😷 Wacana Pembentukan Paspor Digital Vaksinasi COVID-19 / by Stockbit Snips

Source: Bisnis

Source: Bisnis

090d0e5f-aded-41fe-a3d4-a4a0dfe712dc.png

Halo Stockbitor, 

Masa pandemi membuat dunia mulai menerima peraturan baru: paspor
vaksinasi. Paspor vaksinasi adalah dokumentasi yang membuktikan bahwa seseorang telah divaksinasi COVID-19 sehingga dapat memiliki izin untuk bepergian.

Program paspor vaksinasi sedang dirancang oleh berbagai stakeholders seperti maskapai penerbangan, perusahaan industri, organisasi nirlaba, hingga perusahaan teknologi untuk mengonversi paspor vaksin COVID-19 menjadi paspor digital.

WHO nyatanya malah menyatakan tidak setuju dan menentang rencana paspor vaksin. Namun, sudah banyak negara yang memiliki rencana pengembangan paspor, yaitu Amerika Serikat, Denmark, Swedia, dan Israel.

In other news, Indonesia berhasil menembus kasus sembuh COVID-19 di angka satu juta jiwa. Kasus sembuh COVID-19 di Indonesia secara kumulatif menginjak angka 1.004.117 kasus dari total 1,2 juta kasus per 12 Februari 2021.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Trump Resmi Lolos dari Sidang Pemakzulan

b8586980-2ec9-48de-b1a5-3ba0f7307978.png

Amerika Serikat: Donald Trump dinyatakan lolos dari sidang pemakzulan pada Sabtu (13/2) setelah sempat diduga bersalah dalam kerusuhan di Gedung Capitol pada Januari lalu. Meskipun mayoritas anggota senat setuju bahwa Trump bersalah, suara tidak memenuhi 2/3 kuorum sehingga Trump dinyatakan bebas.

Jepang: Pada Sabtu (13/2) lalu, wilayah Fukushima diguncang gempa bumi dengan magnitudo awal sebesar 7,1 skala richter. Per 14 Februari, terdeteksi 48 orang luka-luka dan tidak ada korban jiwa.

Israel: Meskipun Amerika Serikat menolak klaim Israel, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, bersikeras bahwa dataran tinggi Golan tetap menjadi bagian dari wilayah Israel. Sebelumnya, wilayah dataran tinggi Golan merupakan wilayah milik Suriah yang diduduki Israel sejak tahun 1981.

Myanmar: Memperingati Hari Serikat, junta militer Myanmar membebaskan 23.314 tahanan meskipun protes kudeta belum surut. Hal ini merupakan amnesti pertama yang dilakukan militer Myanmar setelah merebut kekuasaan pemerintah pada 1 Februari 2021 lalu.

Nigeria: Mahkamah Agung Inggris akhirnya mengizinkan kelompok nelayan dan petani Nigeria untuk menggugat Royal Dutch Shell (RDS).
RDS merupakan perusahaan minyak asal Inggris yang digugat atas kasus kebocoran minyak di Delta Niger. Kasus ini menyebabkan lahan dan air tanah terkontaminasi selama bertahun-tahun.


🚗 Pro dan Kontra Penerapan Insentif PPnBM

Pandemi COVID-19 membuat penjualan kendaraan bermotor menjadi tersendat. Hal tersebut menjadi perhatian bagi sejumlah penggiat industri otomotif.

Untuk menanggulangi hal tersebut, muncul wacana adanya penerapan insentif PPnBM untuk mobil demi menggairahkan industri mobil nasional. Hal tersebut menjadi angin segar karena menurunkan harga mobil dan memicu kenaikan penjualan.

Eh, PPnBM tuh apa sih? Terus teknis insentifnya gimana?
PPnBM merupakan singkatan dari Pajak Pembelian Barang Mewah. PPnBM menjadi salah satu parameter indikator yang memengaruhi harga penjualan mobil baru di pasaran. Biasanya, konsumen akan dikenakan pajak sebesar 10 persen-125 persen ketika membeli mobil baru.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan bahwa pemerintah akan memberikan insentif fiskal berupa penurunan tarif PPnBM untuk kendaraan bermotor pada kategori kendaraan di bawah 1500 cc, yaitu sedan dan 4x2 yang memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di atas 70 persen.

Insentif ini akan diberlakukan mulai 1 Maret 2021 selama sembilan bulan, dengan besaran insentif sebesar 100 persen di tahap pertama, 50 persen di tahap kedua, dan 25 persen di tahap ketiga.

Ada implikasi lain ngga dari penerapan insentif PPnbM ini?
Penerapan insentif PPnBM ini sebenarnya akan berdampak pada penjualan mobil-mobil bekas. Terlebih sejak pandemi, pasar mobil bekas sudah berada di level siap rugi besar. Ditambah dengan insentif PPnBM yang hanya condong pada penjualan mobil baru, mobil bekas akan semakin sulit dipasarkan.

Terus, gimana dampaknya ke harga saham perusahaan otomotif?
Menyusul berita ini, mayoritas harga saham otomotif dan komponennya meningkat. Dari 13 perusahaan yang terdapat di sub-sektor tersebut, harga saham 9 perusahaan meningkat. Peningkatan paling besar terjadi di saham Indomobil Sukses Internasional ($IMAS) yang meningkat lebih dari 22 persen, disusul dengan produsen ban GT Radial, Gajah Tunggal ($GJTL) yang meningkat lebih dari 8 persen pada perdagangan tanggal (15/2).


💰 What to watch for: This Week 

Beberapa data ekonomi yang akan rilis minggu ini:

  • Indonesia: Pengumuman neraca perdagangan (Senin)

  • Jepang: Pengumuman neraca perdagangan (Rabu)

  • Inggris: Rilis tingkat inflasi Inggris YoY (Rabu)

  • Kanada: Rilis tingkat inflasi Kanada YoY (Rabu)

  • Amerika Serikat: Pengumuman tingkat dana Fed Amerika Serikat (Kamis)

Agenda emiten minggu ini:
Stock Split Buyung Poetra Sembada ($HOKI). Cum date: 17 Februari 2021.

Profil Buyung Poetra Sembada
Buyung Poetra Sembada ($HOKI) merupakan perseroan yang bergerak di bidang pengolahan dan distribusi beras bermerek premium. Perseroan ini berdiri sejak 16 September 2003 sebagai bentuk pengembangan usaha dari Toko Buyung Palembang (didirikan sejak 1977).

Hingga 2021 ini, BPS telah memproduksi beras dengan merek: Rumah Limas, HOKI, Topi Koki, BPS, Belida (beras Pera), dan beras menir (broken rice). BPS juga bekerja sama untuk memproduksi beras bagi private brand seperti Indomaret, Alfamart, Giant, Yogya, dan Hero.


Saham Top Gainer hari ini:
$HOKI (+17,56%)
$WIIM (+17,27%)
$RAJA (+11,68%)
$BTPS (+10,91%)

Saham Top Loser hari ini:
$PSAB (-3,60%)
$INDF (-2,38%)
$KAEF (-2,14%)
$LPPF (-1,87%)

Performa sektor hari ini:
BASIC-IND (+2,23%)
MISC-IND (+1,89%)
PROPERTY (+1,66%)
INFRASTRUCTURE (+1,29%)
TRADE (+0,89%)
FINANCE (+0,52%)
AGRI (+0,02%)
MINING (-0,12%)
CONSUMER (-0,38%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Pembangunan Perumahan ($PTPP) terbukti melakukan keterlambatan pemberitahuan atas pengambilan saham Centurion Perkasa Iman. Hal ini membuat Pembangunan Perumahan mendapatkan sanksi dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

  • Gozco Platantations ($GZCO) memberikan tambahan modal usaha sebesar 79 miliar rupiah kepada anak usahanya, Palma Sejahtera. Hal ini merupakan bentuk subsidi untuk mendukung pengembangan Palma Sejahtera.

  • Perusahaan Gas Negara ($PGAS) akan mengembangkan 50.000 jaringan gas dengan investasi mandiri untuk rumah tangga dan pelanggan kecil (GasKita) di wilayah Jakarta pada tahun ini.

  • Kalbe Farma ($KLBF) menggandeng Amarox untuk mendukung pemasaran obat Fluvir (Oseltamivir) di Indonesia.