πŸ“Ά Jasa Marga Rambah Bisnis Internet / by Stockbit Snips

Source: Bisnis via Unsplash

Source: Bisnis via Unsplash

1.png

πŸ‘‹ Stockbitor!

PT Jasa Marga ($JSMR) akan segera terjun ke bisnis internet lewat anak usahanya PT Jasa Marga Related Bisnis (JMRB). Perusahaan tidak akan menjual layanan internet secara langsung, melainkan menjadi penyedia infrastruktur.

Dengan kata lain, JMRB hanya akan menyediakan back-bone fiber optik untuk menunjang layanan internet fixed broadband (Wi-Fi). Pembangunan ini menunggangi sarana jalan tol yang dimiliki Jasa Marga untuk memanfaatkan infrastruktur yang ada.

Saat ini, JMRB akan membangun kabel fiber optik sepanjang 1.167 km, atau di sepanjang jalan tol Trans Jawa, milik Jasa Marga 

Key Takeaway  
Industri telekomunikasi semakin populer di Indonesia, terlebih karena semakin banyaknya perusahaan yang terjun ke industri ini. Kini, Telkom ($TLKM) bukan lagi satu-satunya perusahaan BUMN yang berada di sektor ini dengan masuknya PLN dan Jasa Marga .


World News

🌏 Harga Microsoft Kini 2 Triliun Dolar AS

Source: Mathew Manuel via Unsplash

Source: Mathew Manuel via Unsplash

Kabar terkini dari mancanegara:

Amerika Serikat: Microsoft berhasil menjadi perusahaan dengan kapitalisasi pasar 2 triliun dolar AS.

Amerika Serikat: Warren Buffet mengundurkan diri sebagai wali amanat dari yayasan filantropi Bill & Melinda Gates.

Spanyol: Pendiri perusahaan software antivirus McAfee, John McAfee, ditemukan meninggal dunia di sel penjara Barcelona. Ia gantung diri setelah pengadilan Spanyol setuju untuk mengesktradisinya ke AS atas tuduhan penggelapan pajak.

Jepang: Pemerintah Jepang akan memperketat aturan dana asing pemegang saham perusahaan domestik, terutama di bidang nuklir dan pertahanan. Tujuannya untuk menghindari tuntutan pada perusahaan yang dapat membocorkan keahlian teknologi.


Musim Laba - Q1 2021

πŸ•·οΈ ️️ INKP & TKIM

Source: Susan Q Yin via Unsplash

Selama Q1 2021, kedua anak usaha dari Asia Pulp & Paper mengalami penurunan performa apabila dibandingkan dengan Q1 2020. Beberapa contoh di antaranya adalah:

  • $INKP: Laba bersih Indah Kiat turun 22,3% walaupun pendapatan naik 2,7%. Kenaikan ini dipicu oleh kenaikan pendapatan dua segmen perusahaan yaitu kertas budaya (+14,4%) serta kertas industri dan tissue (+12,5%) yang menutupi penurunan pendapatan segmen pulp (-21,1%). Penurunan laba didorong oleh penurunan keuntungan selisih kurs (-42,8%). (IDX)

  • $TKIM: Laba bersih Tjiwi Kimia turun 52% walaupun pendapatan cenderung stagnan (-0,2%). Hal ini karena walaupun pendapatan kertas industri tumbuh 50,9%, pendapatan dari segmen dominan perusahaan, kertas budaya turun 13,1%.

    Penurunan laba didorong oleh penurunan keuntungan selisih kurs (-67,8%) serta penurunan bagian atas laba dari entitas asosiasi (-35%), yaitu PT OKI Pulp & Paper Mills. (IDX)

Source: Stockbit

Source: Stockbit


😷 Kasus Covid-19 Indonesia Tembus 20.000 per Hari

Source: Fusion Medical via unsplash

Source: Fusion Medical via unsplash

Indonesia alami lonjakan kasus positif Covid-19 per Kamis (24/6) mencapai 20.574 orang, rekor tertinggi semenjak Covid-19 pertama kali diumumkan. Kasus aktif Covid-19 atau pasien yang dirawat dan isolasi kini mencapai 171.542 orang, meningkat 11.018 dari kemarin (23/6).

Hingga saat ini, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 2.053.995 dengan total kesembuhan 1.826.504 dan kematian sebanyak 55.949. Lonjakan kasus ini juga menyebabkan kekosongan stok di level pedagang tabung dan isi ulang oksigen. (CNN,Kompas, Bisnis)

Di sisi lain, jumlah masyarakat yang menerima vaksin pada (24/6) sebanyak 570 ribu (dosis 1) dan 129 ribu (dosis 2), sehingga secara total lebih dari 24,9 juta telah menerima dosis pertama dan 12,7 juta telah menerima dosis kedua.


2.png
3.png
4.png

Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

Source: Pinterest

PT MNC Vision Networks Tbk ($IPTV) akan melakukan private placement sebanyak 665,20 juta saham dengan nominal 100 rupiah per saham.

  • BPK meminta BPJS Ketenagakerjaan untuk cut loss di beberapa saham karena potensi kerugian yang dinilai membuat BPJS tidak dapat memenuhi amanat peserta jaminan sosial.

  • PT PLN secara sah mengakuisisi 100% saham PLTGU Cogen milik anak usaha Chevron Standar Limited, PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara.

  • PT Lippo General Insurance Tbk ($LPGI) bagikan dividen tunai sebesar 41,80 miliar rupiah atau setara 279 rupiah per saham. Total dividen setara 45% dari laba bersih konsolidasi setelah pajak di tahun 2020.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Almer Dzaki, Calvin Kurniawan
Editor: Theodore Henoch, Sarah Natassja, Vivi Handoyo Lie, Michael Owen Kohana, Astrid Rahadiani Putri