Perjalanan Investasi Investor Terkaya di Dunia, Warren Buffett / by Stockbit Snips

Kamu masih takut untuk mulai investasi saham? Tenang aja, semua investor sukses awalnya juga pemula, termasuk Warren Buffett. Yuk, kita simak perjalanan investasinya!

Warren Buffett adalah pengusaha asal Amerika Serikat yang diakui sebagai salah satu investor tersukses di dunia. Ia mulai berinvestasi di usia 11 tahun, tepatnya ketika ia membeli tiga lembar saham Cities Services seharga $38 per saham. Sayangnya, tidak lama setelah dibeli, harga saham itu anjlok hingga $27. Meski demikian, Buffet tetap bertahan dan baru menjual sahamnya ketika harga naik ke $40.

Buffett segera menyesali keputusan tersebut ketika harga Cities Services melesat hingga $200 per saham. Dari pengalaman ini, Buffett belajar tentang pentingnya kesabaran saat investasi.

Dalam berinvestasi, Buffett cenderung menggunakan metode analisis fundamental yang menilai performa bisnis perusahaan. Terkenal menggunakan pendekatan quality investing, ia mencari perusahaan yang memiliki kualitas bisnis yang tinggi sehingga bisa bertahan dalam keadaan apapun.

Dengan net worth senilai 96 miliar dollar AS, atau sekitar 1.300 triliun rupiah, Warren Buffett saat ini memegang peringkat ke-6 dalam World’s Billionaires List 2021, yang merupakan daftar orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

Kiat Sukses Investasi Warren Buffett

Warren Buffett bisa sukses karena ia benar-benar memahami prinsip investasi, rajin melakukan riset, dan independen dalam membangun strateginya sendiri.

Selain itu, pastinya ia juga menginvestasikan waktunya untuk membaca, melakukan riset tambahan serta hal lain yang dapat menambah pengetahuan dan skill investasinya.

Sudah tahu kan perjalanan investasi Warren Buffett? Makanya, kamu nggak perlu takut untuk mulai dari awal!

Ayo mulai investasi di Stockbit!