🛬 Turbulensi di Tubuh Garuda Indonesia / by Stockbit Snips

Source:  Pandu Agus Wismoyo via Unsplash

Source: Pandu Agus Wismoyo via Unsplash

unnamed (43).png

Halo Stockbitor, 

Pembatasan mobilitas masyarakat turut menyebabkan krisis keuangan pada Garuda Indonesia ($GIAA). Ekuitas perusahaan berada di level negatif dan perusahaan telah merugi sepanjang 4 kuartal berturut-turut (Q4 2019 sampai Q3 2020). Menanggapi keadaan ini, Erick Thohir memberi empat opsi kepada Garuda:

  1. Pinjaman ekuitas.

  2. Legal bankruptcy, namun masih dikaji dasar hukumnya dalam undang-undang.

  3. Restrukturisasi Garuda, namun di saat bersamaan pemerintah membangun maskapai penerbangan domestik baru.

  4. Likuidasi Garuda, sehingga penerbangan sepenuhnya akan dilayani maskapai swasta.

Upaya penyehatan keuangan yang telah dilakukan Garuda Indonesia adalah menawarkan program pensiun dini bagi para karyawannya dan memangkas operasional separuh armadanya, dari 142 pesawat menjadi 70 pesawat.


World News

🌏 James Bond dan Rocky Jadi "Peluru" Baru Amazon

Source: Giphy

Source: Giphy

Amerika Serikat: Studio film produsen James Bond dan Rocky, MGM Studios, dibeli oleh Amazon dengan nilai 120,6 triliun rupiah. Katalog film MGM menjadi daya tarik bagi Amazon yang tengah bersiap untuk menghadapi gempuran di bisnis over-the-top (OTT) dari Netflix, Hotstar, dan HBO Max.

Australia
: Marhaba, mata uang kripto berprinsip syariah, akan diluncurkan pada tahun ini. Tujuannya adalah menanamkan ekosistem decentralized finance yang relevan yang menjunjung prinsip keislaman.


Amerika Serikat:
HSBC akan menjual 80 kantor cabangnya di AS kepada Citizens Financial Group. Aksi ini merupakan bagian dari rencana HSBC menggeser fokus bisnis retail banking ke wealth management, khususnya ke wilayah Asia.


Inggris
: Uber akhirnya mengakui keberadaan serikat pengemudinya setelah melalui mekanisme di pengadilan setempat. Serikat ini nantinya akan dapat mewakili driver yang dicabut aksesnya ke aplikasi. Selain itu, serikat akan mengadakan pertemuan rutin dengan manajemen untuk membahas isu-isu.


Musim Laba - Q1 2021

🕷️️ ️Bank BUMN

Source: Nico Wijaya via Unsplash

Source: Nico Wijaya via Unsplash

Laba 3 bank BUMN terbesar, yaitu BRI, Bank Mandiri, dan BNI mengalami kenaikan laba dibanding kuartal sebelumnya yaitu Q4 2020 ($BBRI +360,9%, $BMRI +91,5%, $BBNI +52,2%).

Namun, apabila dibandingkan dengan tahun lalu yaitu Q1 2020, laba mengalami penurunan (BBNI -43,9%, BMRI -19,3%, BBRI -16,0%). 

 Salah satu penyebab utama penurunan laba ini adalah peningkatan beban CKPN (Cadangan Kerugian Penurunan Nilai) dibanding Q1 2020 akibat semakin banyak kredit yang direstrukturisasi karena pandemi COVID-19.

 Selain itu rasio kredit bermasalah atau non performing loan ketiga perusahaan juga mengalami peningkatan.

Di sisi lain, laba Bank BTN ($BBTN) naik dibanding kuartal sebelumnya (+29,5%) serta tahun sebelumnya (+36,8%). Hal ini didukung oleh kenaikan net interest marginpertumbuhan kredit (+3,2%) dan dana pihak ketiga (+33%), serta penurunan rasio kredit bermasalah (NPL gross) yang turun dari 4,91% pada Q1 2020 menjadi 4,25%. (BBRIBMRIBBNIBBTN)

Source: Stockbit

Source: Stockbit


Saham Top Gainer hari ini: 
$CPIN (+7,38%)
$APIC (+6,71%)
$EXCL (+4,37%)
$ACES (+4,26%)

Saham Top Loser hari ini:
$IPTV (-5,56%)
$LPKR (-4,85%)
$MEDC (-4,17%)
$TBIG (-3,95%)

Performa sektor hari ini:
IDXINDUST (+1,92%)
IDXNONCYC (+1,81%)
IDXINFRA (+1,56%)
IDXBASIC (+0,86%)
IDXTECHNO (+0,74%)
IDXTRANS (+0,59%)
IDXCYCLIC (+0,38%)
IDXENERGY (-0,19%)
IDXPROPERT (-0,20%)
IDXHEALTH (-0,30%)
IDXFINANCE (-0,60%)


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

Source: Giphy

Source: Giphy

  • Melalui Multipolar ($MLPL), grup Lippo menyuntikkan dana sebesar 700 miliar rupiah ke platform edukasi Ruangguru. Namun, investasi tersebut tidak menjadikan Multipolar sebagai pihak pengendali di Ruangguru.

  • Setelah menutup sejumlah gerainya, Centro Department Store dinyatakan pailit melalui voting para kreditor. Voting ini digelar atas permohonan perdamaian atas gugatan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) yang dilayangkan kepada Centro.

  • Erajaya Swasembada ($ERAA) siapkan capex sebesar 250 miliar rupiah untuk membuka 300 gerai baru tahun ini. Sepanjang kuartal-I, 36 toko telah dibangun dan menyerap capex sebesar 37 miliar rupiah.

  • MNC Bank ($BABP) telah mengantongi izin layanan perbankan digital dari OJK dengan nama MotionBanking. Pertumbuhan bank digital ini akan dimotori oleh basis pelanggan MNC Group yang masif.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Almer Dzaki, Calvin Kurniawan
Editor: Michael Owen Kohana, Sarah Natassja, Theodore Henoch