🏥 Emtek Akuisisi Omni Hospitals / by Stockbit Snips

Source: Alodokter

Source: Alodokter

sadsadasdas.PNG

Halo Stockbitor, 

Sektor manufaktur di China mencatatkan rekor tertinggi sejak September 2017 setelah PMI melesat menjadi 52,1 di bulan November, meningkat dari 51,4 di bulan sebelumnya.

Selain itu, Indonesia juga berhasil meningkatkan PMI bulan November yang bertengger di level 50,6. Level ini meningkat dari 47,8 di bulan Oktober dan menandakan bahwa industri manufaktur sudah mulai ekspansif, mengingat PMI sudah berada di atas 50.

This is definitely good news since bulan April 2020 lalu, PMI Indonesia sempat turun ke 27,5, level terendah sepanjang masa.


Berita Terkini: 

🏥 Emtek Akuisisi Omni Hospitals

Induk dari Surya Cipta Media ($SCMA), Elang Mahkota Teknologi ($EMTK) telah mengakuisisi 71,88% saham perusahaan dibalik Omni Hospitals, Sarana Meditama Metropolitan ($SAME) atau sekitar 4,24 miliar lembar saham dengan harga rata-rata pembelian di level 137 rupiah per lembar saham sehingga total nilai transaksi sebesar 581,01 miliar rupiah. Harga beli itu dibawah harga pasar saham $SAME yang berada di level 200 rupiah per 1 Desember 2020. 

Belum lama yang lalu, yaitu pada 19 Oktober 2020, Sarana Meditama ($SAME) mengumumkan akan mengambil alih anak usaha Emtek yang juga bergerak di bidang rumah sakit, yaitu EMC (Elang Medika Corpora) dengan jumlah transaksi sebesar 1,25 triliun rupiah. Aksi korporasi itu juga menjadi salah satu alasan $SAME berencana melakukan right issue sebanyak-banyaknya 10,3 miliar lembar saham baru.

Dengan akuisisi ini, $EMTK semakin menambah portofolio bisnis yang dimilikinya, yang melalui anak usahanya $SCMA didalamnya terdapat SCTV dan Indosiar, layanan OTT Vidio.com, perusahaan billboard dan periklanan OOH (out-of-home) bernama EYE, dan juga Indonesia Entertainment Group (IEG) yang memiliki anak usaha seperti Sinemart Production dan Screenplay Films.

Selain itu, Emtek juga membawahi beberapa perusahaan media seperti Kapanlagi, Liputan 6, Bola.net, Merdeka, Fimela, Brilio dan Otosia serta perusahan solusi seperti Abhimata, Indopay dan O Shop. 

$EMTK juga memiliki portofolio investasi pada beberapa startup di Indonesia seperti Bukalapak, Dana, Qerja, PropertyGuru, dan Lakupon. 


🌴 Kapasitas Biodiesel Dipacu

Produsen biodiesel telah merencanakan penambahan kapasitas produksi biodiesel sebesar 3,4 juta kiloliter pada tahun 2021 untuk mendukung program B30. Saat ini, kapasitas produksi biodiesel nasional berada di kisaran 12 juta kiloliter.

Produksi biodiesel dari Januari sampai Oktober 2020 sebesar 7,19 juta kl (7,08 juta untuk pasar domestik dan sisanya untuk pasar ekspor).

Program B30 ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi ketergantungan impor minyak Indonesia sehingga defisit neraca perdagangan bisa semakin ditekan. Selain program ini juga diharapkan bisa mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 26% pada tahun 2020 dan 29% pada tahun 2030.

Program B30 ini adalah program bahan bakar nabati, dimana akan terdapat campuran 30% biodiesel (FAME/fatty acid methyl ester) dalam minyak solar.

Selain itu, program ini juga menyerap 1,2 juta pekerja dan berhasil meningkatkan permintaan minyak kepala sawit yang juga menjadi salah satu katalis pendorong kenaikan harga TBS (tandan buah segar) atau FFB (fresh fruit bunches) dan juga CPO (crude palm oil).

Proporsi campuran FAME juga akan secara gradual ditingkatkan. Memang, pada saat pertama kali diimplementasikan pada tahun 2006, kadar biodiesel hanya sebesar 2,5% sebelum akhirnya mencapai level sekarang.

Kementerian ESDM merencanakan kegiatan penelitian B40 akan dilaksanakan pada tahun 2021, dan bahkan pemerintah telah menargetkan adanya fasilitas produksi B100 pada tahun 2022.


#WisdomWednesday Philip Fisher


Top Gainer hari ini:
$BBKP (+21,43%)
$ISAT (+12,56%)
$WIKA (+10,75%)
$PTPP (+8,96%)

Top Loser hari ini:
$RALS (-1,96%)
$LPKR (-1,74%)
$INTP (-1,50%)
$INDY (-1,13%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Nanjing Steel bangun pabrik coking coal (kokas) di Morowali senilai 383 juta dolar AS dengan kapasitas 2,6 juta ton per tahun yang digunakan sebagai fasilitas pengolahan baja setelah membentuk joint venture (JV) dengan Indonesia Morowali Industrial Park dan Dongxin dengan kepemilikan sebesar 78% melalui anak usahanya.

  • Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pergerakan pada musim liburan akhir tahun tumbuh 20% dibandingkan hari-hari normal pada saat Covid-19.

  • Pan Brothers ($PBRX) berencana meminta restu pemegang saham di RUPSLB mengenai rencana perusahaan menerbitkan global bond dengan nilai maksimum 350 juta dolar AS yang digunakan untuk refinancing utang sindikasi.

  • Perusahaan department store asal Inggris, Debenhams akan dilikuidasi setelah tidak menemukan pembeli karena gagalnya upaya penyelamatan oleh Arcadia dan JD Sports.