📈 Kinerja Manufaktur Maret 2021 Tertinggi Sepanjang Sejarah / by Stockbit Snips

Source: Bisnis.com

Source: Bisnis.com

unnamed (14).jpg

Kinerja Manufaktur Indonesia melesat pada bulan Maret 2021. IHS Market mencatat, Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia pada bulan Maret 2021 sebesar 53,2 atau naik dari 50,9 pada Februari 2021.

Ini merupakan kenaikan tertinggi, sejak pertama kali survei dilakukan pada April 2011, angka ini juga melampaui puncak survei sebelumnya yang ada pada Juni dan Juli 2014. Perbaikan sektor ini diakibatkan pertumbuhan dari permintaan baru dan produksi.

Produksi tercatat naik selama lima bulan berturut-turut. Ini sejalan dengan kenaikan volume permintaan baru. Sayangnya, permintaan ini hanya mengalami penguatan dari sisi domestik, dikarenakan pandemi COVID-19 masih memengaruhi bisnis ekspor.

Seiring dengan kenaikan tajam permintaan baru, tekanan pada kapasitas operasional juga semakin tinggi. Penumpukan pekerjaan naik untuk pertama kalinya dalam 21 bulan terakhir. Hal ini, mengakibatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) menjadi lebih minim.

In other news, Dalam rangka memperingati 50 tahun kiprahnya di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan ecotourism yang terintegrasi dengan produk–produk elektrifikasi berteknologi Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Ini sebagai langkah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap teknologi elektrifikasi.


Berita Terkini: 

🌏 World News: AS-Australia Teken Kontrak Kerja Sama Produksi Rudal

Source: Detik.com

Source: Detik.com

Australia: Akan memproduksi rudal di bawah perjanjian kerja sama dengan Amerika Serikat senilai satu miliar dolar Australia atau setara sebelas triliun rupiah. Sederet perusahaan masuk daftar pihak yang berpotensi memenangkan kontrak ini, di antaranya Raytheon Australia, Lockheed Martin Australia, Kongsberg, dan BAE System Australia.

Prancis: Presiden Prancis Emmanuel Macron resmi memberlakukan penguncian wilayah (lockdown) secara nasional untuk ketiga kalinya mulai Sabtu (3/4). Lockdown akan berlangsung selama satu bulan. Sebagai bagian dari kebijakan, sekolah juga akan ditutup selama tiga minggu mulai Senin (6/4).

Rusia: Badan Pengawas Keamanan Pertanian Rusia mendaftarkan vaksin virus corona (Covid-19) untuk hewan yang dinamakan Carnivac-Cov. Kekebalan yang dihasilkan vaksin mampu bertahan hingga enam bulan setelah vaksinasi. Namun hingga saat ini, analisis masih terus dikembangkan. Pemerintah Rusia berencana untuk memulai produksi massal vaksin Carnivac-Cov paling cepat pada April mendatang.

Slovakia: Perdana Menteri Slovakia Igor Matovic beserta pemerintahannya telah resmi mengundurkan diri. Hal ini untuk meredakan krisis politik yang dipicu oleh kesepakatan rahasia antara pemerintah dengan Rusia untuk membeli vaksin Sputnik V.


 🕷 #MusimLaba Sari Roti

Source: Nippon Intisari Corpindo

Source: Nippon Intisari Corpindo

PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. ($ROTI) telah memproduksi berbagai macam jenis roti dengan merek Sari Roti. Terdapat beberapa produk yang dijual seperti roti tawar, roti manis, kue, dan lainnya. Saat ini Sari Roti memiliki 13 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sepanjang 2020, perusahaan meraih penjualan sebesar 3,21 triliun rupiah. Nilai tersebut turun 3,6% dibandingkan tahun sebelumnya. Figur laba bersih ROTI juga mengalami penurunan sebesar 29,3% menjadi 168,61 miliar rupiah.

Penurunan pendapatan terjadi karena kondisi pandemi COVID-19 yang mempengaruhi daya beli masyarakat dan pengurangan dari pendapatan impor karena penjualan aset (divestasi) pabrik di Filipina pada September lalu.

Ringkasan kinerja keuangan Sari Roti lainnya:

  • Beban pokok pendapatan perusahaan turun 5,24% menjadi 1,41 triliun rupiah.

  • Penjualan terbesar berasal dari segmen roti tawar dengan porsi 77,07%.

  • Net profit margin tahun 2020 menjadi 5,24% dibandingkan tahun 2019 senilai 7,1%.

  • Salah satu strategi perusahaan menyikapi pandemi COVID-19 adalah berfokus pada wilayah perumahan, dengan memperkenalkan moda pemesanan melalui Whatsapp dan Chatbot.


💸 Inflasi Maret 2020 Sebesar 0,1% MoM

Source: Sekretariat Kabinet

Source: Sekretariat Kabinet

Pada bulan Maret 2020 terjadi inflasi sebesar 0,10% secara bulanan dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 104,72. Sementara jika dibandingkan secara tahunan inflasi mengalami kenaikan sebesar 2,96%.

Dari 90 kota IHK, 43 kota mengalami inflasi dan 47 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Lhokseumawe sebesar 0,64% dengan IHK sebesar 104,20 dan terendah terjadi di Pekanbaru, Surakarta, dan Surabaya masing-masing sebesar 0,01% dengan IHK masing-masing sebesar 103,40; 103,76; dan 104,26.

Salah satu penyebab utama inflasi pada Maret 2020 adalah kenaikan harga pada kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,99% dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,36%.

Sementara terdapat juga beberapa kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi, seperti kelompok transportasi sebesar 0,43% dan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,09%. Sementara kelompok pengeluaran yang tidak mengalami perubahan, yaitu kelompok pendidikan.


Saham Top Gainer hari ini:
$JPFA (+5,21%)
$BJBR (+5,16%)
$MDKA (+4,19%)
$SIMP (+4,08%)

Saham Top Loser hari ini:
$BBRI (-6,84%)
$ICBP (-6,71%)
$WSKT (-5,94%)
$MNCN(-5,53%)

Performa sektor hari ini:
AGRI (+3,48%)
TRADE (+2,14%)
MISC-IND (+1,10%)
MINING (+0,97%)
BASIC-IND (+0,45%)
FINANCE (+0,03%)
INFRASTRUCTURE (+0,02%)
CONSUMER (-0,11%)
PROPERTY (-0,56%)



Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire giphy.gif
  • PT Rukun Raharja Tbk ($RAJA) telah menyiapkan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai 80 juta dolar AS untuk menggarap proyek Pipa Rokan bersama PT Pertamina Gas (Pertagas).

  • Asian Development Bank (ADB) menyetujui pinjaman senilai 450 juta dolar AS kepada Indonesia guna membantu PT Bio Farma memperoleh dan menyalurkan vaksin untuk masyarakat secara aman.

  • PT Bank Mandiri ($BMRI) meneken perjanjian fasilitas kredit dengan PT Bali Towerindo Sentra Tbk ($BALI) senilai 700 miliar rupiah.

  • Unit usaha Grup Sinarmas, Golden Energy and Resources Ltd (GEAR) menjual 4,5% saham PT Golden Energy Mines Tbk ($GEMS) kepada Ascend Global Investment Fund SPC.

  • PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk ($CENT) membidik dana segar hingga 2,54 triliun rupiah dari penambahan modal melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau right issue.

  • PT Mahaka Radio Integra Tbk ($MARI) perusahaan yang bergerak dalam bidang investasi dan jasa konsultan pada media digital ini, membentuk joint venture bersama PT Nusantara Teknologi Terdepan (NTT) bernama PT Cepat Untung Agar Nikmat. Nantinya perusahaan joint venture ini akan berfokus pada virtual concert.


Penulis: Theodore Henoch
Editor: Calvin Kurniawan, Florie Aurantia, Almer Dzaki