📞 Perbincangan Perdana Joe Biden - Xi Jinping / by Stockbit Snips

Source: CNBC Indonesia

Source: CNBC Indonesia

9ff9dc70-5761-4eef-bcb3-f56191e1fc44.png

Halo Stockbitor, 

Serikat pekerja akan menggelar aksi untuk menolak pengesahan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) sebagai peraturan turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja terkait klaster ketenagakerjaan yang dianggap hanya menguntungkan pengusaha dan merugikan pekerja.

Selain itu, pemerintah akan mempercepat penyelesaian lima perjanjian dagang untuk memulihkan ekspor akibat Covid-19. Di antaranya yaitu:

  • Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA)

  • Perjanjian Indonesia-Turki

  • Perjanjian Indonesia-Pakistan

  • Asean Economic Community (AEC)

  • Indonesia-Bangladesh Preferential Trade Agreement (PTA)


In other news, Joe Biden telah melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Xi Jinping pada Rabu (11/2) waktu Indonesia. Pembicaraan ini membahas terkait perdagangan, tindakan Tiongkok terhadap aktivis demokrasi di Hong Kong, dan klaim Tiongkok atas Laut Cina Selatan. 


Berita Terkini: 

🌏 World News: Efektivitas Obat Asma AstraZeneca Bagi Pasien Kritis Covid-19

60fd1659-862b-4b4f-aa2d-d7ce09bbdc2d.png

Inggris: Obat asma AstraZeneca, Pulmicort, dapat mengurangi tingkat penanganan serius bagi pasien dengan kondisi kritis Covid-19 hingga 90% setelah melalui hasil studi selama 28 hari yang dilakukan oleh Oxford University.

Amerika Serikat: Defisit anggaran bulan Januari 2021 sebesar 163 miliar dolar AS, lebih tinggi dibandingkan konsensus pasar sebesar 150 miliar dolar AS.

Bursa efek New York Stock Exchange (NYSE) mengancam akan meninggalkan New York jika pemerintah negara bagian tersebut kembali memberlakukan pajak atas perdagangan saham.

Pemerintah negara bagian New York berhenti mengenakan pajak atas perdagangan saham pada tahun 1981. Namun, anggota dewan legislatif negara bagian New York mengisyaratkan untuk kembali mengenakan pajak untuk meningkatkan pendapatan negara bagian sebagai dampak dari Covid-19.

India: Petani di India melanjutkan aksi demonstrasi kepada pemerintah pada awal Februari 2021 terkait peraturan perundang-undangan baru yang dianggap dapat merugikan petani karena dihapusnya harga jual minimum produk pertanian.

Indonesia: Pemerintah mendorong pengusaha sawit untuk menjalankan ketentuan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) untuk menanggulangi kampanye anti sawit Indonesia di pasar global.

Iran: Iran kembali memulai produksi metal uranium pada 6 Februari 2021 dan tindakan ini merupakan pelanggaran terhadap kesepakatan nuklir tahun 2015.

Metal uranium merupakan bahan utama untuk membuat senjata nuklir. Namun, Iran mengatakan jika produksi tersebut untuk keperluan riset.


🔬 Urgensi Indonesia Mendirikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro, menyatakan bahwa Indonesia perlu mempercepat pendirian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk menghasilkan inovasi berbasis IPTEK.

BRIN nantinya dapat menjadi kunci untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui penerapan teknologi hasil inovasi di berbagai bidang industri.

Lalu, saat ini perkembangannya sampai mana?
Namun, pembentukan kelembagaan BRIN ini masih terkendala atas Peraturan Presiden (Perpres) yang belum diterbitkan. Perpres ini menjadi dasar penataan lembaga riset dan inovasi di Indonesia.

Selain itu, BRIN juga menghadapi kendala berupa keterbatasan alokasi anggaran yang hanya sebesar 2,7 triliun rupiah, atau sebesar 0,25% dari PDB Indonesia.

Kecil banget dong.. Emangnya bener se-urgent itu?
Pentingnya investasi di bidang riset ini dapat berdampak bagi perekonomian Indonesia dalam jangka panjang.

Hal ini melihat pada Korea Selatan yang berhasil menjadi high income country karena alokasi investasi berbasis riset dan inovasi yang cukup tinggi, yaitu sebesar 4% dari jumlah PDB Korea Selatan. Produk riset dan inovasi mereka mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan lapangan kerja.

Untuk itu, pemerintah perlu segera menyelesaikan perpres terkait kelembagaan BRIN agar dapat menjalankan pembangunan di bidang riset dan inovasi nasional, serta menaruh perhatian lebih baik terkait investasi di bidang tersebut.


Saham Top Gainer hari ini:
$ASSA (+11,54%)
$WIIM (+6,28%)
$KAEF (+6,86%)
$INCO (+5,81%)

Saham Top Loser hari ini:
$TBIG (-4,59%)
$ACES (-2,48%)
$BFIN (-2,17%)
$TBLA (-2,05%)

Performa sektor hari ini:
MINING (+1,44%)
CONSUMER (+0,63%)
BASIC-IND (+0,57%)
FINANCE (+0,32%)
TRADE (+0,31%)
INFRASTRUCTURE (-0,14%)
PROPERTY (-0,29%)
AGRI (-0,40%)
MISC-IND (-0,60%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Indonesia Kendaraan Terminal ($IPCC) kerja sama dengan Hyundai Glovis untuk meningkatkan efisiensi bongkar muat pelabuhan.

  • Garuda Indonesia ($GIAA) menghentikan kontrak 12 pesawat Bombardier CRJ-1000 karena kasus suap dari pihak pabrik Nordic Aviation Capital (NAC) dengan pimpinan perusahaan tahun 2011, Emirsyah Satar.

  • Sumber Alfaria Trijaya ($AMRT) menyiapkan capex hingga tiga triliun rupiah selama tiga tahun ke depan untuk ekspansi toko.

  • Astra Agro Lestari ($AALI) menyiapkan capex satu triliun rupiah untuk replanting dan perawatan tanaman yang masih belum menghasilkan.

  • Catur Sentosa Adipranca ($CSAP) menyiapkan capex 500 miliar rupiah untuk merelokasi gerai Mitra10 dan Atria Kalimalang.