😒 Lonjakan Kasus Covid-19 Kembali / by Stockbit Snips

Source: Irwan via Unsplash

Source: Irwan via Unsplash

Komoditas 15 Juni 2021.png

Halo Stockbitor, 

Jakarta kembali memasuki fase genting akibat lonjakan kasus corona hingga 50% dalam sepekan. Dalam lima hari terakhir, penambahan kasus harian bahkan melebihi angka 2.000 kasus per hari dan trennya selalu meningkat.

Lonjakan kasus ini membuat antrean di UGD RS Wisma Atlet mengular pada Senin malam (14/6). Saat ini, setidaknya 5.028 dari total 5.994 tempat tidur di rumah sakit tersebut, atau 83,9% kapasitas rumah sakit, sudah terisi.

Hingga Senin (14/6), total kasus aktif Covid-19 di Jakarta sebanyak 19.244. Sementara, kasus corona di seluruh Indonesia mencapai 1,91 juta dengan pasien sembuh 4.655.

Key Takeaways  
Kenaikan kasus positif Covid-19 berpotensi memperlambat pemulihan ekonomi, terlebih jika terdapat pengetatan restriksi aktivitas kembali.

In other news, Presiden Joko Widodo mengharapkan Indonesia dapat mendistribusikan vaksin Covid-19 sebanyak 700 ribu dosis per hari pada Juni 2021 dan 1 juta dosis per hari pada Juli 2021


World News

🌏 Cara Jitu Rusia Bujuk Warga Vaksinasi

Source: Autobala

Source: Autobala

Kabar terkini dari mancanegara:

Rusia: Tingginya lonjakan kasus Covid-19 di Rusia membuat pemerintah harus putar otak. Masyarakat diiming-imingi hadiah mobil jika bersedia ikut program vaksinasi.

Swiss: Dua pesawat terjatuh di pegunungan Alpen, Swiss. Insiden ini menewaskan seluruh penumpang yang berjumlah lima orang.

Eropa: Parlemen Uni Eropa menyetujui penggunaan paspor Covid-19 digital untuk perjalanan antar-negara. Paspor ini akan diberlakukan mulai 1 Juli mendatang.

Amerika Serikat: Otoritas Pajak Amerika Serikat kejar pajak dari 25 orang terkaya di negaranya. Ini dilakukan setelah Joe Biden mencoba merombak peraturan perpajakan agar perusahaan dan orang kaya membayar pajak lebih banyak.


Musim Laba - Q1 2021

πŸ•·οΈ ️️ LPKR & SMAR

Source: Susan Q Yin via Unsplash

Selama Q1 2021, terdapat beberapa perusahaan yang mencetak laba walaupun mengalami kerugian pada Q1 2020. Beberapa contoh di antaranya adalah:

  • $LPKR: Performa Lippo Karawaci berbalik dari rugi menjadi untung 268 miliar rupiah. Hal ini diakibatkan oleh peningkatan pendapatan (+9,9%) akibat peningkatan pendapatan di berbagai segmen perusahaan, seperti pengembangan real estate, dan pelayanan kesehatan. Selain itu, penurunan rugi selisih kurs juga menjadi faktor pendorong pemulihan performa perusahaan. (IDX)

  • $SMAR: Performa Sinar Mas Agro Resources and Technology berbalik dari rugi menjadi untung 250 miliar rupiah. Hal ini didukung oleh peningkatan pendapatan (+15,4%) dan kenaikan margin akibat meningkatnya harga CPO, serta penurunan rugi selisih kurs. (IDX)

Source: Stockbit

Source: Stockbit


Berita Lainnya

πŸ’Έ Kenaikan Utang Luar Negeri Indonesia

Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia meningkat tumbuh 4,8% YoY ke angka 418 miliar dolar AS (setara 5.954 triliun rupiah). Perkembangan tersebut didorong oleh perlambatan pertumbuhan posisi ULN Pemerintah dan ULN Swasta.

BI mengatakan, kenaikan ULN seiring penarikan neto pinjaman luar negeri yang digunakan untuk mendukung pembiayaan program dan proyek, diantaranya program inklusi keuangan.

Meski naik, BI menyatakan kenaikan utang luar negeri tersebut cenderung melambat. Mereka juga menyatakan utang tersebut masih aman dan sehat. Kesehatan tersebut dilihat dari rasio utang luar negeri Indonesia terhadap PDB yang terjaga di kisaran 37,9 persen. Rasio turun dibandingkan bulan sebelumnya yang 39,1%.


Saham Top Gainer hari ini: 
$TPIA (+12,35%)
$BRPT (+6,67%)
$RALS (+5,19%)
$TBIG (+4,28%)

Saham Top Loser hari ini:
$IPTV(-6,85%)
$LPKR(-6,60%)
$JPFA(-4,83%)
$LSIP(-3,90%)

Performa sektor hari ini:

IDXBASIC (+2,85%)
IDXTECHNO(+1,70%)
IDXHEALTH(+0,68%)
IDXINFRA(+0,58%)
IDXINDUST (-0,16%)
IDXNONCYC (-0,26%)
IDXFINANCE (-0,32%)
IDXCYCLIC (-0,44%)
IDXENERGY (-0,71%)
IDXTRANS (-1,07%)
IDXPROPERT (-1,33%)


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

Source: Pinterest

Source: Pinterest

  • Kemenpan RB resmi menetapkan 707.622 formasi CPNS. Terdapat sejumlah jabatan yang mengizinkan peserta berusia maksimal 40 tahun ikut seleksi.

  • PT Bank BRI ($BBRI) menyampaikan rencana melakukan rights issue atas 28,67 miliar lembar saham baru. Langkah ini sejalan dengan rencana pembentukan holding ultra-mikro.

  • PT Metropolitan Land Tbk ($MTLA) alokasikan dana Rp 205 miliar untuk akuisisi lahan, terutama di wilayah proyek eksisting seperti Cibitung dan Kertajati.

  • BEI suspend perdagangan saham $DCII setelah lonjakan harga sebesar 11.864% dalam 6 bulan, untuk memberikan waktu kepada pelaku pasar untuk mempertimbangkan keputusan investasi di perusahaan.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Astrid Rahadiani Putri, Calvin Kurniawan
Editor: Michael Owen Kohana, Sarah Natassja, Theodore Henoch, Vivi Handoyo Lie, Almer Dzaki