📜 Sertifikat Elektronik Kepemilikan Tanah / by Stockbit Snips

Source: Kompas

Source: Kompas

e787c43d-bb90-4763-a6a2-aa1759d2949f.png

Halo Stockbitor, 

Pemerintah menyetujui Bank Syariah Indonesia right issue untuk meningkatkan kepemilikan saham publik menjadi 40% agar dapat masuk ke dalam kategori Bank BUKU-IV.

Selain itu, pemerintah mengisyaratkan tidak lagi melanjutkan program bantuan subsidi upah bagi pekerja dengan gaji dibawah lima juta rupiah. Hal ini terindikasi dari tidak adanya anggaran tersebut di dalam APBN 2021.

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan telah menyalurkan bantuan subsidi upah sebesar 28 triliun rupiah pada termin pertama dan kedua selama 2020.

In other news, Jeff Bezos mundur dari jabatannya sebagai CEO Amazon, digantikan oleh Andy Jassy yang sebelumnya memimpin Amazon Web Services (AWS). Setelah ini, Bezos akan menjabat sebagai Executive Chairman Amazon.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Mutasi Virus Covid-19 Memengaruhi Efikasi Vaksin di Afrika Selatan

ad8c6fff-bf55-4630-800f-a4440093d8fc.jpg

Inggris: Ahli di Inggris memperkirakan jika mutasi virus Covid-19, E484K, menyebabkan tingkat efikasi vaksin Novavax dan Johnson & Johnson menunjukkan hasil yang lebih rendah di Afrika Selatan.

Amerika Serikat: Senat mengonfirmasi jika Alejandro Mayorkas terpilih sebagai kepala keamanan dalam negeri dan Pete Buttigieg sebagai sekretaris departemen transportasi.

Mayorkas menjadi imigran Amerika Latin pertama yang akan menjabat sebagai pemimpin departemen pemerintahan dan akan segera membatalkan kebijakan larangan imigran yang diinisiasi Trump.

Adapun Pete merupakan pemimpin dari kalangan LGBTQ+ perdana yang akan menjabat sebagai sekretaris departemen transportasi.

Tiongkok: Diplomat Tiongkok, Yang Jiechi, memberikan peringatan "Red Line" kepada AS untuk tidak ikut campur dalam urusan di Hong Kong, Xinjiang dan mengingatkan tanggung jawab pemerintahan Biden untuk memperbaiki kebijakan yang salah pada administrasi Trump.

Indonesia: Surat Utang Negara (SUN) bertenor sepuluh tahun diminati investor asing, dengan kenaikan permintaan lebih dari 50% dibandingkan penawaran sebelumnya dan nominal penawaran yang masuk secara keseluruhan mencapai 83,8 triliun rupiah.


📜 Transformasi Kepemilikan Tanah Melalui Sertifikat Elektronik

Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) telah menyelesaikan peraturan tentang sertifikat elektronik atas kepemilikan tanah melalui Peraturan Menteri ATR/BPN No. 1/2021. Hal ini tentu dapat memudahkan penyimpanan sertifikat bagi masyarakat, namun masih perlu memperhatikan keamanan data dalam sistem penyimpanan sertifikat elektronik.

Kebijakan ini sebagai upaya transformasi yang dilakukan pemerintah untuk memperbaiki sistem pencatatan kepemilikan tanah dan meningkatkan kemudahan berusaha, atau ease of doing business (EODB) di Indonesia.

Kalau gitu pemerintah akan menggunakan semacam cloud dong?
Betul sekali, bukti kepemilikan tanah akan berubah dari buku atau sertifikat tanah secara fisik menjadi berupa data elektronik yang akan disimpan dalam pangkalan data kantor pertanahan.

Ketika kebijakan ini telah efektif berlaku, maka sertifikat tanah yang ada di masyarakat akan ditarik oleh kantor pertanahan untuk di-scan menjadi berbentuk elektronik.

Kebijakan ini akan menguntungkan bagi masyarakat karena sebelumnya menghadapi berbagai permasalahan, seperti kehilangan, kerusakan, hingga proses pembuatan sertifikat yang rumit.

Bener juga.. keren banget yaa
Keren dong.. tapi tunggu dulu, ternyata masih ada beberapa hal yang menjadi perhatian oleh pakar pertanahan nih, diantaranya:

  • Masalah keakuratan data, nantinya pemilik tanah harus memasukkan lokasi, luas, dan keterangan lainnya secara akurat.

  • Keamanan dan kerahasiaan data, pemerintah perlu memastikan jika proses pengunggahan hingga penyimpanan data kepemilikan tanah memiliki sistem keamanan yang sangat baik agar tidak terjadi kebocoran data.

    Hal ini berisiko sertifikat kepemilikan tanah dapat digandakan jika terjadi kebocoran data pada pangkalan data di kantor pertanahan.


Saham Top Gainer hari ini:
$SSIA (+14,81%)
$SRIL (11,82%)
$LPKR (+11,35%)
$RAJA (+11,30%)

Saham Top Loser hari ini:
$TBIG (-6,75%)
$BUMI (-4,76%)
$TKIM (-3,77%)
$CPIN (-3,75%)

Performa sektor hari ini:
MISC-IND (+2,66%)
CONSUMER (+1,29%)
FINANCE (+1,17%)
PROPERTY (+0,77%)
TRADE (+0,47%)
AGRI (+0,32%)
INFRASTRUCTURE (-0,70%)
BASIC-IND (-0,95%)
MINING (-1,33%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Bank Neo Commerce ($BBYB) akan right issue 832 juta lembar saham pada harga 300 rupiah dengan Akulaku Silvrr Indonesia yang menjadi standby buyer.

  • Chandra Asri Petrochemical ($TPIA) melanjutkan kerja sama dengan Total Solar DG untuk membangun panel surya penghasil listrik dalam upaya mengurangi emisi karbon perusahaan.

  • Widodo Makmur Unggas ($WMMU) menyiapkan capex 1,5 triliun rupiah untuk menambah kapasitas produksi ayam broiler.

  • Matahari Department Store ($LPPF) akan menutup enam gerai imbas kerugian perusahaan yang mencapai 823 miliar rupiah pada 2020.

  • Summarecon Agung ($SMRA) siapkan capex 500 miliar rupiah untuk mengakuisisi lahan dan pengembangan properti.