🔋BUMN Siap Luncurkan Industri Baterai Indonesia (IBI) Untuk EV / by Stockbit Snips

Source: Bisnis

Source: Bisnis

komoditas 5 maret 2 .png

Halo Stockbitor, 

Indonesia tengah mengkaji pembentukan bullion bank, yaitu bank yang ditujukan khusus untuk mengelola emas. Langkah ini ditempuh oleh Indonesia dengan pertimbangan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara pemain besar emas di dunia. Ditambah, kinerja ekspor emas menyumbang 5,28 miliar dolar AS.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan bahwa komoditas emas merupakan komoditas yang harganya terus mengalami peningkatan. Dengan demikian, ia optimis bahwa pembentukan bullion bank akan memberikan banyak manfaat bagi pembiayaan industri-industri di Indonesia.

In other news, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menyatakan bahwa 80% komoditas ekspor sawit nasional saat ini sudah dalam bentuk produk hilir.


Berita Terkini: 

🌏 World News: Brazil Usut Oknum Penjual Hutan Amazon di Facebook

unnamed (2).png

Brazil: Mahkamah Agung Federal Brazil telah memerintahkan penyelidikan atas penjualan kawasan hutan hujan Amazon melalui Facebook. Pengadilan meminta pemerintah untuk mengambil tindak perdata dan pidana yang sesuai. Menyikapi hal tersebut, Facebook siap untuk bekerja sama dengan otoritas lokal.

Hong Kong: Pada Kamis (4/3) malam lalu, The Heritage Foundation milik AS telah menghapus Hong Kong dari daftar Indeks Ekonomi Bebas Dunia. Hal ini dipicu karena Hong Kong dinyatakan telah berada di bawah kendali langsung Tiongkok. Indeks Ekonomi Bebas sendiri memiliki beberapa parameter, yaitu kuatnya perlindungan atas tarif pajak pribadi, tarif pajak yang rendah, iklim usaha yang sehat, stabilitas moneter, serta keterbukaan terhadap arus perdagangan global.

Tiongkok: Perdana Menteri Tiongkok, Li Keqiang, mengumumkan bahwa Tiongkok menargetkan tingkat pertumbuhan ekonomi di atas 6% pada tahun 2021 ini. Dalam pembukaan Kongres Rakyat Nasional, Li Keqiang turut menetapkan target sebelas juta masyarakat dengan pekerjaan baru di perkotaan, sehingga tingkat pengangguran hanya berkisar di angka 5,5%.

Selandia Baru: Sebanyak tiga kali gempa bumi melanda pantai di Selandia Baru dengan kekuatan lebih dari 7 SR. Gempa terkuat menyerang sekitar pukul 08:30 (21:30 GMT) sebesar 8,1 SR di dekat Kepulauan Kermadec. Badan Manajemen Darurat Nasional akhirnya membunyikan sirine tanda bahaya tsunami di beberapa daerah serta melakukan evakuasi.

Kaledonia Baru: Tesla memutuskan untuk membeli nikel dari tambang Goro di Kaledonia Baru untuk mengamankan pasokan nikel jangka panjang. Nikel tersebut dibutuhkan sebagai bahan baku baterai lithium yang digunakan untuk penggerak mobil listrik.


 đź•· #MusimLaba Semen Indonesia

Semen Indonesia ($SMGR) mencatatkan laba bersih sebesar 2,7 triliun rupiah atau naik 16,7% dari tahun sebelumnya. Akan tetapi, pendapatan perusahaan mengalami penurunan sebesar 12,9% YoY menjadi 35,1 triliun rupiah.

Hal ini disebabkan oleh menurunnya volume penjualan sebesar 7,9% YoY menjadi 39,8 juta ton. Memang, permintaan semen nasional berada di angka 10,4% pada tahun 2020. Salah satu penyebabnya adalah segmen semen bulk (curah), yaitu semen yang digunakan untuk proyek infrastruktur turun 22,1%.

Informasi keuangan Semen Indonesia lainnya:

  • Perusahaan mengalami laba bersih karena didorong oleh turunnya proporsi beban pokok penjualan terhadap pendapatan dari 68,5% pada tahun 2019 menjadi 67% pada tahun 2020.

  • Dari sisi biaya operasional perusahaan, Semen Indonesia mengalami penurunan sebesar 8,6% YoY menjadi 5,9 triliun rupiah.

  • Pada tahun 2020, Semen Indonesia memiliki market share sebesar 50% dan capacity share sebesar 43%.


🔋 BUMN Siap Luncurkan Industri Baterai Indonesia (IBI) Untuk EV

Industri Baterai Indonesia (IBI) sebagai produsen baterai listrik nasional pertama di Indonesia siap diluncurkan sebelum Juni 2021 mendatang. Saham holding baterai tersebut telah dimiliki oleh empat perusahaan besar, yaitu Pertamina, Antam, PLN, dan Mining Industry Indonesia dengan masing-masing porsi saham sejumlah 25%.

Keren banget! Terus selanjutnya IBI bakal ngapain aja?
Dalam pelaksanaannya nanti, IBI akan menjadi industri produsen baterai EV Indonesia dari hulu hingga hilir. Tidak hanya itu, IBI juga akan melakukan daur ulang baterai bekas. Total investasi untuk IBI mencapai angka tiga belas miliar dolar AS hingga 2030 mendatang.

Selain itu, IBI juga akan memproduksi baterai kendaraan listrik dalam tujuh tahap ekosistem baterai. Pada setiap tahap, IBI akan melakukan joint venture dengan setidaknya dua perusahaan asing. Dengan demikian, diproyeksikan akan terdapat empat belas perusahaan asing yang terlibat dalam IBI.

Eh, tapi sebenarnya apa sih alasan Indonesia mau bentuk IBI?
Sebenarnya, pembentukan IBI untuk EV ini merupakan langkah pemerintah untuk mempersiapkan tren di masa depan, sekaligus meningkatkan nilai tambah bahan tambang Indonesia untuk perekonomian nasional. Terlebih, Indonesia merupakan salah satu penghasil nikel terbesar di dunia. Untuk itu, Indonesia tidak ingin hanya sebagai pengekspor barang mentahnya saja.

Selain itu, tren kendaraan listrik diproyeksikan akan tumbuh pesat di masa mendatang. Dengan demikian, Indonesia tidak ingin kehilangan momentum untuk memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki untuk menyikapi tren teknologi ke depannya.


Saham Top Gainer hari ini:
$ASSA (+7,06%)
$JPFA (+5,11%)
$RALS (+4,11%)
$SRIL (+2,68%)

Saham Top Loser hari ini:
$BTPS (-6,89%)
$INCO (-6,79%)
$TKIM (-4,74%)
$INKP (-4,35%)

Performa sektor hari ini:
FINANCE (+0,32%)
TRADE (-0,18%)
AGRI (-0,60%)
CONSUMER (-0,61%)
MISC-IND (-0,93%)
PROPERTY (-1,06%)
BASIC-IND (-1,12%)
INFRASTRUCTURE (-1,37%)
MINING (-2,78%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

fire gif.gif
  • Anak perusahaan Indika Energy ($INDY), Indika Tenaga Baru, sepakat untuk melakukan joint venture proyek PLTS dengan perusahaan energi Singapura, yaitu Fourth Partner Energy Singapore.

  • HM Sampoerna ($HMSP) memutuskan untuk meningkatkan penjualan segmen sigaret kretek tangan (SKT) seiring dengan keputusan pemerintah untuk tidak menaikkan tarif cukai bagi segmen SKT.

  • Wijaya Karya Bangunan Gedung ($WEGE) siap mengalokasikan capex sebesar 301,07 miliar rupiah untuk investasi aset tetap dan pengembangan usaha pada tahun 2021.

  • Vale Indonesia ($INCO) mengalokasikan capex sebesar 130 juta dolar AS untuk pembangunan EF#4 (electric furnance), infrastruktur tambang, dan pembaharuan alat.