⚠️ PPKM Skala Mikro Diberlakukan Mulai 9 Februari / by Stockbit Snips

Source: The Jakarta Post

Source: The Jakarta Post

bfb0ca33-2a04-4e57-b80a-b06b79af0e92.png

Halo Stockbitor, 

Pemerintah mengatakan bahwa Indonesia akan menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro mulai tanggal 9 Februari 2021. Berbeda dengan PPKM sebelumnya, PPKM berskala mikro ini lebih menekankan pada pendekatan regional hingga unit terkecil.

PPKM skala mikro mendorong adanya pembentukan sistem posko tanggap COVID-19 di berbagai titik, mulai dari tingkat kecamatan hingga di berbagai desa. Hal ini untuk lebih memperkecil skala pengawasan demi hasil yang maksimal.

Upaya PPKM sebenarnya telah dilakukan Januari lalu di wilayah Jawa-Bali. Sayangnya, agenda tersebut belum efektif dengan indeks mobilitas yang masih tinggi. Hal ini kemudian tidak mampu menurunkan jumlah infeksi COVID-19 di berbagai provinsi tersebut. Dengan demikian, Presiden Joko Widodo kembali menetapkan agenda PPKM dengan menegaskan bahwa perlunya sinergi dengan pemerintah daerah dan unit terkecil.

In other news, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah mengeluarkan izin untuk penggunaan vaksin COVID-19 bagi lansia (berusia 60 tahun ke atas).


Berita Terkini: 

🌏 World News: Vatikan Beri Jabatan Bagi Perempuan di Tahta Suci

deadd341-9dbe-4f09-8845-91328436523a.png

Vatikan: Dalam upaya memberikan ruang bagi perempuan, Paus Fransiskus menunjuk dua perempuan untuk menduduki jabatan krusial di Tahta Suci Vatikan yang sebelumnya hanya dipegang oleh pria.

Dua perempuan itu ialah Nathalie Becquart, anggota Suster Misionaris Xaviere, sebagai wakil sekretaris Sinode Para Uskup dan Catia Summaria, hakim Italia, sebagai promotor kehakiman di Pengadilan Banding Vatikan.

Arab Saudi: Pemerintah Arab Saudi menyatakan bahwa kawasan selatan Saudi kembali diserang oleh pemberontak Houthi di Yaman pada Minggu (7/2) kemarin. Mereka melakukan serangan udara melalui drone yang dipersenjatai.

Republik Demokratik Kongo: Dengan kasus COVID-19 yang tak kunjung reda, pemerintah Republik Demokratik Kongo kembali menemukan kasus Virus Ebola. Hal ini terungkap setelah meninggalnya salah seorang penduduk di wilayah timur Republik Demokratik Kongo.

Inggris: Lembaga Pengaturan Penyiaran Inggris (Ofcom) mencabut izin siar stasiun televisi China Global Television Network (CGTN) pada Kamis (4/2) lalu.

Ofcom beralasan bahwa pencabutan izin siar stasiun televisi CGTN disebabkan karena tanggung jawab editorial redaksi dikendalikan oleh Partai Komunis Cina, bukan pemegang izin yaitu Star China Media Limited.

Indonesia: Menteri Erick Tohir mengatakan bahwa ia siap untuk membawa 8-12 cabang-cabang usaha BUMN melantai di bursa saham hingga 2023 mendatang. Namun, nama-nama bakal calon perusahaan tersebut belum diungkap.


🌱 PLN Gunakan Sinar UV untuk Meningkatkan Produksi Hidroponik

Perusahaan Listrik Negara (PLN) sedang mencoba berinovasi untuk mengoptimalkan penggunaan sinar lampu ultraviolet (UV) dalam rangka meningkatkan produksi tanaman hidroponik. Inovasi ini dilakukan untuk mendorong pemberdayaan masyarakat dalam kemandirian ekonomi.

Wah.. keren banget! Kok bisa?
Agung Pribadi selaku Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM memaparkan bahwa inovasi ini merupakan hasil kerja sama PLN dengan Pusat Platihan Pertanian & Pedesaan Swadaya (P4S) Buana Lestari di Wisata Edukasi Tani Terpadu (WETT) Betet, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Selain itu, penggunaan listrik sebagai daya bagi lampu UV juga sejalan dengan agenda pemerintah untuk penyediaan pasokan listrik. Dengan demikian, pasokan listrik tersebut tidak hanya dapat berfungsi untuk kehidupan sehari-hari, tetapi juga mendorong produktivitas ekonomi melalui budidaya tanaman hidroponik dengan dibantu sinar UV.

Keunggulan sinar UV-nya emang apa sih?
Penggunaan sinar UV untuk tanaman hidroponik pun memiliki beberapa keunggulan. Sinar UV dapat membantu mempercepat pertumbuhan tanaman hidroponik dengan berfungsi sebagai pengganti cahaya matahari di malam hari. Waktu panen yang awalnya menghabiskan sekitar 45 hari dapat dipangkas hingga hanya 30-35 hari.

Tidak hanya mempercepat waktu pertumbuhan, kualitas hasil panen pun juga turut meningkat. Dari segi bobot, penggunaan sinar UV dapat meningkatkan bobot hasil panen hingga 200-250 gram. Biasanya hanya berada di angka 150 gram per batang. Lampu UV juga membantu untuk menyehatkan tanaman hidroponik yang terlihat dari warna akar dan daun yang lebih cerah.


💰 What to watch for: This Week 

Beberapa data ekonomi yang akan rilis minggu ini:

  • Australia: Pengumuman indeks kepercayaan bisnis National Australia Bank (Selasa)

  • Jerman: Pengumuman neraca perdagangan (Selasa)

  • Tiongkok: Rilis tingkat inflasi Tingkok YoY (Rabu)

  • Inggris: Pengumuman neraca perdagangan (Jumat)

Agenda emiten minggu ini:
IPO Indointernet (EDGE). Listing date: 8 Februari 2021.

Profil Indointernet (EDGE)

Perseroan ini memulai kegiatan usahanya pada tahun 1994 sebagai penyedia jasa internet atau ISP (Internet Service Provider) swasta komersial pertama di Indonesia.

Pada delapan bulan pertama di tahun 2020, segmen utama perusahaan ini adalah layanan cloud (51% dari pendapatan), konektivitas (37%), dan data center (7%).


Saham Top Gainer hari ini:
$WSKT (+10,76%)
$WEGE (+10,62%)
$BRIS (+9,23%)
$TINS (+8,31%)

Saham Top Loser hari ini:
$LINK (-4,29%)
$BULL (-3,87%)
$AKRA (-3,43%)
$PNBN (-2,18%)

Performa sektor hari ini:
PROPERTY (+2,60%)
MINING (+1,95%)
BASIC-IND (+1,32%)
FINANCE (+1,17%)
TRADE (+0,94%)
AGRI (+0,79%)
INFRASTRUCTURE (+0,44%)
MISC-IND (+0,24%)
CONSUMER (-0,50%)


Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui..

6fa86834-3a87-4044-8f7f-f2aff9188c6e.gif
  • Chandra Asri Petrochemical ($TPIA) mengumumkan bahwa mereka telah mengoperasikan 53 unit forklift listrik yang dibeli dari BYD Company Ltd, produsen listrik asal Tiongkok.

  • Anak perusahaan Indosat ($ISAT) yaitu Indosat Mega Media (IM3) bersama dengan Prima Buana Internusa sedang mengembangkan fasilitas jaringan internet super cepat di beberapa proyek apartemen milik Agung Podomoro Land.

  • Perusahaan Gas Negara ($PGAS) harus membayar sebesar 3,06 triliun rupiah setelah dinyatakan kalah dalam sengketa pajak melawan Direktoran Jenderal Pajak (DJP) di tingkat Mahkamah Agung (MA).

  • Sejahteraraya Anugrahjaya ($SRAJ) selaku pengelola Rumah Sakit Mayapada menyiapkan capex sebesar 800 miliar rupiah untuk pembangunan dua rumah sakit di Surabaya dan satu rumah sakit di Tangerang.

  • Tower Bersama Infrastructure ($TBIG) menyiapkan capex sebesar dua triliun rupiah untuk melakukan ekspansi organik di tahun 2021 ini.