πŸ“œ Aturan Stock Split & Reverse Stock Split Diperketat / by Stockbit Snips

27 Agustus 2021
Photo by: : Coronado Times

Photo by: : Coronado Times

Daily Market Performance πŸš€

IHSG

6.041

-0,28%

Coal

171,00

+0,15%

Crude Oil

68.21

+1,17%

Gold

1.796

+0,25%

CPO

4.568

-0,67%

Nickel

18,793

-1,01%

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah membuat Rancangan Peraturan OJK (RPOJK) tentang aksi korporasi stock split dan reverse stock split.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dalam rangka pemenuhan hak pemegang saham serta perlindungan investor karena belum ada regulasi khusus yang mengatur kedua aksi korporasi tersebut. 

Beberapa hal yang diatur dalam rancangan peraturan tersebut adalah:

  • Emiten dilarang untuk melakukan right issue dan merger dalam kurun waktu 12 bulan setelah melaksanakan stock split dan reverse stock split

  • Emiten dilarang untuk melakukan stock split dan reverse stock dalam kurun waktu 12 bulan setelah rights issue, private placement, ataupun stock split atau reverse stock split sebelumnya dan 24 bulan setelah merampungkan initial public offering (IPO).

  • Emiten yang akan melakukan stock split atau reverse stock split wajib menunjukan penilaian saham apabila terjadi fluktuasi harga saham perusahaan yang signifikan

Key Takeaway

Stock split (pemecahan jumlah saham) dan reverse stock split (penggabungan jumlah saham) sebenarnya tidak mengubah nilai valuasi suatu saham. Tetapi, aksi korporasi tersebut biasanya dilakukan emiten untuk mengoptimalkan likuiditas transaksi sahamnya, yang kemudian diharapkan mempengaruhi harga saham.

Pengetatan aturan ini akan membuat perusahaan lebih sulit untuk melakukan aksi korporasi tersebut.


Berita Korporasi

πŸ”€ BEBS Reshuffle Susunan Direksi

Photo by: Pasardana
  • $BEBS: Berkah Beton Sadaya memutuskan untuk melakukan perubahan susunan anggota dewan komisaris dan direksi. Berkaitan dengan itu, Iwan Supriyanto ditunjuk untuk menjadi Direktur baru. Selain itu, Soewarso menjadi Komisaris baru perusahaan, menggantikan Zulfikar Ali Indra.

  • $BBKP: Bank Bukopin telah menerima surat pengunduran diri Susiwijono dari posisinya sebagai Komisaris pada Rabu (25/8) kemarin. Permohonan tersebut akan diputuskan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) nanti.

  • $ISAT: Indosat Ooredoo baru saja meluncurkan layanan jaringan 5G di DKI Jakarta, yang mencakup daerah kantor pusat Indosat Ooredoo di Jl. Medan Merdeka dan sekitar Monumen Nasional (Monas). Untuk peluncuran kali ini, Indosat Ooredoo menggandeng Ericsson sebagai vendor teknologinya. Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyediakan layanan 5G di Solo, Jawa Tengah.

  • $UNTR: Melalui anak usahanya, Pamapersada Nusantara (PAMA), United Tractors memberikan pinjaman sebesar 564 miliar rupiah kepada Suprabari Mapanindo Mineral (SMM). Pinjaman ini akan digunakan untuk modal kerja SMM.


Musim Laba Q2 2021

πŸ•·οΈ DMAS & PZZA

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit

Selama April sampai dengan Juni 2021 (Q2 2021), beberapa perusahaan  mengalami perubahan performa apabila dibandingkan dengan Q2 2020. Berikut adalah rinciannya:

  • $DMAS: Laba bersih Deltamas terkoreksi sebesar 30,2% pada Q2 2021 (YoY). Hal ini didorong oleh turunnya pendapatan (-68,1%).

    Meski demikian, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan tumbuh 265,6% menjadi 289 miliar rupiah. Kenaikan ini didukung oleh meningkatnya pendapatan (+129,5%), terutama di segmen industrial (+139,5%) dan residensial (+413,3%). Selain itu, Deltamas juga melakukan penghematan pada beban umum dan administrasi (-38,7%). (IDX

     

  • $PZZA: Laba bersih Sarimelati Kencana naik menjadi 27 miliar rupiah pada Q2 2021. Peningkatan laba ini disebabkan oleh naiknya pendapatan (+13,0%) serta terjaganya tingkat pertumbuhan biaya-biaya.

     

    Dengan begitu, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba bersih perusahaan naik 200,9% menjadi 32 miliar rupiah. Meskipun demikian, laba kotor di beberapa segmen wilayah utama menunjukkan penurunan, misalnya di Jakarta (-5,5%) dan Jawa Bali (-14,1%). Namun, perusahaan mampu melakukan efisiensi biaya pada beban penjualan (-8,1%) serta beban umum dan administrasi (-2,8%). (IDX)


Saham Top Gainer Hari Ini πŸ”₯

$WEGE

+6,18%

$LPPF

+3,21%

$LPKR

+3,79%

$BDMN

+2,70%

Saham Top Loser Hari Ini πŸ€•

$MEDC

-4,13%

$BNGA

-3,43%

$ERAA

-3,48%

$BTPS

-3,40%

Performa Sektor Hari Ini πŸ“Š


Other News

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

  • Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa rasio keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit secara nasional saat ini menurun hingga mencapai angka 29%. Hal ini terjadi seiring dengan menurunnya penambahan kasus harian Covid-19.

  • Pemerintah dan Komisi VI DPR RI sepakat untuk segera menyelesaikan pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Persetujuan ASEAN tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik atau ASEAN Agreement on E-Commerce (AAEC). Agenda ini akan diperbincangkan dalam sidang paripurna DPR RI.

  • Produsen ponsel Xiaomi Corp berencana untuk membeli Deepmotion, start-up teknologi mobil self-driving, dengan harga 77,4 juta dolar AS. Xiaomi Corp juga dikabarkan tengah mendekati Evergrande Group untuk mengakuisisi 65% saham Evergrande New Energy Vehicle (NEV). Hal ini merupakan bagian dari upayanya untuk menyasar bisnis mobil listrik.


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

πŸ‘πŸ½ 3 Sehat, 4 Sempurna?

Photo by: stockbit

"Position size, hit rate, trading plan, psikologis. Kamu mungkin sudah bosan mendengarkan kata-kata tersebut, terdengar seperti nasehat klise dalam investasi. Tapi jika kamu mempelajarinya dengan lebih seksama, kamu pasti akan menemukan "arti" dan manfaat dari keempatnya." β€” Michaelyeoh

Kalian pasti sering mendengar nasehat terkait Position Size, Hit Rate, Trading Plan, dan Psikologi dalam investasi. Nah, kali ini Michaelyeoh coba membahas keempat hal tersebut dari sudut pandangnya. Penasaran seperti apa? Simak tulisan lengkapnya di sini!

Sekilas tentang Michaelyeoh

Michaelyeoh dikenal sebagai seorang trader yang ahli dalam analisa teknikal serta psikologis pasar. Beliau cukup aktif menulis di Stockbit Stream sejak 2018 silam. Stockbitor yang cukup dikenal sebagai influencer saham karena aktif di media sosial (Instagram) dan sering diundang media mainstream seperti Kumparan, CNBC, dan lainnya ini dapat kamu temukan selengkapnya di sini.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Sarah Natassja
Editor: Vivi Handoyo Lie,Michael Owen Kohana, Astrid Rahadiani Putri, Calvin Kurniawan, Almer Dzaki