☢️ Kontroversi Nuklir Dalam RUU Energi Baru Terbarukan / by Stockbit Snips

Source: CNN Indonesia

Source: CNN Indonesia

4cac2c99-6ca2-459b-99cc-27ae1200a913.png

Halo Stockbitor, 

Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa atau lebih dikenal dengan IEU-CEPA ditargetkan selesai dirundingkan dan ditandatangani tahun ini.

In other news, harga saham Gamestop and AMC pada (28/1) turun 44% dan 54% setelah beberapa platform trading seperti Robinhood dan Interactive Brokers melarang perdagangan saham tersebut.

Sebelumnya, harga saham Gamestop mengalami peningkatan masif dari 19,95 dolar AS pada tanggal 12 Januari menjadi 347,51 dolar AS pada tanggal 27 Januari. Adapun harga saham AMC meningkat dari 2,29 dolar AS menjadi 19,9 dolar AS di jangka waktu yang sama.

Kedua kenaikan harga saham ini dipacu oleh dukungan kelompok investor di Reddit untuk membeli saham perusahaan tersebut.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Biden Bekukan Sementara Penjualan Jet Tempur F-35 ke UEA

c5aa2a3f-d0e5-4208-af96-f6adce690e0b.jpg

Amerika Serikat: Joe Biden melakukan pembekuan sementara penjualan 50 jet tempur F-35 ke UEA. Hal ini memberikan sinyal bahwa Biden berencana mengakhiri dukungan pemerintahan Trump atas serangan yang dipimpin oleh Arab Saudi dan didukung UEA di Yaman.

Filipina: Pemerintah Filipina protes atas kesepakatan sepihak Tiongkok untuk menembak kapal asing dan menghancurkan properti negara lain yang berada di wilayah Laut Cina Selatan.

Republik Rakyat Tiongkok: Merespons dukungan AS terhadap ASEAN atas penolakan klaim Tiongkok di Laut Cina Selatan, Tiongkok menggelar latihan perang Tentara Pembebasan Rakyat di Laut Cina Selatan.

Israel: Panglima militer Israel umumkan akan menyusun rencana penyerangan terhadap Iran. Hal ini didorong oleh motivasi Israel untuk melawan kemampuan nuklir Iran.

Indonesia: Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, menyatakan bahwa Telkom Indonesia ($TLKM) akan bertransformasi menjadi Digital Hub BUMN untuk mendorong daya saing ekonomi Indonesia.


☢️ Kontroversi Nuklir Dalam RUU Energi Baru Terbarukan

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto, mengatakan bahwa komisinya menargetkan Rancangan Undang-Undang Energi Baru Terbarukan akan selesai pada Oktober tahun 2021 ini. Terobosan baru yang dicanangkan ialah masuknya nuklir berbentuk pembangkit listrik tenaga nuklir dan pembangkit panas nuklir.

Wah keren banget! Kok bisa?
Sebenarnya, desakan untuk memasukkan nuklir sebagai energi terbarukan di Indonesia sudah dibahas sejak Oktober 2020 lalu. President Women in Nuclear Indonesia, Tri Murni S. Soentono, turut menyatakan bahwa Indonesia butuh kapasitas sumber energi yang besar dan berkelanjutan. Menurutnya, tenaga nuklir dapat menjadi alternatif karena tidak melepaskan CO2.

Adapun Ketua Himpunan Masyarakat Nuklir Indonesia (HIMNI), Susilo Widodo, memaparkan bahwa target bauran energi Indonesia di angka 23 persen akan sulit dicapai apabila pemerintah tidak melibatkan nuklir sebagai bagian dari EBT.

Terus kira-kira ke depannya gimana?
Pembahasan nuklir dalam RUU Energi Baru Terbarukan sebenarnya juga menimbulkan kontroversi lho! Pasalnya, Peneliti Yayasan Indonesia Cerah, Mahawira Dillon, mengatakan bahwa energi nuklir tidak cocok dengan wilayah geografis Indonesia.

Berkaca pada wilayah Indonesia yang terletak di Ring of Fire, Indonesia tentu akan mengalami aktivitas vulkanik dan tektonik dengan intensitas yang cukup sering. Padahal, penyimpanan limbah pembangkit listrik tenaga nuklir memerlukan lokasi yang stabil.


Saham Top Gainer hari ini:
$MDKA (+11,35%)
$LPPF (+9,05%)
$PNLF (+9,01%)
$MEDC (+7,44%)

Saham Top Loser hari ini:
$WSKT (-6,91%)
$TINS (-6,89%)
$BBKP (-6,88%)
$KAEF (-6,87%)

Performa sektor hari ini:
AGRI (+0,71%)
MINING (+0,31%)
TRADE (+0,23%)
PROPERTY (-0,56%)
BASIC-IND (-1,61%)
INFRASTRUCTURE (-2,15%)
MISC-IND (-2,17%)
CONSUMER (-2,31%)
FINANCE (-3,15%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Bank BRI Syariah ($BRIS) resmi berganti nama menjadi PT Bank Syariah Indonesia (BSI). Hal ini dilakukan setelah BRIS merger dengan dua bank syariah milik BUMN, yaitu PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah.

  • Pemegang saham Bayung Poetra Sembada ($HOKI) menyetujui wacana pemecahan nilai nominal saham (stock split) dengan nilai rasio 1:4.

  • Dua direktur Unilever Indonesia ($UNVR), Jochanan Senf dan Sri Widowati, resmi mengundurkan diri. Adapun Senf digantikan oleh Tran Tue Tri dan Sri Widowati digantikan oleh Hernie Raharja.

  • Indika Energy ($INDY) yang semula berfokus di sektor batu bara akan mulai mendiversifikasi bisnisnya.