📉 Pertumbuhan PDB Indonesia Terkontraksi / by Stockbit Snips

Source: IIF

Source: IIF

90ec1c3d-aef8-483d-aa07-beb5445b1da4.png

Halo Stockbitor, 

Pertumbuhan PDB Indonesia terkontraksi 2,19% pada Kuartal-IV 2020 secara YoY. Dengan begitu, pertumbuhan PDB Indonesia tahun 2020 terkontraksi 2,07% dan merupakan penurunan terdalam sejak krisis 1998.

Mengkonfirmasi isu pemotongan insentif bagi tenaga kesehatan, Kementerian Keuangan memastikan bahwa tidak ada pemotongan insentif bagi tenaga kesehatan dan jumlahnya tahun ini akan tetap sama dengan tahun lalu.

Selain itu, pemerintah akan kembali memberikan dana program kartu prakerja dengan alokasi mencapai 20 triliun rupiah, lebih besar dari 2020 yang hanya sebesar 10 triliun rupiah.

In other news, pemerintah bersama Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan menyelidiki dan mencari solusi atas kenaikan biaya angkut kapal. Hal ini disebabkan oleh kelangkaan peti kemas yang mengakibatkan ketidakpastian distribusi dan kenaikan harga angkut.


Berita Terkini: 

🌏 World News: AS Mengirim Kapal Perang ke Selat Taiwan

602918e4-4893-4faa-8bba-c1cbb41b5334.jpg

Amerika Serikat: Johnson & Johnson mengajukan izin penggunaan darurat vaksinnya kepada pemerintah AS setelah melalui uji klinis yang menunjukkan tingkat efikasi 72% untuk mencegah infeksi Covid-19.

Selain itu, AS mengirim kapal perang ke Selat Taiwan untuk pertama kalinya di bawah pemerintahan Biden. Tiongkok kemudian memandang ini sebagai provokasi oleh AS yang mendukung kemerdekaan Taiwan.

Tiongkok: Tren obligasi korporasi gagal bayar di beberapa wilayah meningkat dan menandakan jika pemulihan ekonomi di Tiongkok tidak merata. Tiongkok masih akan mengalami tekanan pembiayaan, di mana rata-rata gagal bayar bulanan pada Semester-II 2020 naik 47% dari periode sebelumnya.

Rusia: Dokter yang merawat Navalny, Sergey Maximishin, meninggal dunia. Staf Navalny meragukan akan ada penyelidikan atas kematiannya karena kondisi sistem kesehatan Rusia yang buruk.

Navalny merupakan aktivis anti korupsi dan pemimpin dari oposisi Vladimir Putin yang menuding pemerintahan Putin melakukan korupsi.

Australia: CEP.Energy akan membangun baterai penyimpanan listrik terbesar di dunia dengan kapasitas 1200 megawatt yang akan menyimpan energi hasil dari pembangkit listrik tenaga angin dan solar.

Jepang: Indeks Nikkei 225 mencapai level tertingginya selama 30 tahun terakhir setelah naik ke 28.600 akibat aksi investor yang masuk ke saham cyclical di tengah harapan pemulihan ekonomi.


🏡 Bank Tanah Segera Beroperasi Tahun Ini

Pemerintah akan segera menyelesaikan badan bank tanah pada pertengahan tahun ini untuk menyediakan ketersediaan lahan bagi masyarakat dan investor.

Pemerintah akan membentuk badan bank tanah dibawah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) sebagai upaya reformasi agraria seperti yang tercantum dalam UU Cipta Kerja.

Hmm..Nanti tanah siapa tuh yang jadi aset bank tanah pemerintah?
Sumber perolehan tanah untuk bank tanah ini berasal dari tanah cadangan umum negara, tanah pelepasan kawasan hutan, tanah bekas pertambangan, tanah terlantar, dan tanah perolehan lainnya yang sah.

Pemberian tanah kepada investor akan menggunakan sistem Hak Pengelolaan (HPL), Hak Guna Bangunan (HGB), atau hak pakai bagi pihak ketiga sesuai dengan perjanjian.

Selain itu, sebanyak 30% dari bank tanah akan didistribusikan kepada masyarakat untuk pembangunan perumahan rakyat.

Lalu proses pembentukan bank tanah ini udah sejauh mana yaa?
Pemerintah telah menyelesaikan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) dan sedang menunggu pengesahan oleh presiden.

Hingga tahun 2018, terdapat sembilan juta hektar tanah objek reforma agraria yang dapat didistribusikan kepada masyarakat, diantaranya berasal dari tanah terlantar, tanah transmigrasi, tanah dari kawasan hutan, dan tanah yang belum terlegalisasi.


🕷 #MusimLaba Unilever Indonesia

Kembali lagi dengan edisi #MusimLaba, kali ini Unilever Indonesia ($UNVR) telah mempublikasikan laporan keuangan tahun 2020 dengan laba bersih 7,16 triliun rupiah, turun 3,09% YoY.

Pendapatan Unilever meningkat 0,11% YoY, ditopang oleh kenaikan penjualan segmen Home and Personal Care sebesar 0,4% YoY, dibandingkan dengan segmen Food and Refreshment yang turun 0,6% YoY.

Informasi keuangan Unilever Indonesia lainnya:

  • Segmen Home and Personal Care mencatatkan Gross Profit Margin 56,06%, meningkat dibandingkan tahun 2019 sebesar 54,66%.

  • Segmen Food and Refreshment mencatatkan Gross Profit Margin 43,47%, menurun dibandingkan tahun 2019 sebesar 43,68%.

  • Secara keseluruhan, Net Profit Margin turun karena peningkatan operating expense yang awalnya berkontribusi 27,7% pada tahun 2019 dari penjualan menjadi 30,3% pada tahun 2020.

  • Biaya pemasaran dan penjualan meningkat 7% dan biaya umum dan administrasi meningkat 12%.

  • Biaya promosi meningkat 14% dan biaya distribusi meningkat 4%. Kedua komponen biaya tersebut berkontribusi 25% dari total biaya pemasaran dan penjualan perusahaan.


Saham Top Gainer hari ini:
$BUMI (+12,50%)
$ANTM (+10,83%)
$CTRA (+7,29%)
$WIIM (+7,02%)

Saham Top Loser hari ini:
$PSAB (-6,42%)
$TKIM (-6,08%)
$INKP (-5,11%)
$TBIG (-3,43%)

Performa sektor hari ini:
MINING (+2,95%)
PROPERTY (+1,36%)
TRADE (+1,30%)
AGRI (+1,26%)
BASIC-IND (+0,91%)
FINANCE (+0,53%)
CONSUMER (+0,30%)
INFRASTRUCTURE (+0,22%)
MISC-IND (-0,83%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Apexindo Pratama Duta ($APEX) menandatangani kontrak swamp rig dengan Pertamina Hulu Mahakam (PHM) senilai 68 juta dolar AS untuk pengeboran 616 sumur.

  • Proyek bersama Merdeka Copper Gold ($MDKA) dan J Resources Asia Pasifik ($PSAB) terancam gagal jika pihak PSAB tidak menyelesaikan persyaratan pendahuluan pada sengketa Conditional Shares Sale and Purchase Agreement (CSPA) sejak 2019.

    Sebelumnya, MDKA menggugat PSAB di arbitrase Singapura untuk membayar ganti rugi senilai 500 - 600 juta dolar AS karena gagal memenuhi kewajiban penyelesaian Conditional Shares Sale and Purchase Agreement (CSPA).

  • Kerja sama Freeport Indonesia (PTFI) dengan Tsingshan akan mencapai kesepakatan untuk membangun smelter tembaga di Halmahera.

  • PP Properti ($PPRO) menerbitkan obligasi 300 miliar rupiah dengan kupon 10,7% dan jangka waktu setahun yang akan digunakan untuk melunasi utang.

  • Pertamina memperoleh dana 1,9 miliar dolar AS dari penerbitan Yankee Bond di AS.