😷 Bea Masuk Impor Masker Bedah / by Stockbit Snips

Source: Wall Street Journal

Source: Wall Street Journal

Capture-removebg-preview.png

Halo Stockbitor, 

Ekspor benih bening lobster (BBL) dihentikan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan dalam rangka perbaikan tata kelola BBL dan penyelesaian regulasi mengenai penerimaan negara bukan pajak (PNBP) untuk ekspor BBL.

In other news, Kementerian Perhubungan berencana relaksasi pembatasan kapasitas maksimal penumpang pesawat dari 70% jadi 85% mulai Q2 2021 untuk memacu pemulihan sektor aviasi nasional. Selain itu, insentif berupa subsidi passenger service charge (PSC) atau PJP2U juga direncanakan untuk diperpanjang sampai Q2 2021.


Berita Terkini: 

😷 Bea Masuk Impor Masker Bedah

Impor masker bedah dengan pos tarif 63079040 diberlakukan bea masuk sebesar 20% setelah sebelumnya diberikan fasilitas pembebasan.

Sampai dengan 25 November 2020, alat kesehatan yang mendapatkan fasilitas kepabeanan berjumlah 9,11 triliun rupiah (nilai impor) dan 653 miliar rupiah (nilai fasilitas bea masuk).  

Diberlakukan nya bea masuk ini dikarenakan oleh penurunan utilisasi pabrik masker medis nasional yang turun dari 100% pada bulan April menjadi 60% pada bulan November. Salah satu penyebab nya adalah terus menurunnya harga impor masker, yang sempat menyentuh 51,2 dolar AS per kilogram pada bulan April dan akhirnya turun sekitar 80% dalam 5 bulan ke level 10,1 dolar AS per kilogram pada bulan September.

Bahkan, menurut data Kemenperin, produksi masker bedah diprediksi akan mencapai 3,52 miliar helai tahun ini, jauh di atas kebutuhan nasional yang berjumlah 129,84 juta helai yang berarti surplus ada di kisaran 3,39 miliar helai.


🎯 #TargetKinerja2021 Impack Pratama

Impack Pratama ($IMPC) adalah produsen dan distributor bahan bangunan plastik, terutama produk polycarbonate. Beberapa merek yang dimiliki perusahaan ini adalah Solartuff, Alderon, Laserlite, Aquatuff, Polyvic, dan Crystal.

Impack Pratama ($IMPC) menargetkan peningkatan pendapatan sebesar 18,75% menjadi 1,9 triliun rupiah dan pertumbuhan laba sebesar 20% menjadi 165 miliar rupiah. Pertumbuhan ini lebih rendah dari pertumbuhan laba $IMPC pada 9M20 yang bernilai 55,9% secara yoy.

Beberapa hal yang menurut manajemen mendukung pertumbuhan ini adalah:

  • Adanya peluncuran produk baru. Di semester kedua 2020, atap berbahan Polyethylene terephthalate (PET) dan cat pelapis antibocor Aquatuff diperkenalkan di pasar.

  • Penambah mesin baru untuk produk polycarbonate.

  • Pembelian aset dari produsen produk atap FRP, Galaxy Rooflite Pty Ltd dan akuisisi Megaplas Corporation Sdn Bhd dan Vermax Corporation Sdn Bhd yang diprediksi akan menyumbang 240 miliar rupiah (Galaxy) dan 120 miliar rupiah (Megaplas dan Vermax).

Impack Pratama juga tetap ingin menambah pangsa pasar yang dimilikinya. Secara keseluruhan, pangsa pasar produk Impack Pratama berkisar di level 40-50% di Indonesia dan perseroan menargetkan peningkatan pangsa pasar sampai 70-75% dalam beberapa tahun kedepan.

Selain itu, pangsa pasar perusahaan di New Zealand mencapai 50-60%, sedangkan di Australia mencapai 25%-30%.


👨 #FigureFriday Ir. Ciputra

Berasal dari Sulawesi, Ir. Ciputra menghabiskan masa kecil sampai dengan SMA di Sulawesi dan akhirnya pindah ke Bandung saat berkuliah di ITB. Di sana, ia bertemu dengan tokoh Budi Brasali dan Ismail Sofyan dan akhirnya bersama-sama mendirikan perusahaan konsultan arsitektur.

Setelah itu, karir profesional nya dimulai di Jaya Group yang terus ia tekuni sampai berumur 65 tahun. Proyek besar yang ia kerjakan bersama dengan perusahaan yang dimiliki pemerintah daerah DKI Jakarta itu termasuk proyek Ancol.

Sambil bekerja di sana, ia juga mendirikan Metropolitan Group (Pondok Indah) dan Bumi Serpong Damai bersama dengan Soedono Salim, Budi Brasali, Soedwikatmono, dan Ibrahim Risjad. Namun, ia pun akhirnya harus menjual beberapa aset dan perusahaan yang dimilikinya, termasuk BSD untuk membayar utang akibat krisis 1998.

Selain itu, ia pun kemudian mendirikan Ciputra Group, yang selain bergerak di bidang properti juga merambah ke bidang lain melalui Century21, Universitas Ciputra, Ciputra Hospital, Ciputra Artpreneur, dan Ciputra Life.


Top Gainer hari ini:
$LPKR (+24,10%)
$JRPT (+8,00%)
$SIMP (+7,87%)
$INDY (+7,74%)

Top Loser hari ini:
$SSMS (-4,76%)
$SMSM (-3,95%)
$ACES (-2,06%)
$CTRA (-2,05%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Disney berencana merumahkan 32 ribu pekerja pada tahun 2021 setelah merugi akibat tutupnya banyak taman hiburan Disneyland serta pembatalan maupun penundaan rilis film.

  • PT Kereta Api Indonesia bersama dengan PT Pelindo I, dan PT Kawasan Industri Medan tandatangani MoU mengenai rencana kerja sama angkutan barang berbasis kereta api.

  • Astra Infra, anak usaha dari Astra International ($ASII) akuisisi 100% saham PT Jakarta Marga Jaya (JMJ) dari PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) sebesar 51% dan PT Jaya Sarana Pratama
    (JSP) sebesar 49%.

  • Tokyo Gas Co. Ltd akuisisi 33,4% saham Super Energy ($SURE)
    dari PT Super Capital Indonesia.

  • Merek premium dari Toyota, Lexus rilis mobil SUV listrik UX 300e dengan harga 1,25 miliar rupiah (on the road Jakarta). Astra Indonesia ($ASII) melalui joint venture TAM adalah agen tunggal , importir, distributor dan pemegang merek Toyota dan Lexus.

  • Kasus baru harian COVID-19 di Korea Selatan melebihi 500 kasus, tertinggi sejak bulan Maret 2020.