🏛️ Biden Resmi Dilantik, Indeks Saham Utama AS Mencapai Level Tertinggi / by Stockbit Snips

Source: Associated Press

Source: Associated Press

6243b172-f70a-4a34-8e6e-10e6f6cfd323.png

Halo Stockbitor, 

Joe Biden dan Kamala Harris dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat pada jam 12 malam WIB. Bersamaan dengan pelantikan, tiga indeks saham utama mencapai rekor tertinggi bulan ini.

Indeks Dow Jones Industrial Average meningkat 257 poin atau sebesar 0.8% dengan closing high pada 31,188. Indeks S&P 500 meningkat 1.4% ke closing high rekor senilai 3,851, dipimpin oleh sektor komunikasi. Indeks Nasdaq Composite meningkat hingga 2% ke nilai rekor sebesar 13,457. Ketiga indeks juga mencapai intraday high pada jam bursa.

Pertumbuhan ini didorong sentimen positif menyambut administrasi baru, relief plan Biden untuk pemulihan ekonomi AS, dan paket stimulusnya.

Simak agenda prioritas 100 hari Pemerintahan Biden di bawah ini!

1. Agenda Domestik: Pandemi

  • Paket stimulus senilai 1,9 triliun dolar AS untuk bantuan tunai keluarga berpenghasilan rendah dan menengah serta perpanjangan tunjangan pengangguran

  • Pendanaan untuk pengujian Covid

  • Distribusi vaksin, Biden telah menjanjikan 100 juta dosis vaksin akan diberikan selama 100 hari pertama

2. Agenda Luar Negeri: China, Iran

  • Memperbaiki hubungan dengan China yang memburuk karena Trump dan Perang Dagang

  • Mengajak Iran untuk kembali ke perjanjian nuklir tahun 2015 yang dihapuskan oleh Trump pada 2018


Berita Terkini: 

🌏 World News: Jack Ma Kembali Ditemukan, Pfizer dan BioNTech Memangkas Distribusi Vaksin di Eropa

a03497d3-3066-4a28-bf8f-e8affc3fef73.jpg

China: Jack Ma kembali terlihat di hadapan publik setelah dispekulasikan menghilang. Jack Ma hadir pada acara amal yang disiarkan langsung, tanpa mengungkit permasalahannya dengan Pemerintah China.

Taiwan: Diundang pertama kali ke pelantikan presiden AS sejak tahun 1979.

Uni Eropa: Pemerintah di Eropa berselisih dengan Pfizer dan BioNTech SE setelah kedua perusahaan memangkas pengiriman vaksin sehingga berpotensi mengganggu jadwal imunisasi.

Inggris: Vaksin Oxford-AstraZeneca didistribusikan dan telah mencapai rumah jompo di seluruh wilayah Inggris.

Indonesia: PSBB (yang udah rebranding jadi PPKM diperpanjang sampai 8 Februari 2021 dengan perubahan peraturan pada jam operasional mall dan restoran yang awalnya diizinkan sampai jam 7 malam menjadi jam 8 malam.

Selain itu, Presiden Jokowi mengirimkan tiga nama calon anggota Dewan Pengawas SWF Indonesia ke Sri Mulyani sebagai Ketua Panitia Seleksi. Ketiga namanya adalah Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari.


🚗 Terbaru Tentang Kendaraan Listrik: dari Kementerian ESDM hingga Elon Musk

Kementerian ESDM merilis Peta Jalan Ekosistem Kendaraan Listrik untuk mendukung Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang masuk ke program kerja strategis, dari hulu ke hilir.

Menteri Arifin Tasrif menyebutkan bahwa percepatan pembangunan pabrik baterai adalah salah satu prioritas yang didorong oleh pemerintah, yang menargetkan 125 ribu unit mobil listrik dan 1,34 juta unit motor listrik pada tahun 2021.

Eh banyak juga ya? Terus bahan bakarnya gimana?
Nah untuk itu, Kementerian ESDM juga ikut nyiapin Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di Roadmap KBLBB.

Tahun ini, Kementerian menargetkan untuk mendirikan 572 SPKLU dan 3000 SPBKLU. Kalo target ini tercapai, konsumsi BBM berpotensi berkurang sebanyak 0,44 juta kilo liter per tahunnya nih!

Cool! What else?
Elon Musk ngerilis daftar rantai produksi Tesla Inc. Ada beberapa smelter Indonesia dan emiten tambang PT Aneka Tambang ($ANTM) dan PT Timah Tbk ($TINS) nih yang terdaftar sebagai bagian dari rantai pasoknya.

Selain kedua emiten di atas, Tesla juga memasok timah dari PT Artha Cipta Langgeng, PT ATD Makmur Mandiri Jaya, PT Menara Cipta Mulia, PT Mitra Stania Prima, dan PT Refined Bangka.


Saham Top Gainer hari ini:
$LINK (+12,73%)
$TBIG (+11,94%)
$LPKR (+4,72%)
$LSIP (+4,31%)

Saham Top Loser hari ini:
$BBKP (-3,88%)
$BRIS (-2,62%)
$MEDC (-2,31%)
$BJTM (-2,22%)

Performa sektor hari ini:
AGRI (+1,70%)
MISC-IND (+1,44%)
INFRASTRUCTURE (+0,96%)
TRADE (+0,62%)
BASIC-IND (-0,23%)
PROPERTY (-0,34%)
CONSUMER (-0,35%)
MINING (-0,66%)
FINANCE (-0,99%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Bank Syariah Indonesia ($BRIS) berencana go international dengan menjamin emisi sukuk global dengan target 300 juta dolar AS per tahun.

  • Ciputra Development ($CTRA) berencana melakukan pendanaan melalui Medium Term Notes senilai 8 triliun Rupiah pada tahun ini.

  • Bank BRI ($BBRI) menggelar RUPSLB dan akan merombak direksi pada hari ini.

  • Jasa Armada Indonesia ($IPCM) mengumumkan agenda ekspansi pada 2021 yaitu ekspansi pilotage dan towage di Pelabuhan Internasional Patimban, serta perluasan kontrak di Cirebon, Banten, Palembang, dan Pontianak.