🏘️ Beli Rumah Mulai Maret Bebas PPN 10% / by Stockbit Snips

Source: CNBC Indonesia

Source: CNBC Indonesia

komoditas 2 maret 2021.png

Halo Stockbitor, 

Untuk mendorong minat masyarakat pada sektor properti di tengah pandemi COVID-19, pemerintah secara resmi memberikan insentif PPN (Pajak Pertambahan Nilai) yang mulanya 10% menjadi 0%. Kebijakan ini mulai berlaku 1 Maret 2021 - 31 Agustus 2021. 


Berikut adalah mekanisme pemberian insentif PPN dengan besaran :

  • 100% ditanggung pemerintah atas rumah tapak atau rumah susun dengan harga jual paling tinggi 2 miliar rupiah.

  • 50% ditanggung pemerintah atas rumah tapak atau rumah susun dengan harga jual di atas 2 miliar sampai 5 miliar rupiah.

Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Indonesia juga menegaskan kebijakan ini memang tidak menyentuh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Hal ini karena kelompok tersebut sudah mendapatkan subsidi lainnya.

In other news, Presiden Joko Widodo secara langsung meresmikan pengoperasian layanan KRL Jogja-Solo di Stasiun Tugu, pada Senin (1/3). Beliau berharap KRL ini mampu mendorong pariwisata dan ekonomi Republik Indonesia kedepannya.


Berita Terkini: 

🌏 World News: AS Segera Distribusikan 4 Juta Vaksin, S&P 500 Menghijau

unnamed (8).jpg

Amerika Serikat: Federal Regulators Authorized (FDA) Amerika Serikat mengeluarkan persetujuan penggunaan vaksin COVID-19 buatan Johnson & Johnson (J&J). Nantinya, vaksin ini akan didistribusikan ke seluruh negara secepatnya. Vaksin J&J adalah vaksin ketiga yang mendapatkan persetujuan dari pemerintah setelah Pfizer dan Moderna. Akibat dari persetujuan ini berdampak pada kenaikan indeks S&P 500 sebesar 2,4 persen.

Myanmar: Pemimpin sipil Myanmar, Aung San Suu Kyi, kembali dijerat kasus baru terkait pelanggaran undang-undang (UU) komunikasi yang ditujukan untuk menghasut dan menimbulkan keresahan publik. Sebelumnya, Suu Kyi telah menghadapi dua tuntutan pidana mengenai kepemilikan walkie talkie tanpa izin dan pelanggaran aturan pembatasan terkait pandemi COVID-19 saat masa kampanye pemilu silam. 

Perancis: Hakim pada pengadilan Paris menjatuhkan vonis tiga tahun penjara kepada mantan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy (66). Sarkozy terbukti mencoba menyuap hakim dan jaksa setelah tidak menjabat. Beliau juga menggunakan pengaruhnya untuk mendapatkan informasi rahasia tentang hasil penyelidikan laporan keuangan kampanye pemilihan presiden pada tahun 2007.

Iran: Iran secara resmi membatalkan keikutsertaan dalam perundingan mengenai nuklir dengan Amerika Serikat yang dimediasi Uni Eropa. Iran menilai, menggelar pertemuan di situasi seperti ini bukanlah waktu yang tepat.


 🕷 #MusimLaba Grup Salim Ivomas Pratama

unnamed (9).jpg

Grup Salim Ivomas Pratama ($SIMP) adalah perusahaan agribisnis yang terintegrasi dari hulu hingga hilir di Indonesia.

Segmen utama nya berasal dari dua segmen, yaitu:
1) Segmen EOF: Menjual produk konsumen seperti minyak goreng dan margarin melalui merek Bimoli, Delima, Happy, Palmia, Amanda, Simas, Malinda, dan Mahakam.

2) Segmen perkebunan: Didominasi oleh perkebunan minyak sawit mentah (CPO) yang dioperasikan oleh anak usahanya, London Sumatra Indonesia ($LSIP) serta anak usahanya yang lain.

Oh, terus gimana performanya di tahun 2020?

Selama tahun 2020, SIMP mencatat penjualan sebesar 14,48 triliun rupiah, naik 6% yoy. Hal ini disebabkan kenaikan harga jual rata-rata (ASP) dari produk sawit sebesar 24% yoy dan produk Minyak & Lemak Nabati (EOF) sebesar 21% yoy sehingga mengimbangi penurunan total volume penjualan produk sawit sebesar 15% dan produk EOF sebesar 17%.

Salim Ivomas Pratama mencatat laba bersih sebesar 340 miliar rupiah di tahun 2020 meningkat dari yang sebelumnya mengalami kerugian sebesar 642 miliar rupiah di tahun 2019.

Sedangkan, anak perusahaanya London Sumatra Indonesia ($LSIP) mencetak laba bersih pada tahun 2020 sebesar 695 miliar mengalami kenaikan 50%, jika dibandingkan dengan dengan tahun 2019.

Secara keseluruhan, LSIP memiliki total planted area sebesar 116,053 hektar dengan oil palm sebagai kontribusi terbesar 96,074 hektar.


🦠 Mutasi Virus Corona B117 Resmi Masuk Indonesia

Satu tahun sejak kasus Corona pertama kali diumumkan di Indonesia, Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, secara resmi melaporkan temuan dua kasus mutasi virus Corona B117 asal Inggris di Indonesia.

Banyak kekhawatiran mengenai virus baru ini, dikarenakan penularannya yang lebih cepat dan mudah. Hal ini berdasarkan fakta bahwa sejak virus ini masuk di Inggris pada bulan September hingga Desember 2020, virus ini menjadi penyebab 60% kasus COVID-19 di Inggris.

Hal ini juga diperkuat melalui sebuah studi di Universitas Birmingham Inggris, di mana ditemukan pasien dengan varian baru COVID-19, B117 mempunyai viral load tinggi.

Viral load yang lebih tinggi dapat menentukan tingkat penularan subjek dan kemampuan virus untuk ditularkan.

Namun, menurut Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Dr. Zubairi Djoeban mengatakan, vaksinasi tetap efektif terhadap varian baru virus corona B117. Varian baru ini juga akan tetap terdeteksi menggunakan uji PCR.


Saham Top Gainer hari ini:
$SMGR (+9,60%)
$HMSP (+7,87%)
$LPPF (+7,78%)
$INTP (+6,78%)

Saham Top Loser hari ini:
$PSAB (-6,35%)
$MDKA (-5,99%)
$TINS (-5,53%)
$LPKR (-5,50%)

Performa sektor hari ini:
BASIC-IND (+2,22%)
CONSUMER (+2,02%)
TRADE (+0,51%)
PROPERTY (+0,41%)
FINANCE (-0,06%)
MISC-IND (-0,16%)
AGRI (-0,60%)
INFRASTRUCTURE (-0,66%)
MINING (-2,20%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire gif.gif
  • Medco Energi Internasional ($MEDC) menyiapkan capex 215 juta dolar AS lebih rendah dibandingkan 2020.

  • Perusahaan Gas Negara ($PGAS) meningkatkan penyaluran gas ke pembangkit listrik Muara Tawar PLN.

  • Gudang Garam ($GGRM) menyuntik modal perusahaan terafiliasi dengan perseroan PT Surya Dhoho Investama (SDHI) senilai 1 triliun rupiah.

  • Diambil Michelin, perusahaan produsen ban Achilles dan Corsa yaitu Multistrada Arah Sarana ($MASA) berencana melakukan penghapusan pencatatan saham secara sukarela (voluntary delisting) di Bursa Efek Indonesia.