🏬 Pakuwon Beli Aset Duniatex / by Stockbit Snips

Source: Tribun

Source: Tribun

sadsadasdas.PNG

Halo Stockbitor, 

IHSG ditutup turun 2,95% hari ini. Investor asing juga melakukan net sell sebesar 3,2 triliun rupiah.

Beberapa saham yang paling besar outflow nya adalah $TLKM sebesar 638,3M disusul dengan $BBCA sebesar 474,4M, $HMSP sebesar 271,7M, $BBRI sebesar 256M dan $ASII sebesar 239,9M.


Berita Terkini: 

🏬 Pakuwon Beli Aset Duniatex

Pakuwon Jati ($PWON) lewat anak usahanya, Pakuwon Permai beli Hartono Lifestyle Mall Yogyakarta, Hartono Lifestyle Mall Solo, dan Hotel Marriott Yogyakarta seharga 1,359 triliun rupiah dari Delta Merlin Dunia Properti, anak usaha dari Duniatex.

Ini merupakan langkah ekspansi Pakuwon diluar wilayah Surabaya dan Jakarta, tempat mayoritas portofolio bisnis nya ada saat ini, seperti Gandaria City Mall, Kota Kasablanka Mall, dan Blok M Plaza di Jakarta serta Tunjungan Plaza, Pakuwon Mall, Pakuwon Trade Center, Pakuwon City Mall, Pakuwon Town Square, Food Mall, Food Junction, dan Royal Plaza di Surabaya.

Penjualan aset dari Delta Merlin itu merupakan klausul perdamaian (homologasi) yang dilakukan Delta Merlin untuk membayar utang-utang yang dimiliki perusahaan untuk krediturnya setelah proses PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang).

Gugatan PKPU tersebut diajukan oleh Bank QNB Indonesia ($BKSW) pada tanggal 10 Februari 2020.

Selain Delta Merlin Dunia Properti, 6 perusahaan tekstil dibawah Duniatex juga terlilit perkara PKPU yang secara total memiliki utang sebesar 22,36 triliun rupiah yang berasal dari 144 kreditur.

Selain mengakuisisi aset tersebut, Pakuwon ($PWON) juga berencana berekspansi dengan mengembangkan proyek kondominium di Bekasi, serta mengembangkan satu hotel bintang empat dan satu hotel bintang lima.


🌞 Lahan Bekas Tambang Jadi Tempat Pengembangan PLTS

8 perusahaan tambang  mengajukan pemanfaatan lahan bekas tambang untuk penggunaan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya), seperti Timah ($TINS), Adaro Indonesia (anak usaha dari $ADRO), Bukit Asam ($PTBA), Berau Coal ($BRAU), Trubaindo Coal Mining dan  Indominco Mandiri (anak usaha dari $ITMG), Borneo Indobara (anak usaha dari $GEMS), dan Multi Harapan Utama.

Tentunya, pengembangan PLTS sebagai program reklamasi juga butuh beberapa pertimbangan seperti lokasi, kondisi ketersediaan listrik dan mungkin mendapat beberapa tantangan seperti alokasi pengembangan PLTS yang masih rendah pada RUPTL (Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik) PLN, serta belum adanya jaminan atas pengelolaan PLTS bagi pemilik lahan yang berminat untuk mengembangkan PLTS.  

Namun, di sisi lain, pemanfaatan lahan tambang bekas dapat mengurangi risiko dari
sisi penyiapan lahan terutama karena kendala yang terjadi dalam pengembangan PLTS seringkali terkait dengan masalah akuisisi lahan.

Di Indonesia ada 33 lokasi yang berpotensi bisa dijadikan tempat pengembangan, yang mayoritas nya (30) ada di wilayah Kalimantan Timur. Dari seluruh lokasi, kapasitas yang bisa dihasilkan bahkan dapat mencapai 436 MW.


💰 What to watch for: This Week

Beberapa data ekonomi yang akan rilis minggu ini:

  • Indonesia: M2 Money Supply Oktober (Senin), PMI November (Selasa), inflasi November (Selasa), foreign tourist arrival Oktober (Selasa)

  • AS: PMI (Selasa), neraca perdagangan Oktober (Jumat), tingkat pengangguran (Jumat)

Agenda emiten minggu ini:
Dividen $UNVR 87 rupiah / lembar (Cum date: 30 November)
Dividen $SMSM 20 rupiah / lembar (Cum date: 1 Desember)
Dividen $IFII 3 rupiah / lembar (Cum date: 2 Desember)
Dividen $DMAS 25 rupiah / lembar (Cum date: 2 Desember)


Top Gainer hari ini:
$HRUM (+21,40%)
$DOID (+15,82%)
$LPKR (+13,59%)
$ITMG (+10,55%)

Top Loser hari ini:
$LPPF (-6,99%)
$UNTR (-6,98%)
$INKP (-6,97%)
$MAPI (-6,94%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Indocement ($INTP) umumkan pembagian dividen interim sebesar 225 rupiah per lembar saham.

  • Itama Ranoraya ($IRRA) tandatangani kontrak pengadaan jarum suntik sekali pakai atau auto disable syringe (ADS) dengan Kementerian Kesehatan. Kontrak penjualan itu berjumlah 111 juta jarum yang digunakan dalam program vaksin COVID-19.

  • Pembunuhan ilmuwan nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh oleh Israel berpotensi memperburuk ketegangan Timur Tengah dan rencana diplomatik Joe Biden setelah Iran menyebut tindakan Israel itu atas restu AS.

  • Bandara Internasional Frankfurt, Jerman jadi pusat logistik pendistribusian jutaan dosis vaksin Covid-19 ke seluruh dunia.