengembangkan kawasan industri di Indonesia, seperti Kawasan Industri Bintan dan Kawasan Industri Batang. Selain itu, pemerintah juga berupaya agar China mau memperpanjang investasi kereta api cepatnya di Indonesia, dari semula Jakarta-Bandung menjadi Jakarta-Bandung-Surabaya.

In other news, Presiden Jokowi telah mengajukan Listyo Sigit Prabowo kepada DPR sebagai calon pengganti Kapolri baru untuk menggantikan Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari 2021. Listyo saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri dan merupakan mantan ajudan Presiden Jokowi pada periode 2014-2016.

Selain itu, Ketua KPU Arief Budiman menerima sanksi peringatan keras berupa pemberhentian dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum. Dikeluarkannya sanksi ini setelah ia terbukti melanggar etik karena menemani Komisioner KPU Evi Novida mendaftarkan gugatan ke PTUN Jakarta.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Suntikan Pertama Vaksin Sinovac di Turki

121120usvaccineapprovalv3_960x540.jpg

Turki: Presiden Erdogan akhirnya mengizinkan penggunaan darurat Vaksin Sinovac di Turki. Hal itu diumumkan Menteri Kesehatan Turki, Fahrettin Koca, yang kemudian langsung menerima suntikan pertama sesaat setelah ia mengumumkan penggunaan darurat tersebut.

Amerika Serikat: Data inflasi AS periode Desember 2020 naik menjadi 1,4% dibandingkan periode November sebesar 1,2%.

China: Data ekspor-impor China berhasil meningkat 18,1% dan 6,5%, serta memperoleh surplus neraca perdagangan 78,17 miliar dolar AS. Hasil tersebut berhasil melebihi angka yang diperkirakan oleh analis.


💉 Berbenah Laporan Keuangan Itama Ranoraya

Itama Ranoraya ($IRRA) merupakan emiten yang bergerak di bidang produksi dan distribusi alat-alat kedokteran, laboratorium, dan farmasi.

Selama tiga bulan terakhir, harga saham perusahaan meroket 298%, didorong oleh sentimen penjualan jarum suntik vaksinasi COVID-19.

Namun, pada November diketahui bahwa perusahaan merevisi laporan keuangannya untuk periode Semester-I dan Kuartal-III tahun 2020.

Apakah laporan keuangannya bermasalah?

  • Manajemen $IRRA menyampaikan, kalau perseroan justru berupaya untuk menyesuaikan hasil laporan keuangannya dengan standar akuntansi yang berlaku.

  • Proses perbaikannya merupakan hasil konsultasi dengan OJK dan telah sesuai dengan ketentuan pasar modal.

  • Perubahan yang terjadi adalah dikeluarkannya keuntungan kenaikan harga saham hasil buyback dari akun pendapatan lain-lain.

  • Pasca adanya revisi ini, terjadi perubahan signifikan pada laba bersih perusahaan pada Semester-I dan Kuartal-III tahun 2020, dimana masing-masing turun 61,8% dan 74,2%, menjadi 3,7 miliar rupiah dan 9,03 miliar rupiah.


Saham Top Gainer hari ini:
$BJTM (+19,01%)
$TINS (+17,40%)
$PGAS (+12,07%)
$JPFA (+12,03%)

Saham Top Loser hari ini:
$KAEF (-6,92%)
$INAF (-6,92%)
$BULL (-6,58%)
$PWON (-4,24%)

Performa sektor hari ini:
BASIC-IND (+1,60%)
INFRASTRUCTURE (+0,73%)
TRADE (+0,33%)
MISC-IND (+0,05%)
MINING (-0,25%)
AGRI (-0,47%)
CONSUMER (-0,57%)
FINANCE (-0,63%)
PROPERTY (-0,96%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Timah Tbk ($TINS) menganggarkan capex 1,9 triliun rupiah untuk perluasan dan peningkatan kapasitas produksi.

  • Bayan Resource ($BYAN) mengalokasikan capex 190 juta dolar AS untuk mempercepat pembangunan akses pengangkutan batubara dan pembelian aset.

  • Blue Bird ($BIRD) mengenalkan tarif tetap untuk bisnis penyewaan taksinya.

  • MNC Kapital Indonesia ($BCAP) melakukan private placement sebesar 135 miliar rupiah. Standby buyer dari aksi korporasi tersebut adalah Marco Prince Corp dan Scotts Capital investment Corporation.

  • Produsen Sari Roti, Nippon Indosari Corpindo ($ROTI) selesaikan divestasi anak usahanya, Sarimonde Food Corporation yang dibeli oleh Monde Nissin Corporation dengan nilai 256,15 juta peso filipina.