✈️ Kertajati, The Aerocity / by Stockbit Snips

Source: Liputan6

Source: Liputan6

unnamed (4).png

Halo Stockbitor,

Wacana pengembangan Kertajati Aerocity kembali digenjot. Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada dua BUMN, PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan PT Pindad untuk merelokasi fasilitas operasionalnya ke kawasan aerocity Kertajati, Jawa Barat.

Namun, bukan hanya kedua perusahaan tersebut yang akan dilibatkan untuk meramaikan aerocity Kertajati. Kemenhub juga telah menjajaki potensi kemitraan dengan PT Garuda Maintenance Facility/GMF ($GMFI) sebagai penyedia jasa perbaikan dan pemeliharaan pesawat (MRO).

Layanan yang akan diberikan GMF tidak terbatas untuk pesawat milik negara, melainkan juga termasuk pesawat milik swasta dan pribadi.

Pengembangan kawasan Kertajati merupakan bagian dari proyek strategis pembangunan kawasan Rebana Metropolitan (Cirebon, Patimban, Kertajati). Nantinya, kawasan ini diproyeksikan dapat berkontribusi satu persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Inisiatif ini dinilai akan menjadi angin segar bagi pengelola Bandara Kertajati yang selama ini relatif sepi pengunjung. Dengan masuknya perusahaan-perusahaan tersebut, diharapkan traffic Bandara Kertajati akan tumbuh pesat.

Sementara itu, kawasan yang ditinggalkan PTDI dan Pindad rencananya akan diubah menjadi daerah pariwisata.

In other news, Kementerian PUPR mengusulkan dua belas proyek pembangunan jalan dan jembatan melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) selama 2021. Dua belas proyek tersebut diperkirakan memiliki total panjang 447,1 km dan proyeksi kebutuhan investasi sebesar 167,7 triliun rupiah.


Berita Terkini: 

🌏 World News: "Cakar" Tiongkok di Hong Kong Makin Dalam

Source: Asia Times

Source: Asia Times

Hong Kong: Parlemen Tiongkok meloloskan peraturan baru mengenai sistem pemilu Hong Kong. Dampaknya, jumlah perwakilan yang dipilih langsung di badan legislatif Hong Kong turun dari 35 ke 20. Selain itu akan dilakukan pemeriksaan terhadap kandidat yang mencalonkan diri mengenai pandangan politiknya. Langkah ini ditangkap sebagai upaya Tiongkok memperdalam pengaruhnya terhadap Hong Kong.

Amerika Serikat: PayPal segera membuka transaksi menggunakan mata uang kripto bagi konsumen domestik. Kini PayPal sedang menyiapkan infrastuktur yang memungkinkan 29 juta mitra pedagang PayPal untuk menerima pembayaran kripto.

Tiongkok: Produsen smartphone Xiaomi, makin serius garap mobil listrik (EV). Untuk tahap awal, Xiaomi mengalokasikan investasi sebesar 1,52 miliar dolar AS. Angka ini akan terus bertambah hingga 10 miliar dolar AS dalam 10 tahun ke depan.

Jerman: Pemerintah Jerman mengeluarkan larangan penyuntikan vaksin Covid-19 keluaran AstraZeneca kepada penduduk berusia di bawah 60 tahun. Penyebabnya adalah terjadi kasus pembekuan darah di kalangan penerima vaksin, terutama dialami oleh orang yang masih muda


 🕷 #MusimLaba Alfamart dan Alfamidi

Source: Alfamart

Source: Alfamart

Alfamart ($AMRT) adalah perusahaan jaringan modern trade minimarket (MT minimarket) terbesar kedua di Indonesia. Gerai Alfamart menjual berbagai macam barang kebutuhan konsumer (FMCG) yang terbagi ke dalam dua kategori besar: makanan dan non-makanan.

Dalam keadaan pandemi, Alfamart mencatatkan pendapatan 75,83 triliun rupiah di tahun 2020, naik 4,0% dari tahun sebelumnya (YoY). Sebaliknya, performa laba bersih Alfamart turun ke 1,09 triliun rupiah dari 1,14 triliun di tahun sebelumnya, setara dengan -4,4%.

Penurunan laba bersih disebabkan oleh meningkatnya biaya distribusi, beban umum & administrasi, serta berkurangnya pendapatan lainnya.

Berikut adalah informasi lainnya mengenai kinerja Alfamart hingga September 2020:

  • Memperoleh 30% pangsa pasar MT minimarket melalui 15.102 gerai di seluruh Indonesia.

  • Dalam periode Januari-September, tedapat 792 gerai baru yang dibuka.

  • Sebanyak 77,2% gerai grup Alfamart dimiliki oleh perusahaan, sementara 22,8% sisanya dimiliki publik melalui skema franchise.

  • Alfamart memperbesar portofolio gerai di luar Pulau Jawa, tumbuh dari 27,7% di 2016 ke 30,6% di September 2020.

  • Produk makanan merupakan kontributor utama penjualan dengan 66,3% dari total pendapatan.

Alfamidi ($MIDI) juga merupakan perusahaan jaringan MT minimarket yang masih berada di bawah naungan grup Alfamart. Faktor pembeda antara keduanya adalah luas area penjualan dan jumlah stock keeping unit (SKU).

Pada tahun 2020, pendapatan Alfamidi mencapai 12,66 triliun rupiah, naik 8,9% YoY. Namun, performa laba Alfamidi turun ke 200,27 miliar rupiah, atau ekuivalen dengan -1,3%.

Disinyalir penurunan tersebut disebabkan membengkaknya beban penjualan dan distribusi hingga 13,6%.

Informasi performa keuangan dan operasional Alfamidi lainnya per September 2020:

  • Alfamidi memegang 5,3% pangsa pasar MT minimarket.

  • Dalam periode Januari-September, tedapat 188 gerai baru yang dibuka, sehingga total menjadi 1.725 gerai.

  • Produk makanan merupakan kontributor penjualan yang dominan dengan 70,4% dari total pendapatan.


 🛢️Pemerintah Segera Lelang Lima Blok Migas

Source: ESDM

Source: ESDM

Pemerintah bersiap untuk melelang lima blok pertambangan migas. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Tutuka Ariadji mengatakan kelima blok tersebut akan diumumkan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. Hingga saat ini, belum terdapat kepastian blok mana saja yang akan dilelang. Namun, blok migas tersebut merupakan blok yang seharusnya dilelang tahun lalu dan tertunda akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, terdapat sepuluh blok migas yang rencananya akan dilelang tahun lalu. Blok tersebut adalah Blok Merangi III, Sekayu, North Kangean, Offshore Cendrawasih, Mamberamo, West Palmerah, Liman, Rangkas, Bose, dan Maratua II.

Sebenarnya lelang blok migas tahun ini tidak terbatas lima blok saja. Tutuka berharap bisa menawarkan pengelolaan hingga lima belas wilayah kerja pertambangan.

Untuk meningkatkan produksi migas nasional, pemerintah tengah menyiapkan rencana guna mendorong iklim investasi migas di Indonesia. Pemerintah berkomitmen memberikan sejumlah insentif kepada perusahaan migas, misalnya melalui DMO (domestic market obligation), tax holiday, investment credit, hingga perpajakan. Inovasi regulasi tersebut diharapkan dapat menjadi faktor yang menarik bagi para investor.

Menilik studi Grand Strategi Energi Nasional dari Dewan Energi Nasional (GSEN DEN), kebutuhan minyak mentah domestik akan mencapai 1,49 juta barel per hari di 2030. Sementara level produksi minyak mentah di 2030 diperkirakan mencapai satu juta barel per hari.


Saham Top Gainer hari ini:
$DMAS (+3,51%)
$UNTR (+2,91%)
$KLBF (+1,95%)
$EXCL (+1,95%)

Saham Top Loser hari ini:
$WIIM (-6,84%)
$TKIM (-6,71%)
$DOID (-5,94%)
$KAEF (-5,53%)

Performa sektor hari ini:
INFRASTRUCTURE (+0,28%)
CONSUMER (-0,06%)
PROPERTY (-0,60%)
TRADE (-0,71%)
MINING (-1,11%)
AGRI (-1,78%)
MISC-IND (-1,82%)
FINANCE (-2,28%)
BASIC-IND (-2,76%)



Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire giphy.gif
  • Bakrie & Brothers ($BNBR) melakukan penambahan modal melalui skema Penanaman Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD). Dengan pelaksanaan PMTHMETD ini, BNBR mendapatkan dana segar sebesar 148,90 miliar rupiah.

  • Operator seluler Indosat ($ISAT) menjual 4.200 menara dengan nilai mencapai 10,87 triliun rupiah. Hasil penjualan akan digunakan untuk mendukung strategi turnaround perseroan ke bisnis digital.

  • Perusahaan jasa migas Elnusa ($ELSA) mengalokasikan capex enam ratus juta rupiah untuk investasi peralatan, armada mobil tangki, serta infrastruktur terminal BBM dan LPG.

  • Produsen semen Solusi Bangun Indonesia ($SMCB) menganggarkan capex senilai lima ratus miliar rupiah yang berasal dari kas internal perusahaan. Dana tersebut digunakan untuk pemeliharaan fasilitas serta penguatan infrastruktur logistik semen.


Penulis: Almer Dzaki
Editor: Calvin Kurniawan, Michael Owen Kohana, Theodore Henoch