🚀 PDKT Telkom dan SpaceX / by Stockbit Snips

22 Juli 2021
Photo by: : Space X

Photo by: : Space X

Daily Market Performance 🚀

IHSG

6.137

+1,78%

Coal

148,77

-0,11%

Crude Oil

70,71

+0,54%

Gold

1.793

-0,52%

CPO

4.223

+0,09%

Nickel

18.568

-0,54%

👋 Stockbitor!

PT Telkom Indonesia
($TLKM) melakukan pembicaraan kerja sama dengan SpaceX, perusahaan roket milik Elon Musk. Diskusi ini rencananya akan berkisar mengenai pemanfaatan satelit untuk jasa komunikasi.

Langkah menggaet SpaceX ini juga berkaitan dengan misi pemerintah tentang pengembangan konektivitas digital di seluruh Indonesia. Karena kondisi geografis Indonesia yang terpisah-pisah, satelit menjadi salah satu solusi paling ampuh untuk mengakselerasi pemerataan akses internet di seluruh negeri.

Sejauh ini, Telkom belum menjelaskan bagaimana skema, linimasa, hingga nilai investasi dari kerja sama tersebut. Namun, kerja sama $TLKM dengan SpaceX nantinya akan menciptakan peluncuran teknologi satelit, termasuk satelit orbit bumi rendah (Low Earth Orbit Satellite/LEO), Starlink

Selain $TLKM, Satelit Republik Indonesia (Satria) yang direncanakan akan meluncur pada 2023, juga menggandeng perusahaan transportasi luar angkasa SpaceX sebagai pabrikan untuk satelit peluncur.

Key Takeaway

Dengan maraknya peluncuran satelit komunikasi, hal ini akan membawa konektivitas bagi wilayah 3T (terluar, terdepan, dan tertinggal) yang tidak terjangkau di Indonesia. Selain itu, akselerasi infrastruktur luar angkasa ini juga akan meningkatkan kekuatan dan ketahanan jaringan secara keseluruhan.


World News

🌏 Suzuki & Daihatsu Ikut Produksi Mobil Listrik

Photo by: Kompas

Kabar terkini dari mancanegara:

Jepang: Suzuki dan Daihatsu bergabung dengan koalisi kendaraan listrik komersial yang dipimpin oleh Toyota Motor. Keduanya akan mengakuisisi 10 persen saham dalam usaha patungan, sementara itu, Toyota memegang 60 persen saham.

 Indonesia: Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan (7 Days Reverse Repo Rate/BI 7DRR) sebesar 3,5%. Selain itu, bunga deposit facility dan bunga lending facility masing-masing tetap 2,75% dan 4,25%.

Tiongkok: Provinsi Henan, Tiongkok, dilanda banjir bandang akibat hujan deras tanpa henti sejak tanggal 17 hingga 20 Juli kemarin. Hal ini mengakibatkan waduk dan bendungan di sejumlah titik jebol hingga menewaskan sejumlah warga dan puluhan ribu warga dievakuasi.

Swedia: Volvo akuisisi perusahaan otomotif Tiongkok, Zhejiang Geely Holdings. Volvo akan memiliki kepemilikan penuh atas pabrik manufakturnya di Chengdu dan Daqing, serta fasilitas R&D di Shanghai.


Musim Data Q2 2021

📊 Industri Semen Q2 2021

Penjualan semen domestik selama 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21) mencapai 29 juta ton, meningkat 7,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan ini didorong oleh pertumbuhan penjualan di Kalimantan (+28,7%), Jawa (+5,7%), dan Sumatra (+6,5%). Di bulan Juni 2021, penjualan semen mencapai 5,55 juta ton, meningkat 50,6% dari bulan sebelumnya dan 13,8% dari tahun sebelumnya. 

Di sisi lain, Indocement ($INTP) menjual 7,42 juta ton selama 6M21. Pada bulan Juni 2021, Indocement menjual 1,42 juta ton semen, naik 57,4% dari bulan sebelumnya dan 7,9% dari tahun sebelumnya. 

Alhasil pada 6M21, Indocement memiliki pangsa pasar sebesar 25,6%, turun dari 26,1% pada periode yang sama tahun lalu. 


Saham Top Gainer Hari Ini 🔥

$INDY

+8,81%

$MTDL

+7,33%

$ADRO

+7,66%

$ITMG

+7,17%

Saham Top Loser Hari Ini 🤕

$LPPF

-4,46%

$TOWR

-2,96%

$WIIM

-3,85%

$ACES

-2,17%

Performa Sektor Hari Ini 📊


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

  • PT Bank Negara Indonesia ($BBNI) akan buyback saham perusahaan yang beredari di BEI. Aksi ini direncanakan sebanyak-banyaknya Rp 1,7 triliun dan tidak akan melebihi 20% dari modal disetor, dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar sebesar 7,5% dari modal disetor.

  • PT Medco Energi Internasional ($MEDC) akan menerbikan surat utang global senilai 800 juta dolar AS di Bursa Efek Singapura (SGX-ST). Penerbitan obligasi ini untuk membiayai belanja modal perusahaan, termasuk melakukan akuisisi.

  • Pemerintah akan memberlakukan bantuan subsidi upah sebesar 1 juta rupiah untuk 8 juta pekerja. Bantuan ini diharap dapat mengurangi beban perusahaan dan menghindari PHK.

  • Emiten grup Pelindo II, PT Indonesia Kendaraan Terminal, gelontorkan dana 1 miliar rupiah untuk menyediakan stasiun pengisian daya kendaraan listrik di terminalnya.


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

🔮 Ketika Meramal Masa Depan Terlalu Jauh?

Photo by: stockbit

""Banyak yang berspekulasi menggunakan masa depan yang gilang gemilang. Masa depan yang gak pasti. Ketika anda spekulasi ya spekulasi. Thats it. Jangan gunakan alasan proyeksi masa depan ketika aslinya hanyalah permainan pump and dump."- Thowilz.

Beberapa asumsi lainnya dari spekulator coba di bedah satu per satu oleh Thowilz pada ulasan berikut ini. sini.

Sekilas Tentang @Thowilz
Thowilz adalah seorang value investor yang telah terjun di dunia saham sejak 2008. Thowilz cukup ahli dalam membedah emiten dengan merangkum hasil pemikirannya dalam beberapa seri tulisan di Stream Stockbit, seperti hidden gems series. Kamu bisa temukan insight menarik lainnya dari Thowilz di sini.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Astrid Rahadiani Putri, Calvin Kurniawan
Editor: Sarah Natassja, Vivi Handoyo Lie, Michael Owen Kohana, Almer Dzaki