🌱 Akhir Kisah Resesi Indonesia / by Stockbit Snips

5 Agustus 2021
Photo by: : Lars Kienle via Unsplash

Photo by: : Lars Kienle via Unsplash

Daily Market Performance πŸš€

IHSG

6.205

+0,75%

Coal

139,73

-8,52%

Crude Oil

68,82

+0,92%

Gold

1.809

-0,07%

CPO

4.526

-0,22%

Nickel

19.547

-0,75%

πŸ‘‹ Stockbitor!

Badan Pusat Statistik
(BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II 2021 berhasil melesat 7,07% YoY dan 3,31% QoQ meski dilanda gelombang besar kedua virus corona. 

Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh pertumbuhan ekspor yang meningkat sebesar 10,36% dari kuartal I 2021 dan tumbuh 55,89% dari kuartal II 2020. Peningkatan ekspor sendiri didorong oleh pulihnya perdagangan global dan meningkatnya permintaan dari sejumlah negara mitra dagang.

Hal ini juga didukung oleh meningkatnya mobilitas masyarakat di kuartal II 2021 yang tercermin dari peningkatan mobilitas masyarakat ke tempat berbelanja hingga ke luar kota menggunakan berbagai moda transportasi.

Peningkatan pertumbuhan ekonomi dinilai lebih tinggi dari ekspektasi, jika melihat pemberlakukan PPKM Darurat yang sangat sangat menekan kondisi usaha dalam negeri. Salah satunya bisa dilihat dari  merosotnya kinerja industri pengolahan, yang berkontribusi besar terhadap PDB, ke level 40,1 dari bulan sebelumnya 53,5.

Key Takeaway

Pertumbuhan ekonomi kuartal II 2021 menjadi penanda akhir resesi yang telah melanda Indonesia sejak kuartal II 2020. Namun, pertumbuhan ekonomi pada kuartal berikutnya bergantung kepada kebijakan pemerintah dalam restriksi aktivitas sosial. 

Hal ini terlihat juga dari indeks manufaktur PMI Indonesia yang mengalami kontraksi pertama kali dalam sembilan bulan di bulan Juli 2021, ketika penerapan PPKM Darurat / Level 4 berlaku. PMI Indonesia pada Juli 2021 turun menjadi 40,1, dari 53,5 pada bulan sebelumnya.


World News

🌏 Laris Manis PS5 Selama Pandemi

Photo by: Kompas

Kabar terkini dari mancanegara:

Jepang: Sony Corp mencatat rekor laba operasi berkat tingginya angka permintaan konsol PS5 selama pandemi. Laba perusahaan tumbuh hingga 2,57 miliar dolar AS, dan akan ditargetkan semakin meningkat di tahun 2022.

Amerika Serikat: Presiden AS Joe Biden segera membuka kembali izin bagi warga asing untuk masuk ke negaranya. Syaratnya, pendatang harus sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

Inggris: Menteri Luar Negeri Inggris mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth itu akan menyumbangkan 1 juta dosis vaksin dan peralatan kesehatan penting ke Indonesia untuk membantu mengatasi pandemi.

Tiongkok: Perusahaan teknologi Huawei akan melakukan investasi pada startup di kawasan Asia Pasifik. Nominal investasi itu mencapai 100 juta dolar AS (sekitar 1,43 triliun, kurs 14.300 rupiah per dolar AS).


Musim Laba Q2 2021

πŸ•·οΈ SMGR & INTP

Photo by: Stockbit

Photo by: Stockbit

Selama April sampai dengan Juni 2021 (Q2 2021), perusahaan industri semen mengalami peningkatan performa apabila dibandingkan dengan Q2 2020. Berikut adalah rinciannya:

  • $SMGR: Laba Semen Indonesia naik 107,1% YoY menjadi 344 miliar rupiah pada Q2 2021. Kenaikan laba didorong oleh peningkatan pendapatan sebesar 9,3% YoY. Selain itu, penurunan pada beban keuangan sebesar 28,4% YoY menjadi salah satu faktor pendukung kenaikan laba perusahaan

    Alhasil, secara kumulatif paruh pertama 2021 (6M21), keuntungan perusahaan naik 29,7% menjadi 794,1 miliar rupiah. Pendapatan naik 1,2% menjadi 16,2 triliun rupiah. Hal ini terjadi karena walaupun segmen utama perusahaan, segmen semen turun 1,63%, segmen perusahaan yang berkontribusi lebih kecil, seperti clinker (+39,77%), dan kantong semen (+111,57%) mengalami peningkatan. (IDX)

  • $INTP: Laba Indocement Tunggal Prakarsa naik 238% YoY menjadi 235 miliar rupiah pada Q2 2021. Kenaikan laba didorong oleh kenaikan pendapatan sebesar 14,8% YoY dan penurunan pada total beban usaha sebesar 9,2% YoY.

    Dengan demikian, secara kumulatif 6 bulan pertama tahun 2021 (6M21), laba perusahaan naik 24,8% menjadi 587 miliar rupiah dan pendapatan perusahaan naik 8% YoY. Peningkatan pendapatan ini berasal dari peningkatan penjualan di pulau Jawa (+6,18%) dan di luar Jawa (+9,18%). (IDX)


Berita Lainnya

πŸ“‰ Induk Kredivo IPO di Nasdaq

Photo by: Suara

Perusahaan induk startup pinjol Kredivo, Finaccel, mengumumkan rencana untuk melakukan IPO di bursa Amerika Serikat, Nasdaq. Aksi korporasi ini akan dilakukan menggunakan skema SPAC (Special Purpose Acquistion Company) yang didukung oleh Victory Park Capital (VPC).

Jadi, IPO Nasdaq ini akan terwujud setelah Finaccel resmi diakuisisi oleh perusahaan investasi global VPC Impact Acquisition Holdings II

Saat ini, pihak Finaccel mengkonfirmasi bahwa proses akuisisi oleh VPC yang didukung Victory Park Capital (VPC) telah mencapai tahap perjanjian definitif untuk penggabungan bisnis. Melalui penggabungan bisnis, diperkirakan valuasi ekuitas pro-forma akan mencapai 2,5 miliar dolar AS dengan asumsi tidak ada penebusan.

IPO ini akan mendukung rencana Finaccel untuk melakukan ekspansi ke negara lain di luar Indonesia. Sejauh ini, perusahaan menargetkan upaya ekspansi ke wilayah Asia Tenggara lainnya, seperti Vietnam dan Thailand, mengingat 66% populasinya masih dalam kategori belum mendapatkan atau minim akses ke layanan perbankan.


Saham Top Gainer Hari Ini πŸ”₯

$BDMN

+7,56%

$BBRI

+5,20%

$BBTN

+6,34%

$BJTM

+4,96%

Saham Top Loser Hari Ini πŸ€•

$WIIM

-5,31%

$ADRO

-4,41%

$ERAA

-4,58%

$SCMA

-4,31%

Performa Sektor Hari Ini πŸ“Š


Berita Korporasi

Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui…

  • PT Medialoka Hermina ($HEAL) melakukan stock split dengan rasio 1:5 setelah meningkat tajam akibat pendapatan laba sebesar 433,51% YoY, dari 104,23 miliar rupiah menjadi 544,65 miliar rupiah.

  • Turun tangan membantu penanganan Covid-19, Alfacorp menyiapkan 375 kamar untuk memfasilitasi tempat isolasi pasien corona. Kamar-kamar tersebut bertempat di dua tower UBM Housing, Jakarta Utara.

  • Entitas anak usaha PT Erajaya Swasembada ($ERAA), Erajaya Active Lifestyle, melakukan kerja sama dalam bentuk joint-venture dengan perusahaan JD Sports Fashion dari Inggris. Nantinya, JD akan membuka ritel sports fashion pertama di Indonesia mulai awal tahun 2022.

  • Saham emiten properti PT Lippo Karawaci Tbk ($LPKR) dan PT Lippo Cikarang Tbk ($LPCK) kini resmi masuk Daftar Efek Syariah (DES) per tanggal 1 Agustus 2021 kemarin. Ke depannya, kedua emiten bisa menjadi pilihan dan acuan investor untuk berinvestasi sesuai prinsip syariah.


Stockbit Career

πŸ•΅οΈ You Might Be The One!

Ingin turut berkontribusi pada Stockbit Snips dan analisis Stockbit lainnya? Yuk daftarkan dirimu jadi Investment Analyst Stockbit sekarang di sini!


Stockbitor Spotlight

Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

πŸ“š Belajar Dari Kegagalan?

Photo by: stockbit

"Kita hidup di masyarakat yang membenci kegagalan. Di investasi pun seperti itu, banyak investor yang membenci kegagalan. Investor nyangkut atau cutloss di stigmatisasi oleh investor lainnya. Padahal nyangkut dan cutloss adalah hal yang wajar dalam kehidupan." β€” @Skydrugz27

Belajar dari Google dan Telkom yang ternyata juga pernah mengalami kesalahan investasi di balik kesuksesan investasinya yang lain. Yuk, baca post Skydrugz27 selengkapnya di sini.

Sekilas Tentang @Skydrugz27

Skydrugzs27 mulai berinvestasi saham dari tahun 2012 dan bergabung di komunitas Stockbit sejak tahun 2017. Di Stream Stockbit, ia rajin berbagi insight dalam berinvestasi, terutama bagi para investor karyawan dan mempopulerkan istilah investasi se-lot se-lot. Kamu bisa temukan insight menarik lainnya dari Skydrugz27 di sini.


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis: Astrid Rahadiani Putri
Editor: Almer Dzaki, Vivi Handoyo Lie, Sarah Natassja, Michael Owen Kohana, Calvin Kurniawan