🛑 BEI Suspensi Perdagangan Tujuh Saham Bank / by Stockbit Snips

Source: Merdeka.com

Source: Merdeka.com

komoditas 4 maret 2021.png

Halo Stockbitor, 

Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan untuk menyetop sementara perdagangan saham tujuh bank yang mempunyai nilai kapitalisasi pasar kecil (satu sampai lima triliun rupiah). Langkah ini diambil setelah harga saham ketujuh bank mengalami kenaikan yang signifikan. Berikut daftar ketujuh saham bank tersebut dan persentase kenaikan sejak awal tahun 2021:

  • Bank Harda Internasional ($BBHI) - (+468,4%)

  • Bank QNB Indonesia ($BKSW) - (+147,1%)

  • Bank IBK Indonesia ($AGRS) - (+238,2%)

  • Bank Maspion Indonesia ($BMAS) - (+127,9%)

  • Bank Bumi Arta ($BNBA) - (+778,3%)

  • Bank Capital Indonesia ($BACA) - (122,1%)

  • Bank Artha Graha Internasional ($INPC) - (+363,8%)

Selain itu, Bank MNC Internasional ($BABP) dan Bank Oke Indonesia ($DNAR) sedang dalam pengawasan BEI atas pergerakan harga saham secara signifikan.

Akuisisi dan penerapan bank digital adalah faktor pemicu kenaikan harga saham secara signifikan. Sebagai contoh, Sea Grup, induk dari perusahaane-commerce Shopee diisukan akan mengakuisisi beberapa bank di Indonesia untuk dijadikan bank digital. Contoh lain adalah akuisisi Bank Harda oleh Mega Corpora, induk perusahaan Bank Mega ($MEGA) sebanyak3,08 miliar lembarsaham atau73,71%dari jumlah total saham.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Pajak Perusahaan Inggris Naik 6% pada April 2023

rishi sunak.jpg

Inggris: Menteri Keuangan Inggris, Rishi Sunak, berencana untuk menaikan pajak perusahaan dari 19% menjadi 25% pada April 2023. Kebijakan ini diambil untuk meringankan utang negara Inggris yang melonjak karena paket bantuan Covid-19 sebesar 8.100 triliun rupiah. Sunak mengatakan bahwa kebijakan ini hanya akan dikenakan kepada perusahaan atau bisnis yang mempunyai keuntungan di atas 50.000 pound sterling UK.

Prancis: Juru bicara pemerintah Prancis, Gabriel Attal, mengatakan bahwa pemerintah Prancis berencana untuk mencabut pembatasan terkait Covid-19. Kebijakan ini diambil setelah program vaksinasi terbukti efektif menurunkan tingkat penularan.

Korea Utara: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melalui program vaksinasi COVAX akan mengirimkan 1,7 juta dosis vaksin Covid-19 kepada pemerintah Korea Utara.

Amerika Serikat: Departemen Perdagangan Amerika Serikat meresmikan aturan anti-dumping kepada eksportir lembaran aluminium dari 18 negara. Kebijakan ini diambil setelah pemerintah AS menilai negara-negara tersebut mendapatkan keuntungan dari subsidi dan dumping. Di antara lain, impor aluminium dari Jerman senilai 287 juta dolar AS diuntungkan dari dumping hingga 240%. Selain itu, import lembaran aluminium dari India mendapatkan manfaat subsidi sebesar 35% sampai 83%.

Nigeria: Telah menerima hampir empat juta dosis vaksin Covid-19 melalui program COVAX yang dikelola oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pemerintah Nigeria mengatakan bahwa para tenaga medis menjadi prioritas utama yang akan divaksin.


 🕷 #MusimLaba Chandra Asri Petrochemical

chandra asri.jpg

Chandra Asri Petrochemical ($TPIA) adalah anak perusahaan dari Barito Pacific ($BRPT). Chandra Asri bergerak di bidang petrokimia dengan memproduksi olefins, polyolefins, styrene monomer, dan butadiene.

Bagaimana performa Chandra Asri selama tahun 2020?
Chandra Asri mencatatkan pendapatan bersih sebesar 25,1 triliun rupiah atau turun 3,9% dari tahun sebelumnya. Akan tetapi, net income naik sebesar 117% YoY menjadi 717 miliar rupiah.

Informasi keuangan Chandra Asri lainnya:

  • Penurunan pendapatan bersih disebabkan oleh harga jual rata-rata (ASP) yang lebih rendah menjadi 813 dolar AS per ton dibandingkan dengan 968 dolar AS per ton pada tahun 2019. Penurunan harga jual rata-rata Chandra Asri dipicu oleh menurunnya harga jual rata rata (ASP) Ethylene dan Polyethylene sebesar 20% dan 18% dibandingkan dengan tahun 2019.

  • Akan tetapi, volume penjualan Chandra Asri mengalami kenaikan sebesar 14% menjadi 2.222 kilo ton dibandingkan dengan 1.943 kilo ton pada tahun 2019.

  • Kenaikan pada net income didukung oleh keuntungan pajak senilai 316 miliar rupiah dibandingkan dengan beban pajak sebesar 210 miliar rupiah pada tahun 2019. Pencapaian ini didukung oleh penyesuaian pembayaran pajak yang lebih rendah dan keberhasilan program pengurangan biaya struktural perusahaan.


📝 Erick Thohir Menerbitkan Peraturan Menteri Terkait Penyertaan Modal Negara

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menerbitkan peraturan menteri (Permen) baru terkait dengan penyertaan modal negara (PMN). Peraturan baru ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan akuntabilitas, transparansi dan tata kelola BUMN. Permen baru ini mempunyai tiga prinsip yaitu:

  • PMN akan diberikan kepada BUMN yang mengemban tugas negara seperti pembangunan jalan tol.

  • PMN akan diberikan kepada BUMN yang mengalami kerugian sehingga memerlukan restrukturisasi dan membutuhkan penambahan modal.

  • PMN akan diberikan kepada BUMN yang memerlukan dana tambahan untuk aksi korporasi.


Saham Top Gainer hari ini:
$ASSA (+11,62%)
$HMSP (+4,27%)
$ADRO (+2,95%)
$SMSM (+2,56%)

Saham Top Loser hari ini:
$TINS (-6,90%)
$INCO (-6,75%)
$ANTM (-6,67%)
$HOKI (-6,57%)

Performa sektor hari ini:
PROPERTY (+0,46%)
AGRI (+0,04%)
CONSUMER (-0,34%)
TRADE (-0,57%)
MISC-IND (-1,32%)
BASIC-IND (-1,58%)
INFRASTRUCTURE (-1,71%)
FINANCE (-1,79%)
MINING (-2,87%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire gif.gif
  • Suku bunga dasar kredit (SBDK) Bank Mandiri ($BMRI) turun sebesar 20 hingga 250 bps. Aturan ini berlaku efektif untuk semua segmen sejak tanggal 28 Februari 2021.

  • Sarana Mediatama Metropolitan ($SAME) menargetkan dana hasil right issue sebesar 1,19 triliun rupiah. 68% atau 817 miliar rupiah dari total dana right issue akan digunakan untuk membayar pinjaman pokok serta bunga kepada Bank Negara Indonesia ($BBNI).

  • Pembangunan Perumahan ($PTPP) berhasil mendapatkan kontrak senilai 940 miliar rupiah dari paket pertama proyek pembangunan Mandalika Urban dan Tourism Infrastructure Project (MUTIP).

  • Bumi Serpong Damai ($BSDE) optimis untuk mencatatkan marketing sales senilai 7 triliun rupiah sepanjang tahun 2021. Hal ini didukung oleh insentif PPN 100% yang akan ditanggung oleh pemerintah untuk pembelian rumah tapak atau rumah susun dengan harga maksimal 2 miliar rupiah.