πŸ›’ Sewa Lapak Ritel Bebas PPN / by Stockbit Snips

4 Agustus 2021
Photo by: : Samuel Regan-Asante via Unsplash

Photo by: : Samuel Regan-Asante via Unsplash

Daily Market Performance πŸš€

IHSG

6.159

+0,46%

Coal

138,50

-0,72%

Crude Oil

70,66

+0,14%

Gold

1.814

+0,27%

CPO

4.575

+2,12%

Nickel

19.382

-0,68%

πŸ‘‹ Stockbitor!

Pemerintah resmi berikan insentif kepada pedagang ritel dan eceran berupa pembebasan PPN atas sewa ruangan. Insentif ini diberikan melalui skema pajak ditanggung pemerintah (DTP).

Kebijakan ini tidak hanya berlaku untuk peritel di mal, melainkan juga di pasar rakyat, kompleks pertokoan, apartemen, hotel, lingkungan pendidikan dan kantor, fasilitas transportasi publik, serta di bangunan toko yang berdiri sendiri. 

Tambahan insentif ini adalah bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional dan akan diberikan selama tiga bulan (Agustus-Oktober 2021). Dukungan ini diharapkan dapat membantu para pengusaha ritel mempertahankan bisnisnya, menimbang luasnya dampak yang diberikan. Sebagai gambaran, sektor perdagangan mempekerjakan 25,16 juta orang

Key Takeaway

Pengalihan kewajiban pajak ini akan mengurangi beban peritel yang dalam sebulan terakhir terpukul hebat akibat restriksi kegiatan yang lebih ketat. Insentif ini dikombinasikan dengan kasus aktif yang menurun dan vaksinasi yang meningkat, diharapkan dapat meringankan beban biaya dan menjaga kelangsungan bisnis di sektor ini.


World News

🌏 Upaya Wuhan Cegah Covid Kembali Merebak

Photo by: Liputan6

Kabar terkini dari mancanegara:

  • Tiongkok: Otoritas Wuhan Selasa kemarin (2/8) mengumumkan bahwa seluruh penduduknya akan kembali dites Covid-19. Edaran ini menyusul ditemukannya penularan lokal pertama dalam setahun lebih. (BBC)

  • Prancis: Perusahaan farmasi Sanofi sepakat mengakuisisi perusahaan bioteknologi asal AS, Translate Bio, dengan nilai transaksi sebesar 3,2 miliar dolar AS. Aksi ini bertujuan memperkuat lini teknologi mRNA Sanofi. (Reuters)

  • Korea Selatan: Netmarbledeveloper game online Korsel, akan mengakuisisi perusahaan game kasino asal Hong Kong, SpinX. Dana yang disiapkan mencapai 2,2 miliar dolar AS. (Asia Nikkei)

  • Indonesia: Indeks Harga Konsumen (IHK) bulan Juli 2021 tercatat mengalami inflasi lebih tinggi (+1,52% YoY) dari perkiraan ekonom (+1,47%). Inflasi ini didorong oleh peningkatan kebutuhan di sektor kesehatan. (Kontan


Musim Laba Q2 2021

πŸ•·οΈ MLBI & MAPI

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit

Selama April sampai dengan Juni 2021 (Q2 2021), Multi Bintang dan Mitra Adiperkasa mengalami peningkatan performa apabila dibandingkan dengan Q2 2020. Berikut adalah rinciannya:

  • $MLBI: Laba bersih Multi Bintang naik 273,0% YoY menjadi 132,8 miliar rupiah pada Q2 2021. Kenaikan laba didorong oleh kenaikan pendapatan sebesar 221,9% YoY.

    Dengan demikian, secara kumulatif 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan naik 346,0% menjadi 282 miliar rupiah dan pendapatan naik 42,1%. Peningkatan pendapatan ini berasal dari kenaikan penjualan segmen minuman beralkohol (+52,4%). (IDX)

  • $MAPI: Mitra Adiperkasa berbalik untung dan mencetak laba sebesar 245,6 miliar rupiah pada Q2 2021 (+159,0% YoY). Kenaikan laba ini didorong oleh kenaikan pendapatan sebesar 131,4% YoY.

    Dengan demikian, secara kumulatif 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan naik 166,6% YoY menjadi 272 miliar rupiah. Pertumbuhan ini disebabkan oleh pendapatan yang meningkat (+34,5%) dan beban usaha yang relatif tetap dari tahun lalu.

    Sementara itu, segmen retail sales menyumbang pertumbuhan pendapatan paling signifikan (+42,6%), diikuti segmen kafe dan restoran (+22,4%). Hal ini terjadi karena restriksi kegiatan masyarakat paruh pertama 2020 relatif lebih ketat dibanding periode yang sama di 2021. (IDX)


Berita Lainnya

πŸš— Kredit Mobil Bekas Masih Menjanjikan

Photo by: Detik Oto

Di tengah kebijakan pembebasan PPnBM untuk mobil baru, pembiayaan mobil bekas justru tetap menunjukkan performa yang stabil dan cenderung tumbuh. Sebuah kebijakan yang awalnya diduga akan kontraproduktif terhadap performa penjualan mobil bekas.

Jika merujuk data OJK, sepanjang paruh pertama 2021 pembiayaan mobil masih terkontraksi 4,18%. Namun, proporsi pembiayaan mobil bekas terhadap keseluruhan pembiayaan mobil mengalami peningkatan dari 32,24% menjadi 34,04%.

Bagi perusahaan pembiayaan, keunggulan segmen mobil bekas adalah biaya depresiasi yang tidak secepat dan setinggi mobil baru. Sehingga jika terjadi kredit macet, kerugiannya tidak terlalu besar.

Sementara itu, bagi masyarakat, kondisi pandemi berdampak pada pergeseran kebutuhan dan belanja masyarakat. Salah satunya ialah dari mobil baru ke mobil bekas. Mobil bekas dinilai menguntungkan karena menyediakan banyak variasi mobil di harga yang lebih rendah.


Saham Top Gainer Hari Ini πŸ”₯

$BTPS

+10,81%

$BFIN

+7,33%

$PNBN

+8,75%

$MEDC

+6,41%

Saham Top Loser Hari Ini πŸ€•

$MTDL

-6,08%

$LPPF

-2,37%

$TINS

-4,23%

$PTPP

-2,23%

Performa Sektor Hari Ini πŸ“Š


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

  • Energi Mega Persada ($ENRG) membeli 25% saham Energi Mega Pratama Inc., operator blok gas Kangean. Akuisisi senilai 43,5 juta dolar AS ini membuat saham ENRG di blok tersebut menjadi 75%.

  • Metrodata Electronics ($MTDL) akan berinvestasi 500 ribu dolar AS di perusahaan start-up. Dana tersebut akan dibantu pengelolaannya oleh MDI Ventures dan Arise Fund setelah ketiga pihak menandatangani subscription agreement.

  • Memanfaatkan tren back to nature dan perhatian pada produk halal, Mustika Ratu ($MRAT) melakukan ekspansi ke market Timur Tengah dan Rusia. Produk yang akan dipasarkan adalah slimming tea, personal care, dan suplemen herbal.

  • PP Presisi ($PPRE) mengklaim, hingga akhir Juli, perseroan telah membukukan 3,39 triliun kontrak baru. Capaian ini setara 92% dari target total perolehan kontrak baru hingga akhir 2021.


Stockbit Career

πŸ•΅οΈ You Might Be The One!

Stockbit bibit logo.png

Ingin turut berkontribusi pada Stockbit Snips dan analisis Stockbit lainnya? Yuk daftarkan dirimu jadi Investment Analyst Stockbit sekarang di sini!


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

πŸ™ Mencapai Bahagia dengan Bersyukur

Photo by: stockbit

"Kisah ini memberi pelajaran yang sangat berharga bahwa nikmat dan kebaikan tuhan yang telah dicurahkan begitu banyak kepada kita, namun seringkali banyak di antara kita masih saja sibuk mencari...mencari...dan...mencari... menanti ....menanti..dan... menanti....sesuatu yang belum tentu ada." β€” @InvestorfromPky

Kisah inspiratif yang diadaptasi sebuah cerita legenda mengenai pentingnya bersyukur untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki dapat kamu temukan selengkapnya di sini.

Sekilas Tentang @InvestorfromPky

Investorfrompky dikenal sebagai seorang investor yang gemar membagikan cerita inspiratif, baik berkaitan dengan keseharian maupun berinvestasi saham di Stream Stockbit. Selain berbagi cerita inspiratif, beliau juga aktif berbagi ilmu investasi saham baik untuk pemula hingga level expert. Kamu bisa temukan cerita menarik lainnya dari Investorfrompky di sini.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Almer Dzaki
Editor: Astrid Rahadiani Putri, Vivi Handoyo Lie, Sarah Natassja,Michael Owen Kohana, Calvin Kurniawan