📉 Saham Satu Perak per Lembar? / by Stockbit Snips

Source: Kompas

Source: Kompas

unnamed (4).png

Halo Stockbitor, 

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa saat ini batas terendah nilai saham dapat mencapai satu rupiah per lembar saham. Peraturan tersebut berlaku untuk saham yang tercatat di papan akselerasi.

Papan akselerasi bertujuan mengakomodir perusahaan dengan skala aset yang relatif kecil untuk mencatatkan saham di BEI.

Sebelumnya, BEI telah merampungkan aturan pencatatan papan akselerasi di 3Q2019. Perbedaan paling signifikan ada pada batas bawahnya. Harga terendah saham papan utama dan pengembangan adalah lima puluh rupiah per lembar.

Pembatasan dikhawatirkan dapat menyebabkan kerancuan terhadap harga wajar, sehingga BEI menawarkan untuk membebaskan (harga minimum). Batas harga terbawah tersebut nantinya akan berdampak pada auto reject atas (ARA) dan auto reject bawah (ARB).

Salah satu contoh kasus pada saham di papan akselerasi ini adalah emiten $PLAN, yang pada perdagangan hari ini berada di level 45 rupiah per lembar saham.

In other news, nilai impor barang modal Indonesia di bulan Februari tercatat 2,15 miliar dolar AS. Angka ini naik 9,08% dari Januari 2021 (MoM), atau tumbuh 17,68% jika dibandingkan periode yang sama di 2020 (YoY). Naiknya nilai impor barang modal ini mengontribusikan 16,23% dari total impor.

Hal ini dinilai sebagai sinyal positif untuk kegiatan industri, manufaktur, dan investasi ke depan.


Berita Terkini: 

🌏 World News: AS Akan Tarik Pajak dari Youtuber Sedunia

unnamed (5).jpg

Amerika Serikat: Pemerintah Amerika Serikat akan memungut pajak dari youtuber di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Besaran pajak yang akan dipatok adalah hingga 24% dari total penghasilan youtuber yang diperoleh dari adsense.

Belanda: Belanda menangguhkan penyuntikan vaksin Covid-19 keluaran AstraZeneca, setidaknya hingga 29 Maret. Keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan laporan kemungkinan terjadinya efek samping yang serius dari penggunaan vaksin tersebut.

Jerman: Elektabilitas Kanselir Angela Merkel dan partainya terguncang menjelang general election. Penerapan lockdown yang berkelanjutan dan lambannya proses vaksinasi disinyalir menjadi penyebab turunnya kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Merkel.

Singapura: Pemerintah Singapura tengah membahas skema travel bubble bersama Australia. Penerapan skema ini akan memungkinkan penduduk kedua negara melakukan perjalanan udara antara satu sama lain tanpa perlu melakukan karantina. Inisiatif ini akan diprioritaskan untuk pelajar serta business travelers.

Tiongkok: Setelah membubarkan kelompok oposisi di Hong Kong, pemerintah Tiongkok berencana menyelesaikan masalah kesenjangan dan penyediaan hunian terjangkau. Hal tersebut rencananya akan diwujudkan dengan modifikasi skema pajak, namun harus diimbangi dengan menjaga business attractiveness yang sudah ada.


 🕷 #MusimLaba Prodia

unnamed (6).jpg

Emiten laboratorium klinis independen Prodia ($PRDA) telah merilis laporan kinerja 2020. Tercatat pendapatan perusahaan tumbuh 7,40%, diikuti pertumbuhan laba bersih hingga 27,83%, menjadi 268 milyar rupiah. Dampaknya, Prodia mengalami peningkatan net profit margin (NPM) dari 12,04% di 2019 ke 14,31% di 2020. Hingga 3Q2020, Prodia telah memiliki 272 outlet laboratorium yang tersebar di 127 kota di 34 provinsi.

Berikut adalah ringkasan kinerja Prodia di 2020:

  • Market share Prodia di 2019 mencapai 39,2%, tumbuh dari tahun sebelumnya di 38,8%

  • Pendapatan lab mendominasi portofolio Prodia di 2020 sebesar 91,65%, tumbuh dari 89,37% di tahun sebelumnya

  • Portofolio berdasarkan jenis pelanggan terbesar disumbangkan oleh pelanggan individu (30,63%) dan pelanggan referensi dokter (30,60%).

  • Berdasarkan jenis pelanggan, referensi pihak ketiga mengalami pertumbuhan terbesar dengan 21,11%, diikuti referensi dokter (7,50%), korporasi (2,26%), dan individu (0,53%).

  • Namun jumlah outlet Prodia turun dibanding akhir tahun 2019. Penurunan ini disebabkan berkurangnya jumlah outlet point-of-care dari 122 ke 108 outlet pada 3Q20.


unnamed (7).jpg

 🔌 Pemerintah Naikkan PPnBM Mobil Hybrid
Pemerintah berencana menaikkan tarif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil hibrida untuk mendorong investasi pada industri mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV).

Usulan ini akan dilakukan melalui amandemen Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019, di mana BEV dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) dikenakan tarif PPnBM sebesar nol persen. Kebijakan ini bertujuan meningkatkan daya tarik bagi investor terhadap pabrik mobil full battery dibanding yang hanya "setengah" baterai.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, telah menyiapkan dua skenario tarif yang akan dikenakan. Skenario kedua akan dilakukan apabila para investor BEV telah merealisasikan investasi minimum lima trilyun rupiah, dan memproduksi BEV secara komersial.

Dari aspek lingkungan, kebijakan ini sejalan dengan komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi karbon pada 2030. Saat ini, sektor transportasi menyumbang hampir tiga puluh persen bauran total emisi CO2. To be more specific, transportasi darat bahkan berkontribusi sebesar 88% dari emisi yang dihasilkan sektor transportasi.

Kebijakan ini mendapat respons positif dari sektor swasta. Pasalnya, Tjony Bunarto Tjondro, Presiden Direktur Astra International (($ASII)) mengatakan perusahannya akan menginvestasikan capex 11-12 trilun rupiah tahun ini. Seperti yang kita ketahui, Astra adalah salah satu produsen mobil terbesar di Indonesia. Saat ini Astra telah memilki cetak biru mengenai peluncuran mobil-mobil BEV.


Saham Top Gainer hari ini:
$SCMA (+7,43%)
$BJTM (+4,76%)
$ASSA (+3,79%)
$MIKA (+3,51%)


Saham Top Loser hari ini:
$TINS (-6,84%)
$PSAB (-6,25%)
$RAJA (-4,42%)
$INKP (-4,36%)

Performa sektor hari ini:
TRADE (+0,78%)
MISC-IND (+0,12%)
PROPERTY (-0,03%)
BASIC-IND (-0,12%)
INFRASTRUCTURE (-0,13%)
CONSUMER (-0,18%)
FINANCE (-0,39%)
AGRI (-1,44%)
MINING (-1,61%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire giphy.gif
  • Dalam Rapat Umum Pemengang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Grup $VIVA menyetujui penjualan 39% sahamnya di ANTV. Dana yang diperoleh digunakan untuk melunasi seluruh utang perseroan.

  • Mega Corpora, perusahaan milik Chairul Tanjung, resmi membeli 73,71% saham Bank Harda Internasional ($BBHI) dengan nominal 308.44 milyar rupiah.

  • Gajah Tunggal ($GJTL) akan menerbitkan obligasi global (global bond) senilai 270 juta dolar AS. Dana tersebut akan membuat profil likuiditas perusahaan menjadi lebih baik.

  • Transkon Jaya ($TRJA) menyiapkan belanja capex senilai seratus miliar rupiah, yang akan digunakan untuk pembelian kendaraan baru berupa light truck dan light bus.

  • Perusahaan jasa kurir SAP Express ($SAPX) menganggarkan capex sebesar enam puluh miliar rupiah untuk menambah jaringan infrastruktur.


Penulis: Almer Dzaki
Editor: Calvin Kurniawan, Florie Aurantia