🧾 Tarif Pajak Baru Untuk "Crazy Rich" Indonesia / by Stockbit Snips

Source:  The New York Public Library via Unsplash

Source: The New York Public Library via Unsplash

Komoditas 25 Mei 2021.png

Halo Stockbitor, 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berencana untuk menambah lapisan (layer) pembayar pajak baru, yaitu golongan orang super kaya (high wealth individual)  dengan penghasilan di atas 5 miliar rupiah per tahun.

Sebelumnya, golongan ini dikelompokkan bersamaan dengan golongan berpenghasilan di atas 500 juta rupiah per tahun dan dikenakan tarif pajak penghasilan (PPh) sebesar 30%. Namun, dengan adanya lapisan baru, golongan orang super kaya akan dikenakan PPh sebesar 35%.

 Sri Mulyani juga menambahkan bahwa golongan super kaya di Indonesia jumlahnya hanya sedikit. Selain itu, kondisi ekonominya tidak terdampak signifikan selama pandemi Covid-19. Sebagai info, menurut data konsultan properti, Knight Frank, terdapat 21.430 orang yang tergolong dalam kategori high new worth individual di Indonesia pada tahun 2020. Kategori ini terdiri atas individu dengan kekayaan lebih dari 1 juta dolar AS.

In other news, Bank Indonesia pertahankan suku bunga acuan di level 3,5%


World News

🌏 Salip Jeff Bezos, Bos Louis Vuitton Jadi Orang Terkaya

Source: Christian Wiedger via Unsplash

Source: Christian Wiedger via Unsplash

Prancis: Bernard Arnault, CEO perusahaan Moët Hennessy Louis Vuitton, menjadi orang terkaya versi Forbes dengan total kekayaan sebesar 186,3 miliar dolar AS.

Malaysia: Sebanyak 47 orang mengalami cedera berat dan 166 penumpang mengalami luka ringan setelah terjadi tabrakan antara 2 LRT dari arah yang berlawanan.

Korea Selatan: Bank sentral Korea Selatan, Bank of Korea, mendukung penuh pembentukan mata uang digital. Bank of Korea kini tengah melakukan penawaran terbuka kepada pemasok teknologi untuk membangun platform pada tahap uji coba.

India: Di tengah maraknya infeksi black and white fungus (jamur hitam dan putih), pemerintah setempat menemukan kasus infeksi pertama yellow fungus (jamur kuning). Infeksi yellow fungus dipercaya lebih berbahaya dari black and white fungus.


Musim Laba - Q1 2021

🕷️️ ️ERAA, MAPI, MAPA, MAPB

Source: Viktor Bystrov via Unsplash

Source: Viktor Bystrov via Unsplash

Berikut adalah beberapa performa perusahaan ritel pada Q1 2021 apabila dibandingkan dengan Q1 2020, seperti:

  • $ERAA: Laba bersih Erajaya Swasembada naik 186,6% YoY yang didorong oleh kenaikan pendapatan (+39%) dengan adanya pertumbuhan signifikan pada segmen HP dan tablet (+48%). Net profit margin juga mengalami peningkatan dengan adanya kenaikan harga jual rata-rata yang naik 35% menjadi 3,08 juta dan efisiensi pada beban keuangan (-20%).

Salah satu hal yang mempengaruhi performa adalah aturan implementasi kontrol IMEI pada 15 September 2020. (ERAA)

  • $MAPI: Laba bersih MAP turun 32,4% dibandingkan tahun lalu yang didorong oleh penurunan pendapatan (-8,4%). Hal ini disebabkan oleh penurunan laba segmen aktif ($MAPA) (laba -99,1%, pendapatan -12,8%) dan juga penurunan laba segmen boga ($MAPB) (laba -48%, pendapatan -18,6%).

Beberapa hal yang menyebabkan penurunan jumlah pengunjung di gerai specialty adalah pembatasan jam operasional mal pada Januari dan Februari dan adanya pembatasan kapasitas 25% untuk pengunjung restoran yang berdampak ke segmen boga. (IDX)

Source: Stockbit

Source: Stockbit


Berita Lainnya

🧾 Dirut Telkomsel Dipanggil Terkait Dugaan Korupsi

Source: Berita Satu

Source: Berita Satu

Setyanto Hantoro, Direktur Utama PT Telkomsel, dan Edi Witjara, Direktur Enterprise & Business Service PT Telkom Indonesia, dipanggil oleh Polda Metro Jaya sebagai saksi atas dugaan kasus korupsi. Dalam surat pemanggilan, penyidik sedang menyelidiki dugaan tindak pidana korupsi pengajuan proposal program sinergi new sales broadband Telkomsel.

Program ini diduga tidak sesuai penerapannya sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi negara. Deni Abidin, VP Corporate Communication Telkomsel, mengatakan pihaknya akan kooperatif dalam masalah ini. Deni menambahkan, pihaknya juga masih mempelajari berkas dan dokumen pemanggilan dari Polda Metro Jaya.


Saham Top Gainer hari ini: 
$SMBR (+10,24%)
$MPMX (+7,95%)
$BFIN (+7,46%)
$WSKT (+7,07%)

Saham Top Loser hari ini:
$ERAA (-3,20%)
$SSIA (-3,18%)
$MNCN (-2,10%)
$CPIN(-2,01%)

Performa sektor hari ini:
IDXENERGY (+1,40%)
IDXFINANCE (+1,33%)
IDXINFRA (+1,27%)
IDXBASIC (+1,14%)
IDXINDUST (+0,91%)
IDXCYCLIC (+0,46%)
IDXHEALTH (+0,32%)
IDXPROPERT (+0,11%)
IDXNONCYC (-0,06%)
IDXTECHNO (-0,40%)
IDXTRANS (-1,88%)


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

Source: Giphy

  • Bank Mandiri ($BMRI) akan menghadirkan Livin' 2.0 hasil pengembangan dari Livin' 1.0 yang akan menjadi superapp keluaran Bank Mandiri pada akhir tahun ini.

  • PT Industri Baterai Indonesia dan Konsorsium LG akan melakukan pemasangan tiang pancang (groundbreaking) dalam waktu dekat. Nantinya kapasitas produksi pada tahap I mencapai 10 gigawatt hour (GWh) yang akan dipakai untuk kendaraan listrik Hyundai.

  • Direktur Utama BRI ($BBRI) menegaskan pembentukan Holding Ultra Mikro di bawah BRI dengan Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani telah mendapat persetujuan dari Komite Privatisasi Perusahaan Persero.

  • Hero Supermarket ($HERO) akan mengubah 5 gerai supermarket Giant menjadi IKEA dan menutup seluruh sisanya pada Juli 2021.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Michael Owen Kohana, Calvin Kurniawan
Editor: Almer Dzaki, Sarah Natassja, Theodore Henoch