🏦 Hasil Kinerja Keuangan Bank BUKU-IV BUMN / by Stockbit Snips

Source: The Jakarta Post

Source: The Jakarta Post

4cac2c99-6ca2-459b-99cc-27ae1200a913.png

Halo Stockbitor, 

Presiden Joko Widodo mempertanyakan implementasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) karena tidak efektif menurunkan kasus Covid-19.

Ia kemudian memerintahkan para menterinya untuk melibatkan pakar epidemiologi dalam mengevaluasi kebijakan PPKM.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay, mengusulkan kebijakan lockdown akhir pekan, mulai dari hari Jumat jam 8 malam hingga hari Senin jam 5 pagi.

Selain itu, vaksinasi bagi masyarakat umum akan dimulai pada April 2021 setelah seluruh tenaga kesehatan dan aparat penegak hukum selesai divaksin.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Pemimpin Partai Demokrasi dan Presiden Myanmar Ditangkap Pihak Militer

c5aa2a3f-d0e5-4208-af96-f6adce690e0b.jpg

Myanmar: Pemimpin Partai National League for Democracy (NLD) dan Presiden Myanmar, Aung San Suu Kyi dan Win Myint, ditangkap oleh pihak militer setelah terjadi peningkatan ketegangan antara sipil dengan militer yang menuding bahwa pemilu 2020 penuh kecurangan.

Israel: Israel akan mengirimkan lima ribu vaksin bagi tenaga kesehatan Palestina.

Australia: Pemerintah di wilayah Australia barat, seperti Perth, Peel, dan Southwest, menerapkan kembali kebijakan lockdown setelah menemukan adanya kasus terinfeksi Covid-19.

Amerika Serikat: Exxon dan Chevron telah melakukan diskusi untuk merger sebagai akibat dari Covid-19 yang memberikan tekanan finansial bagi kedua perusahaan.

Tiongkok: Indeks manufaktur Tiongkok bulan Januari melemah ke level 51,3 dibanding bulan sebelumnya yang berada di level 51,9.

Indonesia: Indeks manufaktur Indonesia bulan Januari menguat ke level 52,2 dibanding periode sebelumnya yang berada di level 51,3.

Rusia: Polisi Rusia menangkap lebih dari seribu demonstran yang menuntut pembebasan aktivis Alexel Navalny.


🕷 #MusimLaba Sektor Perbankan BUKU-IV BUMN

Bank BUMN BUKU-IV telah merilis laporan keuangan tahun 2020, diantaranya yaitu Bank Mandiri ($BMRI), Bank BNI ($BBNI), dan Bank BRI ($BBRI). Ketiga perusahaan selama tahun 2020 mengalami penurunan laba bersih double digit karena kenaikan beban Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN).

Berikut ini beberapa ringkasan dari kinerja keuangan perbankan tersebut:

  • Bank Mandiri ($BMRI) mencatatkan laba bersih 17,6 triliun rupiah, turun 37,71% secara YoY dibanding periode sebelumnya sebesar 28,4 triliun rupiah.

    Penurunan ini disebabkan oleh kenaikan beban Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) akibat meningkatnya jumlah kredit yang direstrukturisasi, yaitu dari 11,7 triliun rupiah pada 2019 menjadi 21,3 triliun rupiah (+82%).

    Dari sisi net interest margin, Bank Mandiri tidak mengalami penurunan dan tetap berada di level 6,9%.

  • Bank BNI ($BBNI) mencatatkan laba bersih 3,3 triliun rupiah, turun 78,7% secara YoY dibanding periode sebelumnya sebesar 15,5 triliun rupiah.

    Penurunan ini terjadi karena kenaikan beban CKPN akibat meningkatnya jumlah kredit yang direstrukturisasi, yaitu dari 8 triliun rupiah pada 2019 menjadi 22,5 triliun rupiah (+181%).

    Dari sisi net interest margin, Bank BNI hanya mengalami sedikit penurunan dari 6,9% pada 2019 menjadi 6,7%.

  • Bank BRI ($BBRI) yang mencatatkan laba bersih 18,65 triliun rupiah, turun 45,65% secara YoY dibanding periode sebelumnya sebesar 34,4 triliun rupiah.

    Walaupun secara nilai masih lebih besar, Bank BRI mencatatkan peningkatan beban CKPN yang lebih sedikit dibandingkan kedua bank BUKU-IV lainnya, yaitu dari 21,5 triliun rupiah pada 2019 menjadi 30,6 triliun rupiah (+42%).

    Selain itu, Bank BRI juga mengalami penurunan net interest margin, yaitu dari 9,3% pada 2019 menjadi 8,8%.


⚡ Pengembangan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)

PLN siap mempercepat proyek konversi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang sedang berjalan. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.

Dalam menjalankan proyek tersebut, PLN menggandeng Perusahaan Gas Negara ($PGAS) untuk mengkaji studi kelayakan implementasi, jumlah penyediaan pasokan gas, dan pembangunan infrastruktur untuk membangun pembangkit listrik tenaga diesel.

Pembangunan PLTD ini nanti akan ada dimana aja yaa?
Sejauh ini, terdapat 3 lokasi pembangunan PLTD, yaitu di Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Sorong dengan kapasitas 50 megawatt, Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Tanjung Selor dengan kapasitas 15 megawatt, dan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Nias dengan kapasitas 25 megawatt. Ketiga lokasi tersebut diestimasikan dapat selesai tahun ini.

Semoga bisa segera beroperasi yaa..
Tunggu dulu, ternyata PGN masih berdiskusi dengan PLN terkait aspek keekonomian pada konsumsi gas yang akan dikonversi menjadi tenaga listrik.

Direktur PGN mencontohkan, jika satu PLTD berkapasitas 120 megawatt pada umumnya hanya membutuhkan 2 hingga 3 Billion British thermal unit per day (BBtud). Namun, PLTMG Sorong dengan kapasitas 50 megawatt ternyata membutuhkan 8 Billion British thermal unit per day (BBtud).

Melihat permasalahan tersebut, PGN menilai jika PLN masih perlu melihat data realisasi penggunaan gas untuk proses konversi tenaga diesel agar dapat mencapai tingkat keekonomian produksi.


💰 What to watch for: This Week

Beberapa data ekonomi yang akan rilis minggu ini:

  • Australia: Penetapan tingkat suku bunga (Selasa)

  • Eropa: Pengumuman PDB Kuartal-IV 2020 (Selasa)

  • Amerika Serikat: Klaim asuransi pengangguran (Kamis)

  • Inggris: Penetapan tingkat suku bunga dan indeks konstruksi (Kamis)

  • Indonesia: Pengumuman PDB Kuartal-IV 2020 (Jumat)

Agenda emiten minggu ini:
IPO Widodo Makmur Unggas. Listing date: 2 Februari 2021.

Profil Widodo Makmur Unggas
Perseroan memiliki kegiatan usaha utama yang bergerak di bidang peternakan ayam dan perdagangan pakan ternak, seperti pembibitan ayam, penetasan ayam umur sehari, rumah potong hewan, dan perdagangan produk hasil peternakan ayam.

Saat ini, perusahaan memiliki beberapa wilayah operasional, seperti produksi pakan ternak di Tangerang, pembibitan dan penetasan ayam pedaging di Yogyakarta, dan rumah potong hewan di Sragen.


Saham Top Gainer hari ini:
$TINS (+21,30%)
$TBIG (+20,54%)
$ANTM (+17,12%)
$BRIS (+14,75%)

Saham Top Loser hari ini:
$BUMI (-5,63%)
$KAEF (-4,49%)
$PNLF (-4,13%)
$ASII (-1,23%)

Performa sektor hari ini:
MINING (+6,67%)
BASIC-IND (+6,58%)
INFRASTRUCTURE (+4,96%)
PROPERTY (+3,97%)
AGRI (+3,47%)
TRADE (+3,06%)
FINANCE (+2,94%)
CONSUMER (+1,67%)
MISC-IND (-0,52%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Siloam International Hospitals ($SILO) mengalokasikan capex 350 miliar rupiah untuk menambah 3 jaringan rumah sakit.

  • Intiland Development ($DILD) akan deleveraging utang dari 5 triliun rupiah menjadi 2,5 hingga 3 triliun rupiah.

  • XL Axiata ($EXCL) menyiapkan capex 7,5 triliun rupiah untuk ekspansi jaringan 4G.

  • MNC Studios International ($MSIN) akan private placement 1,04 miliar lembar saham dengan harga 158 rupiah.

  • Ace Hardware Indonesia ($ACES) menyiapkan 150 miliar rupiah untuk ekspansi 10 gerai baru.